Apa Saja Penyakit Oleh Cacing?

Cacingan adalah suatu penyakit yang sering diderita oleh mereka yang tinggal di daerah tropis dan sub tropis. Salah satu kondisi yang menyebabkan meningkatnya penyakit ini adalah di saat musim hujan.

Karena pada saat ini sungai dan kakus meluap sehingga larva dan cacing menyebar ke berbagai sudut yang bisa saja bersentuhan dan masuk ke dalam tubuh manusia. Apabila larva telah masuk ke dalam tubuh maka perlu waktu 1-3 minggu untuk dapat berkembang.

Banyak fakta yang mengatakan bahwa anak Indonesia 50 % pernah dan sedang mengalami cacingan. Hal ini sering dikaitkan dengan masalah kebersihan masyarakat Indonesia terutama untuk kalangan bawah. Selain lingkungan, cacingan juga dapat menembus tubuh dikarenakan makanan yang tidak bersih dan higienis, apalagi untuk anak-anak yang kerap jajan sembarangan.

Gejala Penyakit Cacingan

Sebenarnya banyak hal yang dapat memastikan bahwa tubuh mengalami cacingan, salah satunya mata anda akan terasa gatal. Gejala ini dapat dialami oleh anak-anak yang menderita cacingan ataupun orang dewasa ini karena parasit sudah merayap ke selaput area mata sehingga akan mengalami gatal yang luar biasa. Berikut ini akan kami berikan beberapa gejala lain cacingan selain mata terasa gatal:

  1. Berat badan tidak bertambah

Padahal anak selalu makan dengan banyak namun berat badan tidak naik-naik, ini karena sari-sari makanan yang masuk ke dalam tubuh harus terbagi dengan parasit cacing. Oleh karena itu, setiap penderita cacingan mengonsumsi makanan, parasit cacing juga menikmati makanan tersebut. Namun bukan berarti bila berat badan tidak bertambah / tidak bisa naik itu adalah akibat dari cacingan.

  1. Tampak lemas, lesu dan pucat

Karena sari makanan terbagi oleh parasit cacing, maka kebutuhan nutrisi dan vitamin tidak semuanya utuh untuk tubuh. Inilah yang membuat tubuh tampak lemas, lesu, kurang nafsu makan serta terlihat pucat. Bahkan untuk kasus yang fatal cacingan ini akan memperlambat proses pertumbuhan manusia.

Bahaya sekali bukan masalah cacingan ini? Jaga kebersihan lingkungan anda agar larva cacing tidak bersentuhan dengan tubuh anda.

  1. Saluran pencernaan terganggu

Apabila cacing sudah semakin banyak di dalam perut maka ini akan menyebabkan tersumbatnya saluran cerna dan usus pun tidak dapat mengalirkan sari-sari makanan sampai ke pencernaan. Sehingga penderita pun lambat laun akan mengalami sakit pada perut bahkan timbul kolik dengan diikuti demam.

  1. Saluran napas terganggu

Saluran napas untuk penderita cacingan juga akan terganggu, ini karena cacing dapat menembus organ lain yang ada pada tubuh sepertu paru-paru melalui peredaran darah dan kelenjar getah bening. Hal inilah yang menyebabkan penderita cacingan kerap mengalami batuk-batuk.

  1. Saluran anus dan mata terasa gatal

Karena cacing dapat menembus semua organ maka cacing juga akan bersemayam di daerah sekitar anus dan juga organ penglihatan. Inilah yang menyebabkan anus dan organ penglihatan yaitu mata terasa sangat gatal.

Cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit cacingan adalah:

– Hindari jajan sembarangan.

– Menjaga kebersihan organ vital sehingga menjaga dari infeksi cacing.

– Memotong kuku dengan rapi dan bersih.

– Menjaga lingkungan terutama rumah selalu dalam keadaan bersih.

– Menggunakan sabun antiseptik yang aman untuk anak.

– Mencuci tangan dan kaki usai bermain di luar rumah.

– Mengganti pakaian selepas bermain diluar.

– Memberikan asupan makanan dengan kandungan gizi yang lengkap yang dibutuhkan anak.

– Menggunakan alas kaki setiap kali bermain di luar rumah.

– Menjaga kebersihan tempat tidur termasuk seprai, penutup bantal dan boneka-boneka jika ada diatas tempat tidur.

– Mandi setiap hari untuk menjaga kebersihan badan dan jangan lupa untuk mengganti pakaian setelah mandi.

Leave a comment