Saran Penyakit Thypoid Apa?

Thypoid adalah penyakit infeksi sistemik akut yang disebabkan infeksi salmonella Thypi. Organisme ini masuk melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh feses dan urine dari orang yang terinfeksi kuman salmonella.

Penularan salmonella thypi dapat ditularkan melalui berbagai cara, yang dikenal dengan 5 F yaitu Food (makanan), Fingers (jari tangan/kuku), Fomitus (muntah), Fly (lalat), dan melalui Feses.

Feses dan muntah pada penderita typhoid dapat menularkan kuman salmonella thypi kepada orang lain. Kuman tersebut dapat ditularkan melalui perantara lalat, dimana lalat akan hinggap dimakanan yang akan dikonsumsi oleh orang yang sehat.

Apabila orang tersebut kurang memperhatikan kebersihan dirinya seperti mencuci tangan dan makanan yang tercemar kuman salmonella thypi masuk ke tubuh orang yang sehat melalui mulut. Kemudian kuman masuk ke dalam lambung, sebagian kuman akan dimusnahkan oleh asam lambung dan sebagian lagi masuk ke usus halus bagian distal dan mencapai jaringan limpoid.

Di dalam jaringan limpoid ini kuman berkembang biak, lalu masuk ke aliran darah dan mencapai sel-sel retikuloendotelial.

Pada akhir masa inkubasi (5-9 hari) kuman kembali masuk dalam darah (bakteremi sekunder) dan menyebar keseluruh tubuh terutama kedalam kelenjar limfoid usus halus, menimbulkan tukak berbentuk lonjong di atas Plak Peyer. Tukak tersebut dapat mengakibatkan perdarahan dan perforasi usus.

Pada masa bakteremi ini, kuman mengeluarkan endotoksin yang mempunyai peran membantu proses peradangan lokal dimana kuman ini berkembang. Semula disangka demam dan gejala toksemia pada typhoid disebabkan oleh endotoksemia. Tetapi berdasarkan penelitian eksperimental disimpulkan bahwa endotoksemia bukan merupakan penyebab utama demam pada typhoid.

Endotoksemia berperan pada patogenesis typhoid, karena membantu proses inflamasi lokal pada usus halus. Demam disebabkan karena salmonella thypi dan endotoksinnya merangsang sintetis dan pelepasan zat pirogen oleh leukosit pada jaringan yang meradang.

Saran Bagi Penyakit Thypoid

Saran yang dapat diberikan bagi penderita thypoid adalah:

  1. Menjaga kebersihan

Penderita thypoid juga harus menjaga kebersihan untuk mempercepat penyembuhan. Ketika menjaga kebersihan maka penderita bisa terhindar dari kontaminasi bakteri atau sumber penyakit yang lain. Penderita thypoid memiliki kekebalan tubuh yang lebih lemah dan sangat mudah terkena sumber penyakit lain.

Ketika terkena komplikasi maka bisa menghambat penyembuhan dan membuat thypoid juga sulit untuk sembuh. Cara untuk menjaga kebersihan bisa dilakukan seperti melakukan cara mencuci tangan yang benar sebelum dan setelah makan. Tindakan ini juga bisa mengurangi resiko terkena jenis penyakit menular lain dan menjaga agar penyakit tidak menyebar.

  1. Minum cukup air mineral

Penderita thypoid juga lebih sering kehilangan cairan karena demam dan mual atau muntah. Memberikan banyak air mineral kepada penderita akan membantu penyembuhan menjadi lebih cepat. Terlebih jika penderita juga mengalami diare yang buruk. Cairan akan membantu menurunkan demam, menghambat kerja bakteri dan membunuh bakteri itu secara alami.

Jika tidak bisa minum cairan dengan baik maka pemberian cairan melalui infus bisa diberikan di rumah sakit. Pemberikan cairan lewat infus akan langsung ke pembuluh darah sehingga mempercepat penyembuhan. Selain itu, pemberian obat antibiotik lewat jenis cairan infus juga bisa membantu penyembuhan lebih cepat.

  1. Cukup Istirahat

Penderita thypoid harus banyak istirahat karena istirahat bisa membantu penyembuhan menjadi lebih cepat. Penderita thypoid disarankan banyak istirahat di tempat tidur dan mengurangi gerakan atau berbagai aktifitas yang lain. Istirahat akan meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, proses pemberian obat akan lebih efektif jika penderita bisa istirahat dengan baik.

Anak-anak yang masih sekolah sebaiknya juga sementara tidak masuk sekolah. Istirahat harus dilakukan hingga benar-benar sembuh sebab jika tidak dilakukan maka resiko kambuh akan menjadi lebih besar.

  1. Mengkonsumsi makanan halus

Penderita thypoid juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan lunak atau makanan yang lembut. Beberapa jenis makanan yang sering disarankan misalnya bubur nasi merah atau nasi putih yang dicampur dengan sayuran.

Bakteri penyebab thypoid akan menyerang usus dan menyebabkan usus menjadi sangat sensitif. Makanan halus akan membantu usus bekerja dengan baik dan tidak menyakiti usus itu sendiri. Sedangkan makanan yang kasar akan membuat luka pada usus dan menambah parah penyakit thypoid.

  1. Hindari makanan pedas

Penderita thypoid mungkin akan memiliki keinginan makanan yang sedikit aneh daripada biasanya. Hal ini disebabkan karena kondisi badan yang tidak nyaman dan cenderung lidah yang terasa pahit. Keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang pedas harus dihindari untuk mencegah agar thypoid tidak lebih buruk.

Bahaya makanan pedas bisa menyebabkan usus menjadi luka dan membuat bakteri menjadi lebih ganas. Konsumsi makanan yang pedas juga bisa menyebabkan thypoid menjadi lebih parah dan komplikasi seperti luka dan pendarahan pada usus.

Leave a comment