Penyakit Tipes Cara Penyembuhan

Tipes merupakan penyakit peradangan usus yang disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhosa atau Salmonella paratyphosa. Kedua jenis bakteri tersebut sangat sering dijumpai di makanan, apalagi jika makanan tersebut berada di lingkungan yang kurang higinenis.

Bakteri masuk ke lambung lewat makanan yang Anda konsumsi hingga sampai ke usus halus dan di usus halus tersebut, bakteri mulai berkembang biak hingga masuk ke saluran peredaran darah yang nantinya akan mengakibatkan tubuh si pasien demam tinggi.

Bagi anda yang menderita penyakit tipes anda dapat mengobatinya dengan berbagai cara mulai dengan menggunakan obat-obatan medis yang tentunya mengandung bahan-bahan kimia hingga anda juga dapat mengobatinya dengan cara alami yang tentunya tidak mengandung bahan kimia dan efek samping.

Penyakit tipes biasanya menyerang pada saat kondisi tubuh kurang fit atau pada saat dimana daya tahan tubuh sedang lemah karena terlalu capek beraktifitas dan makan secara tidak teratur serta kurang higienis.

Penyakit tipes di akibatkan oleh adanya infeksi bakteri Salmonella typhosa melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bakteri S. Typhosa yang berada dalam makanan atau minuman tersebut kemudian masuk ke dalam lambung lalu dan menuju ke usus halus.

Setelah berada di dalam usus halus bakteri ini kemudian akan melakukan pembelahan diri atau memperbanyak diri dan menelusuri tubuh melewati pembuluh darah yang mengakibatkan kondisi badan menjadi panas tinggi.

Sebelum Anda menyimak mengenai cara mengobati sakit tipes, alangkah baiknya bila Anda menyimak beberapa gejala penyakit tipes di bawah ini:

  1. Mual, muntah, nyeri pada perut

Ketika daya tahan tubuh sudah benar-benar tidak mampu lagi untuk melawan bakteri penyakit ini, Anda akan mengalami rasa mual yang berujung pada muntah-muntah. Perut dan otot pun terasa sangat nyeri, bahkan tanpa diduga muncul bercak berwarna merah di daerah perut atau dada, yang biasanya sering dikaitkan dengan gejala penyakit demam berdarah.

Jadi, bila Anda atau kerabat dekat Anda mengalami gejala penyakit tipes yang telah disebutkan ini, segera periksa ke dokter.

  1. Demam tinggi

Gejala umum penyakit tipes adalah demam yang cukup tinggi, dan terus bertambah tinggi seiring berjalannya waktu. Pada gejala penyakit tipes ini, Anda akan merasakannya tepat di minggu kedua serta minggu ketiga selama satu minggu bahkan lebih dari satu minggu, dan demam tinggi akan beranjak turun secara bertahap tepat pada minggu keempat.

Sewaktu demam, Anda akan lebih sering mengigau dan kemampuan daya ingat pun menurun drastis.

Obat sakit tipes bisa langsung Anda berikan, bila Anda sudah yakin dan diyakinkan oleh dokter jika penyakit yang Anda alami memang penyakit tipes. Lakukan pengobatan alami atau dengan menjalani perawatan intensif di rumah sakit supaya penyakit tipes cepat sembuh dan kondisi tubuh Anda mulai membaik.

Sebagian orang mengalami gejala tifus yang kembali kambuh sepekan setelah pengobatan antibiotik selesai dijalani. Biasanya dokter akan kembali meresepkan antibiotik meski gejala-gejala yang dirasakan tidak separah sebelumnya.

Jika setelah menjalani pengobatan ternyata hasil tes tinja menemukan bahwa Anda masih mengidap bakteri Salmonella typhi, Anda mungkin akan disarankan untuk menjalani 28 hari pengobatan antibiotik kembali untuk membersihkan sisa-sisa bakteri. Ini untuk mengurangi potensi Anda menjadi pembawa bakteri tifus jangka panjang.

Selama Anda masih terdiagnosis terinfeksi, sebaiknya hindari aktivitas mengolah makanan. Selain itu pastikan Anda mencuci tangan setelah buang air.

Leave a comment