Penyakit Lupus Dan Obatnya!

Lupus merupakan penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit autoimune. Penyakit terjadi apabila terjadi anomali pada sistem dan kerja sel pertahanan tubuh manusia.

Sel pertahanan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari masuknya kuman atau gangguan eksternal lainnya justru menyerang tubuh pemiliknya. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit mematikan pada jenis Eritematosus Sistemik (SLE) atau yang juga disebut dengan Systemic Lupus Erythematosus (SLE) dalam bahasa Inggiris.

Lupus jenis ini lebih dikenal dan sering digunakan untuk menyederhanakan penyebutan dan pemahaman tentang penyakit ini di kalangan umum. Selain jenis tersebut, terdapat beberapa jenis penyakit lupus lainnya, seperti neonatal (lupus yang terjadi pada bayi), dan drug inducted lupus (lupus yang disebabkan oleh penggunaan obat).

Tipe Penyakit Lupus

Penyakit lupus terbagi dalam beberapa tipe, antara lain:

  • Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE)
  • Lupus eritematosus diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE)
  • Lupus akibat penggunaan obat

Gejala-gejala Penyakit Lupus

Berikut adalah gejala-gejala lain yang kemungkinan dialami penderita lupus:

  • Sariawan yang terus muncul
  • Demam tinggi (38ºC atau lebih)
  • Mata kering
  • Sakit dada
  • Tekanan darah tinggi
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Sakit kepala
  • Rambut rontok
  • Hilang ingatan
  • Napas pendek akibat inflamasi paru-paru, dampak ke jantung, atau anemia
  • Tubuh menyimpan cairan berlebihan sehingga terjadi gejala seperti pembengkakan pada pergelangan kaki
  • Jari-jari tangan dan kaki yang memutih atau membiru jika terpapar hawa dingin atau karena stres (fenomena Raynaud)

Obat Penyakit Lupus Dari Tanaman Tradisional

  1. Kunyit

Alasan mendasar mengapa kunyit bisa membantu dalam Lupus adalah bahwa Lupus adalah penyakit inflamasi dan Kurkumin yang merupakan bahan aktif dalam kunyit memiliki anti-inflamasi, antioksidan dan sifat antibakteri.

Manfaat kunyit sebagai agen anti-inflamasi telah dipelajari secara ekstensif. Rempah-rempah telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat dan penelitian yang luas dilakukan dalam beberapa kali telah menemukan bahwa kurkumin diferuloylmethane adalah agen anti-inflamasi dalam kunyit.

Hal ini dapat mengatur faktor-faktor transkripsi banyak, molekul adhesi, protein kinase, enzim dan status redoks yang semua penyebab kondisi peradangan dalam tubuh.

Oleh karena itu kurkumin tampaknya suplemen terapi menarik untuk digunakan dalam pengobatan penyakit kronis pro-inflamasi yang meliputi lupus, neurodegenerative, paru, jantung dan penyakit autoimun.

  1. ketela rambat

Obat Lupus alami ini banyak mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan), dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa). Ketela rambat bermanfaat untuk Kekebalan tubuh karena obat lupus herbal ini sangat kaya akan beta karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor.

Hal ini menjadikan ubi jalar sebagai penguat imun yang hebat. Ketela ramabat juga bermanfaat untuk Peradangan, karena obat lupus herbal ini mengandung antiperadangan, didukung dengan adanya betakaroten, vitamin C dan magnesium, maka ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan baik internal maupun eksternal.

  1. Daun belimbing waluh

Obat lupus alami ini terkadang dianggap sebagai tanaman pekarang saja, padahal tanaman teropis ini memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Bagiyan yang bisa digunakan, yaitu buwah, batang, daun, dan bunganya.

Keempat bagian tersebut banyak mengandung senyawa yang berkhasiat, di antaranya saponin, tannin, glukosida, hingga kalsium. Konon, rasanya yang masam mengandung vitamin C yang tinggi.

  1. Sayuran mentah

Akan mempromosikan sebuah badan alkali, mengurangi peradangan, dan meningkatkan pencernaan. Kemudian bahan-bahan dapur seperti Bawang putih, bawang, asparagus – Sertakan makanan ini sulfur tinggi untuk membantu memperbaiki kerusakan pada sendi.

  1. Teh Hijau

Tumbuhan yang dapat mengatasi lupus karena mengandung polyphenol yang dapat menghilangkan bercak merah pada penderita lupus

  1. Suplemen Hijau

Pastikan itu termasuk chlorella atau spirulina. Ini bekerja sebagai alkali pada tubuh dan memberikan nutrisi penyembuhan.

  1. Daun Cocor Bebek

Selain untuk tanaman hiasa, daun ini juga dapat di manfaastkan sebagai obat penderita penyakit kulit lupus.

Leave a comment