Tanda Penyakit Insomnia

Insomnia adalah penyakit gangguan tidur yang menimpa jutaan orang di dunia. Seorang dengan penyakit insomnia akan mengalami tidur yang tidak nyenyak atau kesulitan untuk tidur dengan baik. Insomnia sering menyebabkan kantuk di siang hari, lesu dan perasaan yang tidak sehat secara mental maupun fisik.

Umumnya seorang wanita akan lebih sulit untuk mendapat tidur yang baik seperti pekerjaan dengan metode shift, karena rutinitas tidur yang tidak konsisten sehingga mengganggu akan pola tidur.

Insomnia dapat menyerang siapa saja tanpa pada usia, kaya atau miskin. Banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia, ada sekitar kurang lebih 25 % yang mengalami insomnia atau susah tidur termasuk para manula atau lanjut usia.

Tanda Penyakit Insomnia

Berikut merupakan tanda-tanda seseorang terkena penyakit insomnia, antara lain yaitu:

  1. Merasa lelah yang sangat

Cepat lelah pasti dirasakan oleh setiap orang yang mengalami insomnia, karena metabolisme pada penderita insomnia akan berkurang funginya. Itulah sebabnya seorang yang menderita insomnia dapat dilihat ciri-cirinya dengan dia sering merasa cepat lelah. Dan sering ingin tidur dnisiang hari karena insomnia. Atau merasa sangat mengantuk ketika sedang dalam aktivitas.

  1. Mudah marah

Biasanya orang yang ngantuk, lapar ataupun lelah akan lebih sensitif, orang yang mengalami insomnia salah satunya akan mengalami kelelahan, ngantuk, lapar dan sebagainya, itu sebabnya mengapa orang yang mengalami insomnia menjadi cepat marah dan sangat mudah tersinggung.

  1. Nyeri pada leher

Selain bagian kepala yang merasakan sakit. Bagian leher pun merasakan nyeri. Karena memang mereka dari satu saluran sehingga memungknkan sangat jika leherpun ikut-ikutan merasakan sakit. Selain itu leher juga menjadi penompang bagian kepala. Jika kepala terasa berat atau stress otomati leher juga akan merasakan nyeri.

  1. Nyeri perut

Lelah membuat seorang inginnya tidur saja, sampai-sampai lupa akan makan. Karena itu banyak orang yang mengalami insomnia dilihat dari kesehatan perutnya. Selain karena kurang asupan makanan, asupan istirahat juga kurang sehingga menyebabkan perut menjadi nyeri dan terserang asam lambung yang justru ini akan merusak lambung lebih parah lagi.

  1. Tangan berkeringat

Ciri-ciri yang dapat dilihat lainnya adalah tangan penderita insomnia, ketika dimalam hari saat tidur, penderita insomnia akan mengalami tangan yang berkeringat.

Tangan berkeringat ini karena gelisahnya otak sehingga tidak merasakan rileks yang mengakibatkan tubuh menjadi mudah berkeringat terutama berkeringat pada bagian tangan. Saat insomnia, otak sangat sulit dikontrol dan ketenangan pun sulit untuk didapatkan.

  1. Susah tidur

Susah tidur di malam hari merupakan salah satu dari gejala insomnia, terkadang sulit tidur dimalam hari itu dikarenakan pada saat siang hari kebanyakan tidur, sehingga malam hari rasa ngantuk itu berkurang. Padahal waktu yang baik untuk istirahat adalah dimalam hari. Karena waktu malam waktu yang tenang untuk istirahat atau tidur.

  1. Sakit kepala

Memang kelelahan menyebabkan sakit kepala. Bahkan hal ini juga dikarenakan metabolisme yang tidak dapat bekerja dengan baik sehingga kepala merasakan nyeri pula.

Kepala yang nyeri ini bisa dikarenakan rasa ngantuk yang berlebihan sedangkan hal itu terus dipaksakan untuk tetap melek dan bekerja disiang hari, sedangkan pada malam hari idak bisa tidur dengan nyeyak. Tentu hal itu akan menyebabkan sakit pada bagian kepala.

  1. Sesak nafas

Nafas menjadi tersenggal-senggal dikala malam hari. Ini menjadi efek dari insomnia atau gejala dari insomnia yang sudah berlanjut. Insomnia memang menyebabkan sesak nafas. Oleh sebab itu untuk menghindari sesak nafas sebelum tidur rilekskan pikiran terlebih dahulu. Bersihkan tempat tidur dan sebagainya. Sehingga tidur akan lebih nyaman.

Leave a comment