Penyakit Usus Buntu Itu Apa?

Usus buntu (Appendik), sesuai dengan namanya bahwa ini merupakan benar-benar saluran usus yang ujungnya buntu. Usus ini besarnya kira-kira sejari kelingking, terhubung pada usus besar yang letaknya berada di perut bagian kanan bawah.

Usus buntu dalam bahasa latin disebut sebagai Appendix vermiformis, Organ ini ditemukan pada manusia, mamalia, burung, dan beberapa jenis reptil.

Pada awalnya Organ ini dianggap sebagai organ tambahan yang tidak mempunyai fungsi, tetapi saat ini diketahui bahwa fungsi apendiks adalah sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) dimana memiliki/berisi kelenjar limfoid.

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Beberapa hal yang mungkin menjadikan seseorang terkena penyakit usus buntu yaitu:

  1. Terdapat bakteri bagian usus

Penyebab usus buntu pecah adalah terdapatnya bakteri atau kuman pada bagian usus, terutama usus besar. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit usus buntu ini datang dan terjadi dengan tiba tiba.

Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh dan makanan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami usus buntu.

  1. Tipisnya dinding usus buntu

Penyebab usus buntu pecah adalah tipisnya dinding usus buntu. Tipisnya dinding usus buntu ini, yang bisa menyebabkan penyakit usus buntu ini terjadi.

  1. Kelenjar getah bening akan mengalami bengkak

Penyebab usus buntu pecah adalah kelenjar getah bening akan mengalami bengkak. Jenis gejala inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit usus buntu ini terjadi dengan cara tiba tiba. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh dan makanan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami usus buntu.

  1. Memakan makanan yang terdapat garam tinggi

Faktor penyebab usus buntu adalah memakan makanan yang terdapat garam tinggi didalamnya. Jenis makanan ini juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit radang tenggorokkan yang bisa memicu terjadinya amandel.

Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya usus buntu dengan mudah. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit usus buntu ini dengan mudah.

Gejala Penyakit Usus Buntu

Beberapa tanda gejala dari penyakit usus buntu yang dapat timbul yaitu:

– Nyeri pada bagian ulu hati kemudian akan menjalar serta menetap diperut bagian kanan bawah.

– Saat batuk, saat berjalan, dan pada saat bergerak bersin serta bernapas perut akan terasa sakit.

– Terjadinya pembengkakan pada perut.

– Dinding perut juga akan terasa sakit apabila ditekan dalam kondisi kaki dilipat.

– Nafsu makan anda akan berkurang, terjadinya sembelit dan muntah-muntah.

– Demam, susah buang air kecil dan buang air besar.

– Nyeri pada bagian perut dan lama kelamaan kondisinya akan semakin memburuk.

Mengobati Penyakit Radang Usus Buntu (Appendicitis)

Operasi untuk mengangkat usus buntu, yang disebut apendiktomi, adalah pengobatan standar untuk radang usus buntu.

Secara umum, jika dicurigai usus buntu, dokter cenderung untuk segera mengambil apendiks sehingga perforasi dapat dicegah. Jika usus buntu telah membentuk abses, pasien dapat menjalani dua prosedur: satu untuk mengeringkan abses nanah dan cairan, dan prosedur selanjutnya untuk mengangkat apendiks.

Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa pengobatan apendisitis akut dengan antibiotik dapat menghilangkan kebutuhan untuk operasi.

Antibiotik yang diberikan sebelum apendiktomi dapat digunakan untuk melawan peritonitis. Anestesi umum biasanya diberikan, dan apendiks akan diangkat melalui sayatan perut atau dengan laparoskopi. Jika Anda mengalami peritonitis, perut juga perlu diirigasi dan nanah perlu dikeringkan.

Dalam waktu 12 jam operasi pasien dapat bangun dan bergerak. Pasien biasanya dapat kembali ke kegiatan normal dalam 2-3 minggu. Jika operasi dilakukan dengan laparoskop (instrumen teleskop untuk melihat isi perut), sayatan yang dilakukan akan lebih kecil dan pemulihan lebih cepat.

Leave a comment