Tentang Penyakit Thypoid Terlengkap!

Penyakit thypoid merupakan suatu penyakit infeksi. Maksudnya, penyakit ini timbul karena masuknya bakteri, tepatnya bakteri Salmonella typhi ke dalam tubuh penderitanya. Biasanya, kuman ini ditemukan di tinja penderita thypoid yang mencemari makanan atau minuman yang tidak bersih.

Kuman Salmonella ini akan masuk melalui mulut, melewati lambung hingga akhirnya ke usus halus, dimana di sana ia akan turut serta aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Gejala Awal Penyakit Thypoid

Berikut adalah gejala awal dari penyakit thypoid:

– Mimisan.

– Menggigil dan halusinasi.

– Badan terasa lesu.

– Kulit kemerahan atau mudah ruam jika disentuh.

– Badan terasa sangat lemah, tidak bisa melakukan berbagai akitifitas.

– Sakit perut, mulas, diare, muntah, sembelit dan tidak nafsu makan.

– Gangguan emosi

– Ada darah dalam tinja.

– Kelainan organ hati yang ditunjukkan dengan pembengkakan pada organ hati.

– Tubuh demam biasanya diawali pada malam hari, kemudian bisa terjadi sepanjang hari.

Penyebab Penyakit Thypoid

Penyakit thypoid merupakan penyakit akut yang berhubungan dengan demam. Tergolong penyakit akut karena tanda-tandanya bisa terjadi hingga 1-3 minggu dan yang lebih memungsingkan lagi gejalanya hampir mirip dengan penyakit demam berdarah.

Penyebab penyakit thypoid adalah adanya bakteri Salmonella Typhi yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan dan air yang telah terkontaminasi atau karena adanya kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi penyakit ini.

Bakteri Salmonella Typhi yang masuk kedalam tubuh akan berkembang biak dan mulai mengkontaminasi saluran pencernaan hingga akhirnya ke pembuluh darah yang mengakibatkan penderita penyakit thypoid mengalami gejala-gejala klinis.

Gejala tersebut bisa diobati dengan menggunakan antibiotik yang membantu tubuh untuk memerangi bakteri jahat sehingga orang yang terkena penyakit thypoid menjadi lebih baik, namun adakalanya penderita mengalami komplikasi yang menyebabkan meninggal dunia karena penyakit ini.

Makanan dan Minuman Bagi Penderita Penyakit Thypoid

Berikut adalah makanan dan minuman untuk penderita penyakit thypoid:

  1. Makan telur rebus

Thypoid akan membuat penderita merasa sangat lemah. Demam dan diare akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk. Karena kondisi tubuh sangat menurun maka biasanya tubuh akan lebih cepat terkena penyakit lain. Untuk memulihkan kondisi tubuh maka bisa mengkonsumsi telur rebus. Anda bisa memilih jenis telur ayam kampung atau telur yang diperkaya dengan gizi tambahan seperti omega.

Telur rebus merupakan makanan yang mengandung protein dan kalori yang sangat tinggi. Kedua sumber kebutuhan nutrisi manusia ini, sangat penting untuk membantu tubuh lebih cepat pulih. Sebaiknya telur hanya direbus saja tanpa menggunakan bahan tambahan lain.

  1. Jus jambu merah

Banyak penderita thypoid yang merasa sangat lemah karena kehilangan cairan yang sangat banyak. Kondisi bisa menjadi sangat parah jika penderita juga mual dan diare. Untuk menggantikan cairan yang sudah keluar tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolit maka bisa mengkonsumsi jus jambu merah.

Jus jambu merah tanpa tambahan gula akan membantu memenuhi cairan tubuh dan memulihkan kondisi tubuh. Kandungan buah yang mengandung vitamin C, menjadi sumber makanan yang mengandung antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Pisang

Salah satu buah yang sangat baik untuk menyembuhkan thypoid adalah buah pisang. Buah pisang tidak hanya memiliki tekstur yang sangat lembut tapi juga rasa yang sangat manis. Makan pisang dipercaya bisa meningkatkan tenaga dan mengurangi efek tubuh yang terlalu lemah karena demam.

Khasiat buah pisang bisa menyembuhkan demam akibat thypoid dan membantu memperbaiki penyerapan cairan dalam usus. Makan pisang sebanyak 2 buah setiap hari akan menyembuhkan pisang secara alami.

Anda bisa makan pisang secara langsung atau membuat bubur pisang yang dicampur dengan madu. Pisang merupakan makanan yang mengandung kalium yang sangat baik untuk mengganti cairan yang hilang dan memperbaiki kerja jantung.

Leave a comment