Penyembuhan Penyakit Hemoroid Yang Dapat Kamu Lakukan Dirumah!

Penyakit Hemoroid merupakan kondisi terjadinya pelebaran dan radang pada pembuluh darah balik (vena) di daerah anus dan bagian bawah rektum. Dapat terjadi akibat pelebaran saat buang air besar, atau akibat peningkatan tekanan dari pembuluh darah ini saat kehamilan. Kelainan ini dapat terjadi di bagian dalam (hemoroid internal) atau dibawah kulit sekitar anus (hemoroid eksterna).

Kelainan ini relatif sering terjadi dalam kisaran usia 50 tahun, biasanya ditandai dengan rasa gatal tidak nyaman dan pendarahan saat buang air besar. Untungnya terdapat banyak cara untuk mengatasi masalah ini. Secara garis besar kelainan ini terbagi menjadi dua, hemoroid intenal dan hemoroid eksternal.

Adapun 2 jenis dari hemeroid sebagi berikut:

  1. Ambeien eksternal

Ambeien jenis ini menyerang anus sehingga akan menyebabkan rasa perih, sakit, ataupun gatal pada saat buang air besar ataupun pada saat duduk. Ketika terdorong keluar oleh feses, ambeien tersebut dapat menyebabkan thrombosis ataupun penggumpalan sehingga ambeien tersebut menjadi berwarna biru bercampur warna ungu.

  1. Ambeien internal

Ambeien internal biasanya seperti pembengkakan yang terjadi di dalam rectum sehingga tidak dapat diraba maupun dilihat. Pembengkakan jenis ini memang tidak akan menimbulkan rasa sakit sebab hanya sedikit syaraf yang berada di daerah rectum tersebut. Namun, ada tanda-tanda yang muncul jika seseorang terkena ambeien internal ini, tandanya biasanya bisa kita ketahui pada saat buang air besar terjadi pendarahan.

Tanda Gejala Hemoroid

Penyakit wasir bisa dialami akibat dari masalah di pencernaan yang akan muncul di permukaan sekitar anus bagian dalam atau pun bagian luar, dan ada gejala atau ciri ciri yang menandakan bahwa penyakit wasir dialami, seperti di bawah ini:

  1. Benjolan di anus, penyakit wasir bisa menimbulkan benjolan pada bagian anus seperti di yang sudah di jelaskan. Benjolan pasti akan ada di bagian anus jika menderita penyakit wasir, karena benjolan tersebut merupakan pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah.
  2. Rasa nyeri dan panas, anus yang memiliki benjolan juga akan terasa nyeri dan juga panas, pada saat buang air besar atau pun tidak. karena itu benjolan di anus terasa tidak nyaman.
  3. Gatal di anus, anus yang nyeri juga akan terasa gatal terkadang, dan apabila gatal sebaiknya juga tidak di garuk.
  4. Keluar darah dan lendir, jika menderita penyakit wasir maka gejala wasir yang akan dialami juga bisa berupa gangguan pada anus yang gatal dan akan di tambah buruk lagi jika benjolan semakin besar karena bisa menyebabkan pendarahan pada pembengkakan anus yang di sebabkan oleh sudah semakin parah.

Penyembuhan Penyakit Hemoroid

Jika hemoroid disebabkan oleh konstipasi, Anda harus berusaha agar tinja menjadi lunak dan Anda bisa membuang air besar secara teratur. Tujuannya agar Anda tidak mengejan saat membuang air besar. Untuk melakukan itu, Anda bisa meningkatkan asupan serat dalam menu makanan Anda. Beberapa sumber serat yang bagus adalah roti dari biji-bijian utuh, sereal, buah, dan sayuran.

Anda juga harus minum banyak air dan menghindari konsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi, dan minuman soda. Ikuti beberapa saran berikut ini saat Anda pergi ke toilet:

Tepuk pelan-pelan area bokong, bukan mengelapnya.

Setelah buang air besar, gunakan tisu yang lembut atau gunakan tisu khusus bayi untuk membersihkan area bokong. Jangan memakai tisu toilet yang kering dan bertekstur kasar.

Hindari mengejan saat buang air besar, kebiasaan ini bisa memperparah hemoroid.

Adapun obat yang mungkin diberikan untuk penderita yaitu:

  1. Penggunaan laksatif atau obat pencahar

Jika Anda mengalami konstipasi, dokter akan memberikan resep laksatif atau pencahar. Jenis pengobatan ini akan membantu memperlancar proses buang air besar.

  1. Obat pereda rasa sakit

Paracetamol sebagai salah satu obat pereda rasa sakit, bisa membantu meredakan rasa sakit akibat hemoroid. Hindari obat pereda rasa sakit sejenis kodein. Obat ini bisa menyebabkan dan memperburuk konstipasi.

Produk yang mengandung obat bius lokal mungkin juga akan disarankan dokter untuk mengobati hemoroid. Misalnya pengobatan oles yang bisa dibeli langsung, dan sebaiknya hanya dipakai beberapa hari. Obat oles bisa membuat kulit jadi lebih sensitif. Obat ini bisa membantu beberapa orang yang mengalami hemoroid yang sangat menyakitkan. Tanyakan pada dokter sebelum memakai obat ini.

Leave a comment