Penyakit Pernafasan Bronkitis Itu Apa?

Bronkitis adalah radang pada lapisan saluran bronkial karena infeksi. Bronkus adalah saluran yang membiarkan udara masuk ke dalam dan keluar dari paru-paru. Pengidap bronkitis sering mengalami batuk lendir yang menebal, yang bisa berubah warna. Ada dua jenis bronkitis:

Bronkitis akut adalah infeksi jangka pendek yang menyebabkan saluran udara di dalam paru-paru membengkak dan terisi dengan lendir. Jenis akut sering berlangsung selama beberapa minggu.

Bronkitis kronis adalah iritasi terus-menerus di saluran bronkial, sering karena merokok. Bronkitis kronis bisa berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Bronkitis kronis jauh lebih parah daripada bronkitis akut.

Gejala Penyakit Bronkitis

  1. Kelelahan

Penderita bronkitis biasanya akan merasakan kelelahan yang tidak biasa. Mereka mudah lelah saat melakukan aktivitas yang sebenarnya tidak terlalu berat.

Kelelahan sendiri memang merupakan gejala umum yang bisa disebabkan oleh banyak hal misalnya kurangnya asupan makanan dan penyakit lainnya. Namun jika kelelahan tersebut diiringi oleh batuk yang tak berkesudahan dan rasa sakit di dada maka bisa jadi itu disebabkan oleh penyakit batuk bronkitis.

  1. Demam

Demam merupakan salah satu ciri lain bagi penderita batuk bronkitis. Demam yang diderita biasanya demam biasa yang tidak terlalu tinggi. Kita sendiri bisa merasakan apakah tubuh kita demam atau tidak.

Menggunakan termometer juga menjadi cara yang terbaik untuk mengetahui apakah seseorang mengalami demam atau tidak. Suhu tubuh manusia sehat biasanya berkisar di antara 36° C. Jika di atasnya maka bisa dipastikan mengalami demam.

  1. Sakit pada bagian tubuh

Selain batu, demam, sakit tenggorokan, dan kelelahan, penderita batu bronkitis juga akan mengalami rasa sakit pada bagian tubuh tertentu.

Rasa sakit tersebut membuat badan menjadi kurang prima sehingga akan mengganggu aktivitas seseorang. Namun perlu diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui apakah memang menderita batuk bronkitis atau tidak.

  1. Batuk lama

Penderita bronkitis biasanya menderita gejala batuk yang cukup lama sekitar 10 sampai 20 hari. Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa itu batuk biasa sehingga tak mau memeriksakan diri atau hanya meminum obat batuk ala kadarnya.

Batuk pada penderita bronkitis biasanya akan menghasilkan lendir. Lendir yang dihasilkan biasanya lendir bening sehingga penderita kadang kurang memperhatikan.

Namun jika lendir yang dihasilkan berwarna kuning atau kehijauan berarti kita terserang infeksi bakteri juga. Jika infeksi tersebut telah dibersihkan kita akan tetap menderita batuk-batuk kering selama beberapa hari atau minggu. Jadi perhatikan lamanya kita batuk, jika sampai berminggu-minggu maka sebaiknya segera memeriksakan diri.

  1. Sakit tenggorokan

Ciri-ciri penderita batuk bronkitis lainnya yaitu sakit pada bagian tenggorokan. Rasa sakit pada bagian tenggorokan ini biasanya cukup mengganggu saat akan makan atau saat batuk.

Penderita biasanya berusaha untuk menghilangkan rasa sakit tenggorokan tersebut dengan makan permen atau minum obat batuk. Sayangnya, penyebab utama dari sakit tenggorokan tersebut juga harus ditelusuri dengan benar. Perhatikan gejala-gejala lain seperti apakah disertai batuk atau tidak, demam, sesak napas, dan lain-lain.

Penyebab Penyakit Bronkitis

  1. Asam Lambung Akut

Saat terkena asam lambung, apalagi yang sudah memasuki level akut dapat membuat tenggorokan kita sakit dan memicu bronkitis.

  1. Lingkungan Kerja yang Buruk

Maksudnya adalah lingkungan yang tak sehat, seperti kerja banyak menghirup udara kotor, debu-debu, klorin, asap, dan sebagainya. Biasanya bronkitis yang terjadi akibat lingkungan kerja kurang sehat seperti ini dinamakan bronkitis okupasi.

  1. Lemahnya Imunitas Tubuh

Ketahanan tubuh dalam melawan berbagai penyakit sangatlah penting. Tak hanya membentengi dari penyakit bronkitis, tapi juga penyakit lainnya. Orang yang daya tahan tubuhnya lemah, rentan terkena beragam penyakit termasuk bronkitis.

  1. Virus Flu atau Bakteri

Virus yang membuat seseorang terkena bronkitis yaitu virus yang juga menyebabkan flu dan batuk. Ketika kita bersin atau mengeluarkan cairan berupa ingus atau air liur saat flu, berjuta virus akan keluar dari tubuh dan menempel di berbagai benda yang terkena percikan atau cairan tubuh yang mengandung virus.

Masa tahan virus ini di atas suatu benda adalah selama sehari. Seseorang akan terinfeksi virus ini juga apabila ia menyentuh benda yang terpercik cairan tubuh tadi.

  1. Merokok

Bahaya merokok berbahaya bagi tubuh kita. Si perokok atau orang di sekeliling si perokok juga berpotensi terkena penyakit bronkitis.

Leave a comment