Penyebab Terjadinya Penyakit Kanker Darah

Kanker darah atau leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih. Sel darah putih merupakan sel darah yang berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit. Sel darah putih ini dihasilkan oleh sumsum tulang belakang.

Pada kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul. Namun lain halnya dengan pengidap kanker darah.

Sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, tidak dapat berfungsi dengan baik, dan secara berlebihan. Jumlahnya yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang.

Penyebab Terjadinya Penyakit Kanker Darah

Walau telah diketahui beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan leukimia, namun seringkali sulit untuk secara pasti mengetahui penyebab leukimia pada kebanyakan pasien. Berikut penyebab dari penyakit ini:

  1. Faktor umur

Memang umur tidak menjamin seseorang untuk selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang ada. Tapi memang umur yang sudah tua, akan mudah terserang penyakit yang ada. Dari mulai yang kecil sampai yang besar.

Jadi berjaga lah atau berhati hatilah terhadap terhadap segala apapun dan selalu menjaga kondisi kesehatan dari dalam dan luar. Karena hal ini adalah bagian dari penyebab leukimia kanker darah. Cara menjaga tubuh bila umur sudah rentan atau hampir dengan paruh baya.

Cukup dengan menjalankan pola hidup yang benar dari mulai makanan dan kegiatan. Olahraga kecil juga bisa di lakukan. Cara tersebut sudah banyak yang menggunakan dan sudah terbukti berhasil.

  1. Pernah menjalankan kemoterapi

Kemoterapi ini biasanya berhubungan dengan zat zat kimia di dalamnya. Dan kemo terapi termasuk bagian dari penyembuhan penyakit.

Banyak efek yang di timbulkan dari kita menjalankan kemoterapi ini. Dari mulai kerontokan dan sakit tubuh yang di alami. Kalian harus siap bila menjalankan sistem kemo ini. Dan penyebab leukimia kanker darah pun dapat di karenakan oleh ini.

  1. Faktor genetik

Banyak sekali penyakit yang di alami yang di sebabkan oleh faktor genetik / turunan. Dari mulai penyakit yang kecil hingga besar. Perlu kalian tahu, penyakit yang di sebabkan oleh genetik atau turunan sangat sulit untuk di sembuhkan.

Karena bersifat secara turun menurun. Begitu juga dengan penyebab leukimia kanker darah ini, yang bisa terjadi karena hal yang tertera di bagian atas. Jangan pernah menganggap penyakit ini sebagai penyakit yang kecil.

Karena ini salah satu penyakit yang cukup mengkhawatirkan sekali. Dan masih ada beberapa lagi, penyakit yang di karenakan oleh keturunan. Contohnya penyakit jantung, asma, hipertensi, obesitas dan diabetes. Penyakit ini semua tidak baik bila terjadi lada tubuh.

  1. Kelainan genetik

Apa yang di maksud dengan kelainan genetik? Kelainan genetik adalah di dalam tubuh kita yang mengalami kelainan atau perbedaan yaitu berupa sindrom down. Untuk hal yang lebih lanjutnya tentang persoalan ini, yang bisa di jadikan sebagai penyebab leukimia kanker darah.

Untuk itu, harus lebih berhati hati lagi terhadap penyakit ini yang bisa membuat penyakit ini makin parah. Penyebabnya pun juga bukan hanya ini, saja tapi masih ada beberapa pemicu lainnya,yang akan kami jelaskan pada penjelasan yang tertera di bagian bawah.

Berbicara tentang sindrom down adalah penyakit yang menyerang pada sistem syaraf tubuh dan terjadilah autis. Autis ini yang bisa di deteksi pada usia dini yang dapat di sembuhkan dengan menjalankan terapi. Terapi tersebut harus di lakukan dengan orang yang sudah mahir dalam menjalankan hal ini.

Cara Mencegah Penyakit Kanker Darah

  1. Menghindari rokok dan alkohol

Rokok selain menyebabkan kanker paru, bisa juga mneyebabkan kanker jenis lain seperti kanker leher rahim ( kanker serviks) dan kanker darah ( leukimia ).

  1. Olahraga yang teratur

Olahraga yang teratur membuat tubuh kita menjadi sehat. Sehat berarti terbebas dari penyakit, termasuk penyakit kanker. Jadi, olahraga adalah cara alami mencegah kanker.

  1. Menghindari zat karsinogenik

Zat karsinogenik adalah zat penyebab kanker yang di hasilkan dari proses pemasakan dengan cara di bakar, ditumis, dan digoreng. Jadi lebih baik anda memakan makanan yang proses pemasakannya di rebus atau di kukus.

  1. Diet

Diet yang sehat dapat membantu mencegah perkembangan kanker, termasuk kanker darah. Diet dengan cara memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, seta makanan yang kaya biji-bijian, serta mengurangi mengkonsumsi lemak, khusunya lemak hewan.

  1. Konsumsi obat herbal

Anda bisa mencegah kanker dengan cara mengkonsumsi obat herbal.

  1. Deteksi dini

Untuk mencegah kanker juga bisa dilakukan dengan deteksi dini, hal ini bisa mencegah kanker lebih cepat.

Leave a comment