Penyebab Penyakit Konstipasi Dan Cara Mencegahnya Gimana?

Konstipasi merupakan salah satu masalah pada organ tubuh yang menyebabkan susah buang air besar akan dialami. Konstipasi keadaan tubuh yang tidak dapat membuang kotoran dengan baik, dan tidak sea teratur. Konstipasi dapat dialami oleh siapa pun, baik anak anak atau pun orang dewasa bisa mengalami konstipasi.

Terjadi nya konstipasi pun juga bisa lama atau pun sebentar. Konstipasi cukup sering dialami oleh banyak orang, karena hal itu akan membuat sulit nya tubuh untuk mengeluarkan kotoran. Perut buncit merupakan salah satu tanda jika konstipasi berlangsung lama.

Karena banyak nya kotoran yang tidak terbuang lama kelamaan semakin banyak dan pada akhir nya akan menumpuk sehingga akan perut akan membuncit juga. Terjadi nya konstipasi baik hanya sebentar atau pun lama tidak baik untuk kesehatan.

Karena kotoran harus segera di buang dari dalam tubuh, tidak baik jika menumpuk terlalu banyak di dalam nya. Konstipasi juga termasuk penyakit ringan yang tidak baik untuk dialami.

Penyebab Penyakit Konstipasi

Konstipasi atau sembelit merupakan penyakit yang sangat umum dan bisa diderita oleh siapa saja. Meski demikian, penyakit ini dua kali lebih banyak dialami oleh wanita daripada pria, terutama pada masa kehamilan. Lansia juga termasuk kelompok orang yang lebih sering mengalaminya.

Penyebab konstipasi pada seseorang bisa lebih dari satu faktor. Misalnya, kurang minum, kurang konsumsi serat, perubahan pola makan, serta kebiasaan mengabaikan keinginan untuk buang air besar, efek samping obat-obatan, dan gangguan mental seperti kecemasan dan depresi.

Sementara pada anak-anak, pola makan yang buruk, rasa cemas saat menggunakan toilet, dan masalah saat latihan menggunakan toilet bisa menjadi penyebab konstipasi.

Gejala Penyakit Konstipasi

Beberapa gejala penyakit konstipasi yaitu:

  1. Mual

Rasa mual ini bisa dialami oleh siapa saja, bagi yang akan mengalami penyakit ini. Jenis gejala inilah yang bisa memicu terjadinya sembelit. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh serta kebersihan makanan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit ini.

  1. Muntah

muntah ini, bisa dialami oleh siapa saja, bagi yang akan mengalami penyakit ini. Jenis gejala inilah yang bisa memicu terjadinya sembelit. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh serta kebersihan makanan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit ini.

  1. Bada terasa lemas

Lemas badan ini bisa dialami oleh siapa saja, yang akan mengalami penyakit ini. Jenis gejala inilah yang bisa memicu terjadinya sembelit. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh serta kebersihan makanan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit ini.

  1. Mehilangnya nafsu makan

Hilangnya nafsu makan ini, bisa dialami oleh siapa saja, jika akan mengalami penyakit ini. Jenis gejala inilah yang bisa memicu terjadinya sembelit. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh serta kebersihan makanan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit ini.

Mencegah Penyakit Konstipasi

Harus diingat bahwa setiap orang dapat mengalami konstipasi dan biasanya banyak orang berpikir bahwa mereka menderita konsipasi walaupun defekasi mereka tergolong normal. Seperti telah disebutkan sebelumnya, konstipasi adalah gejala yang sering disebabkan oleh kurangnya asupan serat pada diet dan kurangnya berolahraga.

Selain itu, penyebab lainnya adalah efek samping pengobatan, irritable bowel syndrome, penyalahgunaan obat pencahar, dan penyakit-penyakit spesifik lainnya. Berikut adalah tips-tips mudah untuk mencegah terjadinya konstipasi kembali, yaitu:

– Mengonsumsi makanan yang seimbang, tinggi serat yang terdiri dari kacang-kacangan, serealia, buah segar dan sayur-sayuran

– Meminum cairan yang cukup

– Biasa berolahraga

– Meluangkan waktu untuk buang air besar sesaat setelah sarapan

– Tidak menahan keinginan untuk buang air besar ketika rangsangan untuk defekasi sudah terasa

– Mengerti bahwa kebiasaan defekasi yang normal dapat beragam.

Leave a comment