Yang Di Maksud Penyakit Hepatitis A Adalah?

Hepatitis A adalah suatu penyakit akut yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang disebarkan oleh kotoran/tinja penderita biasanya melalui makanan (fecal – oral). Beberapa kasus hanya memberikan sedikit atau tanpa gejala terutama bagi yang masih muda. Waktu antara dan gejala, antara 2-6 minggu.

Gejalanya biasanya berakhir dalam 8 minggu dan meliputi: mual (nausea), muntah-muntah, mencret, kulit kuning (terutama bagian putih dari mata), demam, dan nyeri abdomen. Sekitar 10–15% dari penderita akan kambuh kembali dalam 6 bulan setelah infeksi pertama. Penyakit hepatitis A yang fatal jarang terjadi, tetapi mungkin terjadi pada lansia.

Biasanya penyakit ini disebarkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh kotoran penderita hepatitis A. Kerang (Shellfish) yang tidak dimasak dengan matang, biasanya menjadi sumber infeksi penyakit ini.

Dapat juga menyebar melalui kontak erat dengan penderita. Setelah terkena hepatitis A satu kali, maka orang tersebut akan kebal seumur hidupnya terhadap penyakit ini. Diagnosa membutuhkan tes darah, karena gejalanya seringkali sama dengan penyakit lainnya.

Vaksin hepatitis A efektif untuk pencegahan. Beberapa negara merekomendasikan vaksinasi untuk anak-anak dan pada yang beresiko tinggi dan belum pernah divaksin sebelumnya. Vaksinasi tampaknya efektif untuk seumur hidup. Usaha pencegahan lainnya adalah mencuci tangan dan memasak makanan dengan matang.

Tidak ada perawatan khusus yang bisa dilakukan, kecuali istirahat dan pengobatan untuk mengatasi mual, atau mencret sesuai kebutuhan. Infeksi biasanya sembuh dengan sempurna dan tanpa penyakit hati berkelanjutan. Penanganan kegagalan hati yang akut, jika terjadi, bisa dilakukan transplantasi hati.

Didunia terjadi sekitar 1,5 juta penderita hepatitis A dengan gejala setiap tahunnya dengan perkiraan sekitar 10 juta yang terinfeksi setiap tahunnya. Umumnya terjadi di bagian dunia dengan sanitasi yang buruk dan tidak cukup air bersih.

Di negara berkembang sekitar 90% anak-anak pada umur sepuluh tahun pernah terinfeksi dan akan kebal pada saat dewasa kelak. Kadang-kadang terjadi wabah di negara berkembang yang agak maju, ketika anak-anak belum terkena infeksi hepatitis A sebelumnya, tetapi juga tidak divaksinasi, demikian juga kebanyakan yang lainnya.

Di athun 2010, Hepatitis A akut menyebabkan 102,000 kematian. World Hepatitis Day terjadi tiap tahun pada tanggal 28 Juli untuk mengingatkan akan virus hepatitis.

Ada beberapa golongan virus hepatitis yang sudah diketahui sebagai adanya penyebab hepatitis, yaitu pada hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan juga pada virus hepatitis E. Dari masing masing jenis hepatitis mereka mampu mempunyai cara penularan nya yang berbeda beda.

  1. Hepatitis A

Hepatitis A yang dapat disebabkan. Virus HAV yang dapat disebabkan dengan cara penularan dengan cara yang ada dalam dunia medis yang dapat dikenal dengan sebutan fecal oral misalnya pada kotoran dan mulut.

Pada penyebaran dan penularan yang melalui virus terjadi melalui adanya kontaminasi pada makanan atau air oleh adanya virus. Penyebab hepatitis karena kebiasaan buruk misalnya saja, anda kurang menjaga sanitasi makanan, menghindari makanan yang dapat memicu hepatitis.

  1. Hepatitis B

Penyebab hepatitis B karena virus HBV. Pada cara penularannya melalui virus, misalnya saja pada transfusi darah, kontaminasi jarum suntik, serta pada saat melakukan hubungan seksual. Penyakit ini juga bisa saja ditularkan melalui anak yang masih didalam kandungan karena sang ibu sedang menderita hepatitis B.

Pada penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersamaan maka dari itu yang patut kita hindari. Karena pada saat menggunakan sikat gigi, tidak jarang terjadi mengalami trauma yang dapat mengakibatkan dengan mudahnya menular melalui virus tersebut.

  1. Hepatitis C

Hepatitis C yang dapat menimbulkan penyebab hepatitis pada virus HCV. Pada penularannya yang dapat menyerupai pada penularan hepatitis B. Pada hepatitis C menular melalui darah. Virus dengan mudahnya menular pada penggunaan jarum suntik dan obat obatan.

  1. Hepatitis D

Penyebab hepatitis D yaitu pada virus deltas. Virus yang hanya dapat berkembang biak yang ada didalam tubuh maka akan mengalami infeksi oleh virus hepatitis B. Meskipun jenis yang paling jarang terjadi. Hepatitis D merupakan jenis hepatitis yang sangat membahayakan dari jenis hepatitis. Pola penularan hepatitis D dengan hepatitis B.

  1. Hepatitis E

Penyebab hepatitis E bisa melalui kotoran manusia ke mulut dan dapat menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontiminasi, pada tingkatan yang tertinggi adanya infeksi hepatitis E yang dapat terjadi pada daerah yang mengalami sanitasi buruk dengan mendukung pada penularan virus.

Leave a comment