Waspadai Komplikasi Penyakit Influenza Berikut Ini!

Virus influenza dapat menyerang semua golongan umur. Akan tetapi angka infeksi tertinggi terutama terjadi di kalangan anak-anak. Sedangkan angka kematian dan beratnya penyakit terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 65 tahun atau pasien-pasien yang akibat penyakit tertentu rentan akan infeksi apa pun.

Virus influenza itu sendiri dapat menyebar dari satu orang kepada orang lain, terutama melalui batuk atau bersin dari seorang penderita influenza.

Masa inkubasi dari penyakit ini, yakni satu hingga empat hari (rata-rata dua hari). Pada orang dewasa, sudah mulai terinfeksi sejak satu hari sebelum timbulnya gejala influenza hingga lima hari setelah mulainya penyakit ini.

Anak-anak dapat menyebarkan virus ini sampai lebih dari sepuluh hari dan anak-anak yang lebih kecil dapat menyebarkan virus influenza kira-kira enam hari sebelum tampak gejala pertama penyakit ini.

Penyebab Penyakit Influenza

Flu disebabkan oleh virus influenza yang dapat ditularkan baik secara langsung atau tidak langsung. Salah satu contoh penularan langsung adalah ketika kita tanpa sengaja menghirup butiran air liur di udara yang dikeluarkan oleh penderita flu melalui bersin atau batuk.

Contoh penularan langsung lainnya adalah ketika kita bersalaman dengan penderita flu setelah sebelumnya tangan mereka memegang mulut atau hidung.

Penularan tidak langsung umumnya diperantarai oleh benda-benda yang telah terkontaminasi virus. Kita bisa terinfeksi flu apabila memegang permukaan benda yang sebelumnya telah terkena percikan butiran liur penderita. Virus flu bisa bertahan hidup pada permukaan benda selama satu hari.

Contoh-contoh benda yang sering menjadi media perantara penularan virus flu adalah gagang pintu, telepon, atau papan tombol komputer.

Penularan Penyakit Influenza

Hal yang mungkin dapat menyebabkan seseorang tertular penyakit influenza yaitu:

– Flu dapat menular melalui batuk dan bersin, dimana terjadi percikan lendir atau air yang mengandung virus flu yang dikeluarkan oleh mulut atau hidung seorang penderita.

– Flu menular melalui kontak fisik secara langsung dengan penderita influenza.

– Flu juga dapat menular melalui kontak secara tidak langsung dari barang yang sebelumnya pernah dipegang atau dipakai oleh penderita influenza.

Tanda Penyakit Influenza

Beberapa tanda seseorang yang mengalami influenza yaitu:

  1. Demam

Demam adalah beberap gejala yang akan mungkin dinampakan dari penyakit influenza. Ketika anda mengalami influenza, demam yang akan dialami bisa mencapai 38 derajat pada orang dewasa dan bahkan suhu ini bisa meningkat sampai 39,5 derajat sampai dengan 40,5 derajat pada anak-anak.

  1. Hidung Tersumbat

Kondisi seperti ini adalah hal yang paling sering dijumpai dan paling sering dijadikan indikasi pada penyakit flu. Hidung yang tersumbat umumnya adalah gejala awal dari pilek. Selain konsumsi obat-obatan, istirahat yang cukup dan tidur menyamping melawan bagian yang tersumbat adalah cara yang cukup untuk meredakan hidung tersumbat sementara waktu.

  1. Kelelahan dan Lemah

Poin yang satu ini erat kaitannya dengan nyeri dibagian otot. Perasaan nyeri dari seluruh tubuh, membuat anda akan merasa cepat lelah dan tubuh yang lemah akibat tidak adanya tenaga. Untuk itu, istirahat, waktu tidur yang cukup dan konsumsi obat-obatan yang teratur dari dokter adalah solusi paling efektif untuk mengatasi lelah yang satu ini.

Komplikasi Penyakit Influenza

Influenza merupakan penyakit serius, tetapi sebagian besar penderita akan kembali sehat dalam waktu 7-10 hari.

Komplikasi bisa memperberat penyakit ini. Resiko tinggi terjadinya komplikasi ditemukan pada penderita yang sangat muda, usia lanjut dan penderita penyakit jantung, paru-paru atau sistem saraf. Kadang influenza menyebabkan peradangan saluran pernafasan yang berat disertai dahak berdarah (bronkitis hemoragik).

Komplikasi yang paling berat adalah pneumonia virus; yang bisa berkembang dengan segera dan menyebabkan kematian dalam waktu 48 jam. Pneumonia virus kemungkinan akan terjadi selama wabah influenza A.

Komplikasi lainnya dalah pneumonia bakteri yang terjadi karena adanya ganguan dalam kemampuan paru-paru untuk melenyapkan atau mengendalikan bakteri di dalam saluran pernafasan. Meskipun sangat jarang terjadi, virus influenza jgua dihubungkan dengan peradangan otak (ensefalitis), jantung (miokarditis) atau otot (miositis).

Ensefalitis bisa menyebabkan penderita tampak mengantuk, bingung atau bahkan jatuh dalam keadaan koma. Miokarditis bisa menyebabkan murmur jantung atau gagal jantung.

Sindroma Reye merupakan komplikasi serius dan bisa berakibat fatal, yang terjadi terutama pada anak-anak selama wabah influenza B. Sindroma Reye terutama terjadi jika anak-anak mendapatkan aspirin atau obat yang mengandung aspirin.

Leave a comment