Penyakit Insomnia Remaja

Insomnia adalah penyakit gangguan tidur yang menimpa jutaan orang di dunia. Seorang dengan penyakit insomnia akan mengalami tidur yang tidak nyenyak atau kesulitan untuk tidur dengan baik. Insomnia sering menyebabkan kantuk di siang hari, lesu dan perasaan yang tidak sehat secara mental maupun fisik.

Umumnya seorang wanita akan lebih sulit untuk mendapat tidur yang baik seperti pekerjaan dengan metode shift, karena rutinitas tidur yang tidak konsisten sehingga mengganggu akan pola tidur.

Insomnia dapat menyerang siapa saja tanpa pada usia, kaya atau miskin. Banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia, ada sekitar kurang lebih 25 % yang mengalami insomnia atau susah tidur termasuk para manula atau lanjut usia.

Penyebab Insomnia Pada Remaja

Insomnia pada remaja disebabkan oleh banyak hal yaitu:

  1. Masalah Psikologis

Masalah psikologis menjadi peran besar terjadinya seseorang terkena insomnia. Masalah psikologis berupa kecemasan tanpa sebab atau dengan sebab, sedih, trauma dan berupa gangguan bipolar.

  1. Masalah medis

Beberapa penyakit yang diderita juga bisa menjadi penyebab seseorang menderita insomnia. Rasa nyeri yang dirasakan saat mengalami beberapa penyakit yang menjadikannya sulit untuk tidur.

  1. Obat obatan

Jika anda sedang mengalami gangguan kesehatan lalu meminum obat dari resep dokter maka bisa jadi obat tersebut yang menyebabkan insomnia untuk anda. Beberapa obat medis memang ada yang memiliki efek seseorang untuk sulit tidur seperti obat kortikosteroid, obat tekanan darah tinggi, antidrepesan, obat yang mengandung kafein, obat deuritik dan beberapa obat hormon.

  1. Makanan atau minum yang berlebihan

Makan makanan yang mengandung banyak lemak membuat anda akan mengalami sulit tidur. Selain itu proses pencernaan makanan akan berlangsung selama anda ingin tidur sehingga itu mengganggu tidur anda.

  1. Faktor lingkungan

Pola tidur yang terganggu karena pekerjaan, lingkungan sekitar yang tidak mendukung. misalnya karena tugas kuliah yang menumpuk dan susah dikerjakan.

  1. Handphone

Hanphone menjadi penyebab utama dari susah tidur kaum remaja saat ini karena di era globalisasi seiring berkembangnya teknologi para remaja banyak menghabiskan waktu malam hari dengan sebuah handphone.

  1. Internetan atau online

penyebab utama susah tidur di malam hari pada saat mau tidur remaja sering online di media sosial baik google,twitter, facebook dan yang lainnya. Ditambah saat online tersedia cemilan dan secangkir kopi.

Cara Mengatasi Insomnia dengan Terapi Meditasi

Terapi meditasi ini merupakan cara sederhana namun juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas tidur itu sendiri. Cara ini meliputi banyak hal seperti mendengarkan musik lembut, mematikan lampu, membuat nyaman kamar dan merelaksasi otot anda.

  1. Mengatasi Insomnia pada remaja dengan Mengatur Pola Makan sebelum Tidur

Cara mengatasi masalah tidur pada remaja yang terakhir adalah dengan cara menghindari makan terlalu kenyang sebelum tidur, makan buah-buahan yang mengandung vitamin B,B6,B12,E dan mineral seperti magnesium dan kalium yang akan memberikan ketenangan ke saraf anda.

  1. Menghindari Insomnia pada remaja dengan Terapi Kebiasaan

Terapi kebiasaan, tindakannya seperti apa? Tindakan ini harus dilakukan oleh anda sebelum tidur misalkan anda suka baca novel maka bacalah novel atau anda suka ngemil maka ngemil dulu sebelum tidur ini bertujuan untuk memberi stimulasi ke otak bahwa tindakan yang anda lakukan untuk tidur.

  1. Terapi Tindakan untuk Menghilangkan Insomnia

Terapi tindakan ini harus anda lakukan secara rutin. Namun tenang saja ini tidak merepotkan anda. Terapi ini misalkan mengurangi kegiatan sebelum tidur dan mengkhususkan waktu tidur hanya untuk tidur.

Leave a comment