Penyakit Insomnia Pada Remaja

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis.

Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Penyebab Penyakit Insomnia Pada Remaja

Berikut beberapa peneyebab teerjadinya insomnia pada remaja:

  1. faktor Psikologi

Faktor psikologi banyak menyebabkan terjadinya insomnia pada seseorang contohnya stres berlebihan, paranoid, kecemasan, gangguan mental.

  1. Faktor lingkungan

Pola tidur yang terganggu karena pekerjaan, lingkungan sekitar yang tidak mendukung. misalnya karena tugas kuliah yang menumpuk dan susah dikerjakan.

  1. Handphone

Hanphone menjadi penyebab utama dari susah tidur kaum remaja saat ini karena di era globalisasi seiring berkembangnya teknologi para remaja banyak menghabiskan waktu malam hari dengan sebuah handphone.

  1. Internetan Atau Online

penyebab utama susah tidur di malam hari pada saat mau tidur remaja sering online di media sosial baik google,twitter, facebook dan yang lainnya. Ditambah saat online tersedia cemilan dan secangkir kopi.

Cara Mengatasi Insomnia Pada Remaja

Cara untuk mengatasi insomnia bisa ada beberapa pilihan mulai dari yang alami hingga yang menggunakan obat obatan. Cara praktis dan cepat memang menggunakan obat obatan akan tetapi efek jangka panjangnya bisa mengakibatkan hal yang buruk untuk kesehatan anda.

Maka dari itu anda bisa menggunakan teknik sederhana yang alami sehingga masalah insomnia anda teratasi tanpa mengakibatkan gangguan kesehatan lainya. Simak Cara Mengatasi insomnia dibawah ini:

  1. Jauhkan jam dari pandangan

Selain menjauhkan gadget anda juga harus menjauhkan jam dari pandangan anda. Melihat jam yang berjalan dari detik ke detik menit ke menit saat ingin tidur akan membuat anda tidak berkonsentrasi dan memikirkan waktu tersebut.

  1. Buat kondisi kamar senyaman mungkin

Kamar yang nyaman dapat mengakibatkan seseorang lebih nyaman untuk tidur. Untuk membuat kamar nyaman anda bisa merapikan tempat tidur anda, memberikan parfum dan menata ruangan serapi mungkin.

  1. Jauhkan gadget dari jangkauan anda.

Jika anda terus bermain gadget sebelum tidur maka rasa kantuk anda akan hilang. Apalagi anda sedang membuka social media atau chatting dengan orang yang kamu sayang.

Selain itu meletakkan gadget seperti hanphone di dekat anda dapat membuat anda terpapar sinar radiasi sehingga akan membuat anda sudah untuk tidur. Menjauhkan gadget atau menonaktifkanya adalah solusi terbaik untuk mengatasi insomnia.

  1. Posisikan tubuh senyaman mungkin

Posisi tidur yang tidak nyaman akan mengakibatkan seseorang terbangun di malam hari atau jutsru malah kesulitan untuk tidur sama sekali. Beberapa bagian tubuh yang harus diposisikan senyaman mungkin adalah leher kepala dan juga tangan anda.

Jika leher tidak nyaman justru malah bisa membuat leher anda pegal begitu juga jika tangan anda tertindih oleh bagian tubuh yang lain akan mengakibatkan kesemutan sehingga anda bisa terbangun. Posisi tidur terbaik adalah dengan cara memiringkan tubuh kearah kanan.

  1. Matikan lampu atau redupkan cahaya

Lampu yang menyala terlalu silau akan membuat kita sulit untuk tidur. Selain itu pancaran sinar dari lampu juga bisa menjadi radiasi yang akan berdampak buruk ke tubuh kita. Namun beberapa orang justru dengan kondisi yang gelap tidak bisa tidur sehingga anda bisa menyesuaikan dengan kebiasaan anda.

Leave a comment