Apa Itu Penyakit Legionnaires Dan Cara Pengobatannya Bagaimana?

Penyakit Legionnaires adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Legionella. Legionella adalah sejenis bakteri yang ditemukan secara alami di lingkungan air tawar, seperti danau dan sungai.

Keberadaan Legionella bisa menjadi masalah ketika populasinya berkembang pesat dan menyebar ke dalam sistem air buatan manusia, seperti shower dan keran air, torrent air, pipa ledeng, hingga genangan air di bak mandi yang tidak terkuras bersih.

Seseorang bisa terkena penyakit Legionnaires ketika mereka menghirup tetesan air kecil di udara yang mengandung bakteri. Hal ini bisa terjadi ketika air turun ke “pipa” yang salah malah masuk ke dalam trakea (tenggorokan) dan paru-paru, bukannya ke saluran pencernaan.

Penyakit Legionnaires mungkin sulit untuk didiagnosis pada awalnya, karena tanda dan gejalanya mungkin sangat mirip dengan pneumonia pada umumnya. Gejala penyakit Legionnaires umumnya meliputi demam tinggi (lebih dari 40ºC, panas dingin, batuk, sakit otot, sakit kepala.

Tanda dan gejala biasanya muncul antara 2 dan 10 hari setelah infeksi awal. Bila gejala yang muncul lebih parah, demamnya akan lebih tinggi dan nyeri ototnya juga lebih parah.

Sebagian besar orang sehat yang terpapar Legionella tidak merasa sakit. Tapi, orang-orang lansia, pasien PPOK, yang sedang menjalani kemoterapi, atau yang memiliki penyakit tertentu seperti diabetes, gagal ginjal, atau gagal hati lebih rentan terkena penyakit Legionnaires.

Penyebab Penyakit Legionnaires

Legionella pneumophila biasanya ditemukan di dalam sumber air, sedangkan kuman lain serumpun yaitu Legionella longbeachae umumnya ditemukan di dalam tanah dan ramuan tanah pot.

Penyakit Legionnaires biasanya menyebabkan demam, gerah dan batuk yang bisa kering atau berdahak. Ada penderita yang mendapat nyeri otot, sakit kepala, capai, kurang nafsu makan dan menceret. Orang bisa menjadi amat sakit karena radang paru-paru. Dan kebanyakan bisa sembuh tapi ada kalanya merenggut nyawa.

Penyakit Legionnaires bisa didapatkan setelah orang menghirup kabut larutan yang berasal dari sumber air dan dicemari Legionella pneumophila umpamanya menara pendinginan AC, spa air pusar, air pancur atau kadang-kadang dari tanah, bahkan ramuan tanah pot yang dicemari kuman Legionella longbaechae. Orang bisa terkena di rumah, tempat kerja maupun tempat umum.

Faktor resiko penyakit Legionnaires dapat menyerang pada orang yang merokok sigaret dan pencandu alkohol atau alcoholic. Selain itu juga dapat menyerang pada orang yang memiliki penyakit tertentu seperti gagal ginjal, kanker, diabetes, atau penyakit obstruktif yang menahun.

Penyakit ini juga dapat menyerang pada penderita yang memiliki sistem kekebalan akibat kemoterapi, kortikosteroid, atau penyakit kanker dan leukimia.

Pengobatan Penyakit Legionnaires

Karena penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit pada sistem pernafasan yang terjadi akibat dari adanya infeksi bakteri/virus jahat sehingga dalam pengobatannya sendiri cenderung lebih banyak diobati dengan mengonsumsi antibiotik. Walaupun demikian tentunya tidak semua orang akan dengan cepat cocok mengonsumsinya sehingga perlu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Cara Menghindari Legionella Bagi Bisnis

  1. Lakukanlah pengujian air sebagai bagian dari pemeriksaan dan pengendalian risiko

Mengetahui apakah legionella ada dalam sistem air Anda atau tidak dapat menjadi penanda tingkat keberhasilan usaha Anda.

Pengambilan sampel air harus dilakukan oleh laboratorium yang terakreditasi atau oleh pihak yang berwenang. Gunakanlah jasa pengujian yang disarankan oleh pemerintah untuk memastikan hasil yang akurat.

Frekuensi pengambilan sampel air sangat bergantung pada jenis sistem air Anda. Untuk sistem air terbuka, Anda disarankan untuk melakukan pengujian paling tidak sekali setiap 4 bulan, atau saat diperlukan.

Untuk sistem air tertutup, pengambilan sampel air secara rutin tidak diperlukan. Tetapi, beberapa kondisi mungkin membuat Anda wajib melakukan pengujian.

  1. Pastikan semua saluran air Anda terawat dengan baik

Pengelola gedung dan pemilik usaha harus mematuhi kewajiban mereka secara hukum untuk menjamin semua saluran air dalam wilayahnya terawat dan dapat beroperasi dengan baik. Bergantung pada kota tempat tinggal Anda, ada beberapa peraturan dan persyaratan khusus yang harus Anda penuhi untuk dapat mengoperasikan bisnis Anda secara legal.

Meminta bantuan perusahaan air mungkin diperlukan jika Anda tidak memiliki keahlian, pengetahuan, atau kompetensi untuk melaksanakan kewajiban kesehatan dan keamanan legal Anda.

Leave a comment