Tanda Dan Cara Hindari Penyakit Serangan Jantung!

Penyakit serangan jantung adalah penyakit yang paling mematikan nomer satu di seluruh dunia. Saat ini banyak pasien yang meninggal akibat penyakit jantung ini.

Pada keadaan tertentu saat aliran darah ke otot jantung terganggu, maka hal ini yang sering diistilahkan dengan penyakit jantung koroner.

Serangan jantung terjadi jika darah ke otot jantung sudah terhalang penuh dan terjadi kematian otot jatnung karena tidak bisa memperoleh oksigen lagi. Kerusakan yang hebat akan bisa terjadi pada keadaan ini. Ada bagian otot jantung yang rusak/mati yang disebut miokard infark.

Penyebab penyakit serangan jantung umumnya tidak begitu disadari oleh penderitanya. Penyebab serangan jantung baru akan dirasakan ketika timbul suatu gejala umum seperti angina (sakit dada), sesak napas dan gejala umum lainnya.

Jantung tidak dapat memompa darah dengan efektif. Kalau tidak segera dirawat, pasien akan cepat kehilangan kesadaran.

Bentuk aritmia ini terjadi pada 4%-18% dari pasien serangan jantung. Keduanya dapat menjadi penyebab kematian mendadak baik di luar maupun di dalam rumah sakit.

Berikut ini tanda-tanda penyakit serangan jantung yang perlu diperhatikan:

– Sakit Pada Bagian Tubuh

Karena arteri tersumbat menimbulkan sakit pada bagian tubuh tertentu seperti jika pada wanita akan merasakan sakit pada tangan bagian kiri atau kanannya sedangkan pada laki-laki pada bagian kirinya.

Selain pada bagian tangan, bagian tubuh yang sering terasa sakit adalah bahu, punggung siku dan juga leher yang sewaktu-waktu datang dan juga pergi.

– Merasa Mudah Lelah

Seperti pada gejala penyakit anemia, ciri penyakit jantung salahsatunya juga adalah merasa lelah padahal seseorang tersebut baru saja bangun tidur dan tidak melakukan aktivitas berat apapun.

Jika hal ini terjadi tentu saja harus segera mengkonsultasikannya dengan dokter untuk memastikan keadaaan tubuh.

– Sakit Pada Bagian Kepala

Sakit pada bagian kepala jika terkena sinar matahari juga bisa saja merupakan ciri seseorang bermasalah dengan jantungnya. Pengaruh ini bisa saja menimbulkan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat.

– Pingsan Mendadak

Pingsan atau keadaan tak sadarkan diri bisa terjadi oleh berbagai macam faktor salahsatuya bisa terjadi karena gula darah yang rendah, atau bahkan bisa disebabkan oleh faktor lainnya.

– Rasa Cemas

Biasanya orang yang mengalami serangan jantung mengalami trauma sehingga menimbukan rasa tegang, ketakutan dan juga kecemasan, rasa cemas ini tentu saja harus dihindari.

Karena merupakan pemicu munculnya kembai serangan jantung. Oleh karena itu dianjurkan untuk tetap tenang dan sebisa mungkin untuk menghilangkan cemas.

– Pembengkakan, ciri lain dari seorang yang menderita penyakit jantung adalah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.

Seperti pada bagian perut atau pada bagian pergelangan kaki, hal tersebut terjadi karena cairan yang menumpuk dalam tubuh.

– Merasa Mual

Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah penderita akan meraskan mual sehingga menurunkan nafsu makan, pada awalnya bagian perut yang membengkak saja namun perut bagian dalam juga merasakan mual juga.

– Keluar Keringat

Masalah pada jantung lainnya adalah seseorang harus waspada jika tubuh mengeluarkan keringat sedangkan tubuh tidak melakukan olahraga atau aktivitas apa-apa.

– Riwayat Keluarga

Apabila memiliki saudara atau kerabat yang mempunyai penyakit jantung atau serangan penyakit jantung ketika muda, sebaiknya lebih waspada.

Cara yang dilakukan untuk menghindari terserang penyakit serangan jantung yaitu:

– Senantiasa berupaya menjaga tekanan darah adalah langkah tepat selanjutnya

Hipertensi atau tekanan darah tinggi akan memberikan beban yang berat pada pembuluh darah dan jantung.

Hal ini meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Hipertensi bisa dikurangi dengan menjalani diet makanan sehat, membatasi konsumsi minuman keras (alkohol) dan garam.

Menjaga berat badan tetap ideal, olahraga secara teratur dan konsumsi obat anti-hipertensi. Untuk tahu lebih banyak tentang cara mengatasinya, baca lebih lanjut tentang pencegahan hipertensi.

– Memilih makanan yang sehat bisa dianggap sebagai cara terbaik

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak yang tinggi dapat memperparah atau meningkatkan risiko serangan jantung.

Lemak dari makanan akan membentuk plak di pembuluh darah sehingga menghalangi aliran darah. Untuk lebih memahaminya, baca lebih lanjut tentang kolesterol tinggi.

– Segera hentikan kebiasaan rokok

Merokok adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, merokok juga menyebabkan aterosklerosis atau penumpukan lemak pada pembuluh darah.

 

 

Leave a comment