Tanda Tanda Gejala Penyakit Kanker Darah

Kanker darah atau yang biasa disebut juga dengan istilah leukemia adalah suatu penyakit kanker yang menyerang sel darah putih di dalam tubuh manusia.

Sel darah putih yang dalam kondisi normal dapat menerima sinyal dari tubuh untuk bereproduksi (berkembang) hanya ketika tubuh membutuhkan, akan berubah sifatnya ketika sel kanker menyerang. Ia tak lagi dapat merespon sinyal tersebut.

Akibatnya sel darah putih terus memproduksi dirinya secara berlebihan, tidak teratur, tidak terkontrol, dan tidak normal. Kanker darah dapat dialami oleh siapa saja baik anak-anak, orang dewasa, maupun lansia.

Secara umum kanker darah atau leukemia digolongkan menjadi 4 jenis, yaitu leukemia limfositik akut (LLA) yang paling sering dialami oleh anak-anak, leukemia myelositik akut (LMA) yang lebih sering dialami oleh orang dewasa, leukemia limfositik kronis (LLA) yang lebih sering diderita oleh dewasa usia lebih dari 55 tahun (lansia), dan leukemia myelositik kronis (LMK) yang juga dapat dialami oleh orang dewasa.

Penyebab Penyakit Kanker Darah

Penyebab dasar kanker darah belum diketahui secara pasti. Tetapi terdapat sejumlah faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker ini. Faktor-faktor pemicu kanker darah tersebut meliputi:

  • Faktor keturunan. Jika memiliki anggota keluarga yang mengidap kanker darah, risiko Anda untuk terkena kanker yang sama akan meningkat.
  • Kelainan genetik, misalnya sindrom Down.
  • Pernah menjalani pengobatan kanker. Kemoterapi atau radioterapi tertentu diduga dapat memicu kanker darah.
  • Pengaruh kelainan darah yang diderita, misalnya myelodysplastic syndrome.
  • Pernah mengalami pajanan terhadap radiasi tingkat tinggi atau zat-zat kimia tertentu. Misalnya orang yang pernah terlibat dalam kecelakaan yang berhubungan dengan reaktor nuklir atau mengalami pajanan zat kimia seperti benzena.
  • Rokok tidak hanya akan meningkatkan risiko kanker darah (terutama leukemia mielogen akut), tapi juga berbagai penyakit lain.

Tanda-tanda Penyakit Kanker Darah yang Harus Diwaspadai, Sebagai Berikut:

  1. Sering mengalami sakit kepala

Sakit kepala merupakan sebuah gejala yang umum terjadi pada suatu penyakit. Banyak penyakit yang ditandai dengan gejala sakit kepala ini. Salah satu penyakit yang ditandai dengan gejala sakit kepala adalah kanker darah.

Salah satu gejala yang menandai kanker darah adalah seseorang seringkali mengalami sakit kepala, baik sebentar maupun berkelanjutan.

  1. Munculnya keringat yang berlebihan, terutama ketika malam hari

Gejala selanjutnya dari kanker darah adalah seseorang serigkali mengalami keringat berlebihan di dalam tubuhnya atau di bagian- bagian tertentu. keringat ini akan bertambah jumlahnya ketika malam hari datang.

Sehingga apabila seseorang mengalami keringat berlebihan, terutama pada malam hari, alangkah baiknya segera dibawa ke dokter dan diperiksa apakah sebenarnya yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

  1. Nyeri yang terasa pada tulang ataupun pada persendian

Gejala selanjutnya yang menandai adanya kanker tulang ini adalah terasanya nyeri pada bagian tulang maupun pada bagian persendian. Tulang yang berpotensi terserang rasa nyeri bisa saja di bagian mana saja.

Selain tulang, yang berpotensi terkena nyeri adalah di bagian persendian sehingga persendian kita akan sulit untuk digerakkan dan hal ini otomatis akan menghambat aktivitas yang akan dilakukan oleh kita.

  1. Seringkali mengalami muntah- muntah

Mengalami muntah- muntah adalah salah satu gejala terjadinya kanker darah. Muntah- muntah merupakan salah satu gejala keluarnya kembali sesuatu yang sudah ditelan dan berada di dalam lambung.

Reaksi yang terjadi setelah mengalami muntah- muntah ini adalah badan menjadi lemas, dan terkadang kepala menjadi pusing.

  1. Terjadinya penurunan berat badan

Terjadinya penurunan berat badan merupakan salah satu gejala yang menandakan penyakit kanker darah ini. bagaimanapun juga penyakit dalam akan dapat menggerogoti apa yang ada di dalam tubuh manusia, termasuk sel kanker ini.

Sel kanker yang terdapat di dalam darah lama-mkelamaan akan menyerang berbagai bagian tubuh manusia sehingga secara tidak sadar kita akan mengalami penurunan berat badan, baik secara bertahap maupun secara drastis.

  1. Lemas atau terjadi kelelahan yang berkelanjutan

Gejala yang pertama yang menandai terjadinya gejala kanker darah adalah tubuh terasa lemas dan terjadi kelelahan yang berkelajutan. Darah merupakan komponen yang paling banyak terdapat di dalam tubuh.

Oleh karena itu, ketika darah terjangkit penyakit kanker ini maka badan kita akan mengalami kelelahan yang luar biasa dan juga mengalami badan yang terasa lemas.

  1. Sering terjadi demam

Gejala yang selanjutnya dari kanker darah ini adalah penderita sering terjadi demam. Demam akan sering menyerang penderita kanker darah ini. Namun, demam ini hanyalah salah satu dari gejala kanker darah.

Maka dari itu demam ini tidak bisa dijadikan patokan untuk menilai seseorang terjangkit kanker darah atau tidak. Selebihnya harus meihat gejala- gejala lainnya.

  1. Sering menggigil

Salah satu gejala yang menandai terjadinya kanker darah ini adalah seringkali menggigil. Menggigil merupakan salah satu hal yang sering mengikuti ketika demam terjadi. Namun tidak semua demam tidak disertai menggigil.

Ketika seseorang terlalu sering mengalami demam dan disertai menggigil, sebaiknya segera saja di bawa ke dokter agar mendapatkan penanganan dan juga agar segera diketahui penyebab terjadinya hal tersebut.

Namun, demam disertai gigilang juga bukan merupakan satu- satunya gejala dari kanker darah ini. Harus tetap diperhatikan gejala- gejala lainnya yang menyertai.

Leave a comment