Sakit Asma Yang Dapat Diobati!

Penyakit asma merupakan penyakit yang mengganggu saluran pernapasan manusia serta paru-paru atau bisa disebut juga dengan sesak napas. Penyakit asma tergolong penyakit kronis apabila secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama sehingga seseorang atau penderita mengalami kesulitan untuk bernapas.

Ketika penderita mengalami serangan asma, hal ini pertanda bahwa telah terjadi pembengkakan pada saluran pernapasan yang menyebabkan dinding pada bagian dalam dari saluran pernapasan membengkak.

Dengan terjadinya pembengkakan tersebut menyebabkan ukuran saluran udara mengecil sehingga si penderita Asma mengalami kesulitan pada saat bernapas.

Gejala Penyakit Asma

Pada seseorang yang sudah terinfeksi penyakit asma dapat timbul beberapa gejala seperti:

  1. Merasa sering panik dan juga cemas

Jika seseorang sering merasa panik dan juga cemas pada masalah-masalah kecil, ini juga merupakan salahsatu ciri dari penyakit asma. Tentu saja gejala ini bisa dihindari dengan cara tetap menenangkan diri dan mengkonsultasikannya dengan dokter.

  1. Iritasi tenggorokan

Kebanyakan kasus bahwa jika seseorang mengalami iritasi tenggorokan merupakan ciri dari gejala penyakit asma, iritasi pada tenggorokan ini disebabkan karena saluran pernapasan tersumbat lendir.

  1. Batuk secara terus-menerus

Gejala serangan penyakit asma selanjutnya adalah batuk secara terus-menerus yang mengakibatkan napas menjadi pendek, meskipun banyak orang yang belum tahu tetapi gejala ini perlu diwaspadai karena bisa saja merupakan salahsatu ciri seseorang sakit asma.

  1. Bibi dan juga Kuku Membiru

Pada tahap yang berbahaya jika seseorang terkena asma adalah membirunya bibir dan juga kuku, jika gejala ini muncul harus segera meminta bantuan dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Komplikasi Penyakit Asma

Berbagai komplikasi komplikasi asma yang dapat terjadi pada penderita penyakit asma adalah:

  1. Bronkhitis

Bronkhitis atau radang paru-paru adalah kondisi di mana lapisan bagian dalam dari saluran pernapasan di paru-paru yang kecil (bronkhiolis) mengalami bengkak. Selain bengkak juga terjadi peningkatan produksi lendir (dahak).

Akibatnya penderita merasa perlu batuk berulang-ulang dalam upaya mengeluarkan lendir yang berlebihan, atau merasa sulit bernapas karena sebagian saluran udara menjadi sempit oleh adanya lendir.

  1. Aspergilosis

Aspergilosis merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh jamur dan tersifat oleh adanya gangguan pernapasan yang berat. Penyakit ini juga dapat menimbulkan lesi pada berbagai organ lainnya, misalnya pada otak dan mata. Istilah Aspergilosis dipakai untuk menunjukkan adanya infeksi Aspergillus sp.

  1. Gagal napas

Gagal napas dapat tejadi bila pertukaran oksigen terhadap karbodioksida dalam paru-paru tidak dapat memelihara laju konsumsi oksigen dan pembentukan karbondioksida dalam sel-sel tubuh.

Diagnosis Penyakit Asma

Untuk metode pendetieksian asma dapat berupa:

– Spirometri,

– Tes Arus Puncak Ekspirasi (APE),

– Pengukuran Status Alergi,

– Uji Provokasi Bronkus,

– CT Scan,

– Rontgen.

Pantangan Penyakit Asma

Berikut beberapa pentangan untuk para penderita penyakit asma

  1. Terkena Debu

Debu menjadi musuh berat semua penderita asma. Banyak debu yang berasal dari lingkungan. Debu bisa masuk ke saluran pernafasan dan menyebabkan reaksi alergi. Untuk itu semua penderita asma harus tinggal dalam lingkungan yang sehat dan bersih dari debu. Penting bagi penderita asma untuk memiliki kamar dan rumah yang bersih dari debu seperti debu kotoran maupun debu cat dinding.

  1. Rokok dan Asap Rokok

Pantangan asma selanjutnya adalah pada asap rokok yang sangat berbahaya bagi penderita asma. Bahaya Asap rokok mengandung nikotin yang bisa tertinggal dalam saluran pernafasan. Bahkan penderita asma harus benar-benar tidak terpapar asap rokok.

Sedikit saja asap dan nikotin yang masuk ke dalam paru-paru maka bisa mengancam jiwa. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil sangat dilarang untuk merokok karena bisa menyebabkan bayi mereka menderita asma.

  1. Asap dan Aroma Menyengat

Semua jenis asap dan aroma yang menyengat bisa menyebabkan serangan asma. Asap dan bau bisa menyebabkan saluran pernafasan menjadi sangat sensitif. Produksi lendir pada saluran pernafasan bisa menjadi lebih banyak sehingga menyebabkan penderita sulit untuk bernafas dengan baik. Untuk mengatasi hal ini maka bisa memakai kipas angin atau pendingin ruangan.

Leave a comment