Ternyata Sakit Maag Perut Sebelah Kiri Sangatlah Menyakitkan!

Jangan pernah anggap sepele penyakit lambung yang juga dikenal dengan sakit maag ini. Banyak orang mengganggap gangguan ini sebagai sakit perut biasa. Padahal, jika dibiarkan bisa berakibat fatal, yakni resiko kanker. Maag berasal dari bahasa Yunani yaitu gastro, yang berarti perut/lambung dan itis yang berarti inflamasi/peradangan.

Lambung pada dasarnya adalah sebuah kantung otot dimana makanan dicerna. Ketika makanan masuk ke lambung, secara bersamaan mukosa pada lambung mengeluarkan asam hidroklorida. Asam ini amat korosif sehingga paku pun dapat larut dalam cairan ini.

Maag sendiri disebabkan oleh adanya peradanganpada mukosa lambung akibat tingginya produksi asam dalam lambung.

Akibatnya, sejumlah keluhan akan dialami oleh penderitanya, diantaranya meliputi rasa perih di sekitar area ulu hati, perut kembung, bersendawa, sesak nafas, mual, bahkan muntah-muntah. Maag merupakan pembengkakan atau peradangandi lapisan lambung. Maag ini bisa berlangsung hanya untuk waktu singkat saja atau bisa juga untuk waktu hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Salah satu gejala dari penyakit asam lambung atau sakit maag adalah nyeri pada perut kiri bagian atas. Nyeri dapat terasa seperti ditusuk-tusuk atau panas. Nyeri tersebut dapat timbul sebelum atau sesudah makan. Gejala lain yang juga mungkin timbul, antara lain:

  • Mual dan muntah.
  • Bila disertai naiknya asam lambung dapat disertai jgua gejala seperti sesak napas, nyeri tenggorok, dan nyeri dada.
  • Tidak nafsu makan.

Terkadang pengobatan penyakit asam lambung dibutuhkan jangka waktu cukup lama dikarenakan kondisi lambung sendiri yang sangat asam, serta banyaknya faktor pemicu seperti infeksi, pola makan, psikologis, dsb.

Pengobatan penyakit asam lambung biasanya dokter akan memberikan pengobatan berupa penetral asam lambung seperti antasida, penurun produksi asam lambung seperti ranitidin, omeprazol, pelapis dinding lambung seperti sukralfat dan antibiotik bila dicurigai adanya suatu infeksi.

Pencegahan Sakit Perut Sebelah Kiri

Sakit perut sebelah kiri tanpa demam, muntah-muntah, bercak perdarahan, dan rasa sakit yang ringan biasanya akan sembuh sendiri tanpa pengobatan khusus.

Adapun cara alami yang dapat anda terapkan untuk mengurangi rasa sakit perut sebelah kiri antara lain:

  • Beristirahat Bantal pemanas atau kompres air hangat pada sisi perut yang sakit sakit dapat meringankan gejala
  • Usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi untuk mencegah naiknya asam lambung ke dada dan kerongkongan
  • Makan secara perlahan sedikit demi sedikit
  • Hindari makanan yang dapat mengiritasi lambung dan usus seperti makanan pedas, asam, kopi, dan makanan berminyak
  • Obat penetral asam lambung, seperti antasida, dapat meringankan perut perih akibat sakit maag
  • Obat pereda nyeri seperti parasetamol bisa digunakan untuk meringankan rasa sakit
  • Jaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi)
  • Konsumsi air hangat dianjurkan
  • Rilekskan pikiran karena faktor stress bisa menjadi salah satu faktor pencetus dispepsia.
  • Cuci tangan sebelum makan untuk menghindari infeksi
  • Turuti instruksi dokter, dilarang mengonsumsi obat tanpa resep obat atau berhenti tanpa izin dokter
  • Rencanakan pemeriksaan ulang untuk mengendalikan pengembangan gejala serta kondisi kesehatan anda.

Hubungi dokter apabila penyebab sakit perut sebelah kiri belum diketahui dan ketika gejalanya tak kunjung membaik atau bahkan disertai tanda bahaya seperti demam, rasa sakit hebat, pusing, keringat dingin, dan lain-lain.

Leave a comment