Tanda Penyakit Influenza Yaitu …

Influenza atau kita biasanya menyebutnya dengan flu merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Virus flu menyerang sel-sel permukaan saluran napas. Jaringan menjadi bengkak dan meradang.

Tetapi jaringan yang meradang tersebut akan kembali ke keadaan semula dalam beberapa minggu. Infeksi virus flu ini dapat mengakibatkan penyakit yang berkisar dari komplikasi ringan sampai komplikasi berat yang berujung pada terancamnya nyawa.

Virus Penyebab Penyakit Influenza

Dibawah ini beberapa virus penyebab flu yang perlu anda ketahui:

  1. Virus Influenza A

Genus yang satu ini memiliki satu spesies, yakni virus influenza A. Unggas akuatik liar merupakan inang alamiah untuk sejumlah besar ragam dari influenza A. Kadangkala, virus ini dapat ditularkan dari spesial lain dan akan dapat menimbulkan wabah yang berdampak cukup besar terhadap peternakan unggas atau dapat menimbulkan suatu pandemi influenza pada manusia.

Virus tipe A merupakan patogen manusia paling varulen di antara ketiga tipe influenza dan dapat menimbulkan penyakit yang paling berat.

  1. Virus Influenza B

Virus jenis ini hampir secara eksklusif haya dapat menyerang manusia dan lebih jarang dibandingkan dengan influenza jenis A. Hewan lain yang diketahui akan dapat terinfeksi oleh infeksi influenza B adalah musang dan juga anjing laut.

  1. Virus Influenza C

Virus Influenza golongan ini dapat menginfeksi manusia, anjing dan juga babi dan terkadang menimbulkan penyakit yang berat dan epidemi lokal. Akan tetapi demiian, virus influenza C ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan jenis virus lainnya dan biasanya hanya dapat menimbulkan penyakit yang ringan pada anak-anak.

Menurut susunan, virus-virus tersebut memiliki kekerabatan yang jauh dengan virus parainfluenza pada manusia yang merupakan bagian dari viru RNA yang merupakan keluarga dari paramyxovirus yang merupakan penyebab paling umum dari gangguan pernapasan yang terjadi pada anak-aak, seperti halnya croup (laryngotracheobronchitis), akan tetapi juga dapat menimbulkan penyakit yang serupa dengan influenza yang terjadi pada orang dewasa.

Tanda Penyakit Influenza

Beberapa tanda yang biasa dialami oleh penderita penyakit influenza yaitu:

  1. Batuk Kering

Batuk adalah salah satu gejala yang akan ditimbulkan dari penyakit influenza. Kondisi seperti ini tentu saja membuat tidak nyaman, selain menganggu batuk kering ini tentu saja akan membuat bagian ternggorokan terasa sakit.

  1. Demam

Demam adalah beberap gejala yang akan mungkin dinampakan dari penyakit influenza. Ketika anda mengalami influenza, demam yang akan dialami bisa mencapai 38 derajat pada orang dewasa dan bahkan suhu ini bisa meningkat sampai 39,5 derajat sampai dengan 40,5 derajat pada anak-anak.

  1. Panas Dingin dan Berkeringat

Gejala ini adalah gejala lain dari penyakit influenza. Gejala yang satu ini pun umumnya datang dengan tiba-tiba bahkan ketika penderitanya sedang beraktivitas sekalipun. Suhu panas pada badan datang dengan disertai dengan keringat yang dingin. Maka tidak heran, ketika hal ini terjadi, maka penderita influenza akan merasa tidak nyaman dan tergaggu dengan keadaan ini.

  1. Nyeri Otot

Nyeri dibagian seluruh tubuh terutama bagian otot-otot adalah gejala lain yang dinampakan dari penyakit influenza. Untuk itu, penderta penyakit ini disarankan untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan konsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter.

Jangan lupa pula untuk mengkonsumsi banyak air putih sebagai detoks alami untuk mengeluarkan racun dan toxic dari dalam tubuh.

Penanganan Penyakit Influenza

Biasanya diperlukan waktu sekitar 7 hari sampai gejala hilang total. Bagi sebagian orang, batuk dan rasa kelelahan dapat bertahan selama berminggu-minggu. Bagi orang lain, masalah pernapasan seperti asma dan penyakit jangka panjang lainnya diperburuk oleh flu.

Penting untuk dicatat mengenai perbedaan antara flu dan pilek. Pilek juga disebabkan oleh virus, tetapi mempunyai gejala yang lebih ringan dan hilang setelah beberapa hari. Sedangkan flu, membuat tidak sehat dan kelelahan untuk jangka waktu yang lama.

Flu juga dapat berujung pada masalah kesehatan yang serius seperti radang paru (pneumonia) dan kadang-kadang perlu memerlukan rawat inap.

Seorang pasien flu bisa menularkan penyakitnya mulai dari hari sebelumnya sampai tujuh hari setelah gejala pertama terlihat, bahkan setelah sebagian besar gejala hilang. Anak-anak kecil dengan flu bisa menular bahkan setelah minggu kedua terkena penyakit.

Leave a comment