Penyakit Tipes Berasal Dari Mana?

Penyakit Tifus atau Tipes adalah salah satu penyakit serupa yang disebabkan oleh bakteri Rickettsiae. Berasal dari yunani, yang berarti kabur atau demam, itu menggambarkan keadaan pikiran dari mereka yang terkena penyakit tifus. Bakteri tersebut biasanya terdapat pada makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri salmonella typhi. Misalnya makanan yang tidak bersih, dihinggapi lalat dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu penyakit tipes (tifus) ini menyerang pada bagian saluran pencernaan karena berasal dari makanan yang kita makan. Terkadang banyak orang yang jarang menyadari kalau sudah terkena tipes (tifus), dan mereka baru menyadari bahwa telah terserang penyakit tipes (tifus) kalau keadaannya sudah semakin parah.

Ada beberapa kasus yang bersamaan antara penyakit tipes (tifus) dan demam berdarah dengue (DBD). Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh orang yang terkena tipus menurun sangat drastis sehingga mudah terserang jenis penyakit lainnya.

Penyebab Penyakit Tipes:

Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica, khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhosa. Sebagai penyebab tipes, bakteri Salomenella Typhosa bisa masuk ke dalam perut karena tertelan lewat makanan atau minuman tercemar.

Bakteri ini kemudian bersarang di usus halus, lalu menggerogoti dinding usus. Jika kondisi ini dibiarkan, usus bisa luka dan sewaktu-waktu tukak tipus bisa jebol dan usus jadi bolong.

Kebanyakan penyakit tipes ditularkan melalui kotoran. Termasuk kuman yang hidup normal dalam usus hewan, ternak dan reptil, sumber daging unggas unggas kurang matang, telur, melalui anjing, kucing, makanan dan minuman tercemar (batu es), dari carrier yaitu orang sehat tetapi membawa kuman.

Anda sudah mengetahui apa itu definisi dan pengertian penyakit tipes (tifus), sekarang anda harus mengetahui bagaimana ciri-ciri orang yang terkena penyakit tipes (tifus) ini. Hal ini harus anda ketahui supaya anda bisa langsung mengobatinya ketika ciri-ciri awal tipes (tifus) sudah muncul. Sebenarnya penyakit tipes ini tidak menular, tetapi walaupun tidak menular, anda harus tetap berhati-hati.

Seperti yang anda ketahui, penyakit tipes (tifus) ini terjadi karena pola makan yang salah dan makanan yang kotor. Mungkin anda sering telat makan, jajan di sembarang tempat atau makan makanan yang tidak bersih. Ini bisa menjadi faktor utama penyebab penyakit tipes (tifus). Apalagi ditambah dengan cuaca yang tidak menentu dan daya tahan tubuh menurun.

Gejala Penyakit Tifus

Sebagian bakteri mungkin mampu dimusnahkan ketika berada di lambung, akan tetapi sebagian yang lain akan sampai pada usus halus pada bagian distal dan jaringan limpoid. Pada jaringan limpoid inilah kuman berkembang biak dan kemudian menyebar ke seluruh pembuluh darah sehingga menyebabkan penyakit akut yang cukup parah.

Waktu yang diberikan dari masuknya bakteri ke dalam tubuh sampai dengan munculnya gejala penyakit tifus biasanya berlangsung kurang lebih sampai dengan 14 hari, tergantung dari sedikit banyaknya bakteri yang ada di dalam tubuh.

Gejala penyakit tipes yang diberikan biasanya berupa panas yang tinggi, gangguan pencernaan dan gangguan kesadaran. Pada minggu pertama, gejala yang diberikan seperti penyakit infeksi pada umumnya yakni ditandai dengan demam, sakit kepala, mual, muntah, menurunnya nafsu makan, sakit perut dan diare.

Sedangkan pada minggu kedua, gejala yang diberikan jauh lebih jelas yakni demam tinggi yang berlangsung terus-menerus, bau nafas yang tidak sedap, kulit kering, rambut kering, bibir pecah-pecah, lidah ditutupi selaput putih kotor, pembesaran hati dan limpa serta perut kembung.

Pada keadaan yang lebih serius mampu menyebabkan perforasi pada perut atau sobeknya dinding usus halus, penyebaran infeksi ke rongga perut sampai dengan penyebaran kuman ke paru-paru.

Leave a comment