Serangan Jantung Penyakit Keturunan

Penyakit serangan jantung adalah penyakit yang paling mematikan nomer satu di seluruh dunia. Saat ini banyak pasien yang meninggal akibat penyakit jantung ini.

Serangan jantung merupakan momok yang menakutkan, hal itu dikarenakan jantung merupakan penyakit yang sering berujung dengan kematian jika tidak diatasi dengan segera.

Serangan jantung secara medis disebut degan infark miokard. Serangan jantung akan terjadi ketika pasokan darah yang menuju ke jantung menjadi terhambat atau tersumbat.

Banyak hal yang bisa menyebabkan pasokan darah ke jantung menjadi terhambat. Penyumbatan itu biasanya terjadi di pembuluh darah, kondisi pembuluh darah banyak dipengaruhi oleh kondisi kesehatan orang tersebut.

Gejala serangan jantung meliputi:

– Kecemasan.

– Sesak napas yang berat.

– Perut terasa penuh.

– Gangguan pencernaan.

– Perasaan tersedak (mungkin merasa seperti maag).

– Berkeringat.

– Detak jantung yang cepat atau tidak teratur.

– Ketidaknyamanan menjalar ke punggung, rahang, tenggorokan, atau lengan.

– Nyeri di dada.

– Mual.

– Pusing.

Kita tidak boleh meremehkan penyakit jantung, hal itu dikarenakan penyakit jantung merupakan penyakit mematikan. Berikut ini adalah penyebab dari serangan jantung yang perlu diwaspadai:

– Makanan

Salah satu yang menjadi penyebab paling dominan serangan jantung adalah dari faktor makanan. Mulai sekarang kita harus cerdas dalam menyeleksi makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

– Diabetes

Berbagai jenis diabetes juga merupakan penyebab seseorang mengalami serangan jantung. Tidak mengherankan jika seseorang yang mengalami diabetes akan mudah terkena komplikasi dari penyakitnya tersebut. Hal itu dikarenakan diabetes berhubungan dengan penyakit-penyakit lainnya.

– Kurang Olahraga

Penyebab munculnya serangan jantung adalah kurangnya olahraga atau aktivitas fiisk yang dilakukan. Ketika tubuh kurang bergerak timbunan lemak yang ada di dalam tubuh akan semakin meningkat dan akan semakin bertambah dikarenakan lemak tersebut tidak dibakar.

– Usia

Usia juga merupakan penyebab dari serangan jantung. Orang dengan usia di atas 40 tahun memiliki risiko untuk terkena serangan jantung koroner atau bisa dikatakan bahwa orang yang usianya meningkat risiko untuk terkena jantung koroner juga akan meningkat pula.

– Jenis Kelamin

Jenis kelamin juga menjadi salah satu penyebab jantung koroner. Pria cenderung akan mengalami penyakit jantung dibandingkan dengan wanita.

Alasannya adalah pria banyak yang tidak menjaga pola makannya. Berbeda dengan wanita yang selalu berfikir tentang diet agar sehat dan berat badannya selalu ideal.

– Asap Rokok

Asap rokok juga menjadi penyebab sakit jantung. Banyak sekali dampak negatif dari rokok salah satunya adalah membuat seseorang terkena serangan jantung koroner.

– Penyumbatan Pembuluh Darah

Salah satu penyebab yang menyebabkan serangan jantung adalah tersumbatnya pembuluh darah yang menuju ke jantung.

– Penggumpalan Darah

Yang menyebabkan serangan jantung lainnya adalah adanya penggumpalan darah. Darah yang menggumpal bisa menyebabkan darah tidak bisa dialirkan ke seluruh tubuh.

– Minuman Beralkohol

Orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat membuat orang tersebut terkena serangan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterolnya menjadi bertambah. Padahal hipertensi dan juga kolesterol merupakan salah satu penyebab dari serangan jantung.

– Polusi

Yang menyebabkan seseorang terkena serangan jantung lainnya adalah polusi terutama polusi udara. Hal itu dikarenakan zat polutan berbahaya ada di dalam polusi udara tersebut.

– Kelainan Sistem Imun

Orang yang memiliki penyakit kelainan sistem imun juga memiliki risiko untuk terkena penyakit serangan jantung.

– Pre Eklamsia

Wanita yang saat hamil mengalami pre eklamsia memiliki resiko untuk terkena serangan jantung. Hal itu dikarenakan wanita yang mengalami pre eklamsia dia akan beresiko terkena tekanan darah tinggi dan tekanan darah tinggi adalah penyebab orang mengalami serangan jantung.

– Hipertensi

Tekanan darah tinggi juga menjadi penyebab dari serangan jantung. Hipertensi menjadi pemicu munculnya serangan jantung dikarenakan hipertensi bisa menyebabkan dinding pembuluh darah utama di jantung menjadi rusak.

Minuman keras juga merupakan salah satu pola hidup sehat yang bisa menyebabkan peminumnya juga

– Stress

Stress yang terjadi secara terus menerus bisa menyebabkan jantung terpacu dengan cepat serta memacu hormon adrenalin.

– Genetik

Jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki penyakit jantung, maka resiko anggota keluarga lain untuk terkena serangan jantung pun cukup tinggi. Apalagi jika yang terkena serangan jantung itu adalah orangtua dan juga saudara kandung.

Serangan Jantung Penyakit Keturunan

Faktor-faktor utama yang meningkatkan risiko penyakit jantung adalah merokok, tekanan darah tinggi, kadar kolestrol tinggi dalam darah, kurangnya berolahraga, dan asupan kemak jenuh serta lemak trans dari makanan.

Meski demikian, riwayat keluarga yang terkena penyakit jantung juga dapat menjadi faktor risiko yang memungkinkan kita juga terkena serangan jantung.

Dari keluarga, kita bisa mewarisi gen pendukung penyakit jantung, misalnya produksi kolestrol dalam tubuh yang sudah tinggi atau kita mewarisi gaya hidup yang kurang sehat dari keluarga.

Kita perlu waspada jika ayah kita di bawah usia 55 tahun dan ibu kita di bawah 65 tahun terkena serangan jantung, karena itu berarti kita berpeluang besar mengalami hal yang sama.

Menurut American Journal of Preventive Medicine, peluang yang kita peroleh sekitar 1,5 sampai 2 kali lebih besar dibandingkan teman kita yang tidak memiliki riwayat keluarga penyakit jantung.

Meski ada benarnya bahwa penyakit jantung itu penyakit turunan, namun kita bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat sedini mungkin.

Leave a comment