Penyakit Hemoroid Dan Pencegahannya Yaitu …

Hemoroid adalah pelebaran vena-vena didalam pleksus hemoroidalis (kumpulan vena di daerah anus). Pembuluh darah yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus.

Jenis Hemoroid

Hemoroid dapat dibagi menjadi 2 yaitu hemoroid interna dan eksterna. Hemoroid interna dibagi menjadi 4 derajat untuk menilai tingkat keparahannya yaitu:

  • Derajat 1, terjadi perdarahan tetapi tidak ada tonjolan rektum.
  • Derajat 2, terjadi tonjolan rektum tetapi bisa masuk kembali dengan sendirinya.
  • Derajat 3, terjadi tonjolan rektum tetapi bisa masuk kembali dengan bantuan tangan.
  • Derajat 4, terjadi tonjolan rektum disertai dengan bekuan darah dan tonjolan ini menutupi muara anus.

Sedangkan untuk hemoroid eksternal, gejalanya tidak separah hemoroid internal terutama masalah nyeri dan perdarahan. Mungkin karena letaknya yang dibawah klep anus sehingga gejala yang timbul tidak mempengaruhi fungsi dari anus.

Penyebab Penyakit Hemoroid

Penyakit wasir ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menimbulkan masalah ketidaknyamanan pada penderitanya. Dan resiko penyakit wasir akan meningkat pada wanita yang sedang hamil dan sedang melahirkan karena tekanan yang muncul. Dan pravalanesi yang mengalami peningkatan diantara usia antara 45-65 tahun. Dan hampir semua orang pernah mengalami wasir.

Pemeriksaan yang dilakukan pada penyakit wasir ambeien adalah alitis tinja. Jumlah dari perjalanan makanan yang masuk menuju saluran sistem pencernaan memerlukan waktu normal sekitar 3 hari.

Pemeriksaan kasar yang dilakukan adalah pemeriksaan tinja dengan langsung yang meliputi jumlah warna, bau, rekais, konsistensi, parasit yang ada di dalamnya, dan juga efek obat antibiotik yang dikonsumsi yang diminum pada bentuk tinja.

Penyakit wasir bisa timbul akibat beberapa sebab. Misalnya adalah karena feses yang keras dan juga akibat mengedan saat buang air besar.

Proses mengedan ini bisa disebaban karena makanan yang dimakan merupakan jenis makanan yang tidak bisa dicerna dengan baik yang pada akhirnya menyebabkan wasir muncul.

Misalnya adalah mengonsumsi jenis makanan yang pedas dan mengandung alkohol tinggi. Selain itu juga adanya beberapa kebiasaan pada penderita penyakit wasir yang bisa menyebabkan terjadinya wasir ambeien muncuk, yakni adalah jongkok terlalu lama saat sedang buang air besar.

Oleh karena itulah, jika kita mengetahui penyebab apa yang menjadi salah satu faktor pemicu wasir, maka kita bisa melakukan penanganan sejak dini dengan cara memperbaiki pola hidup agar kita bisa menghindari penyakit wasir dan menghindari komplikasi yang terjadi.

Gejala Umum Hemoroid

Penyakit Hemoroid luar dapat mengakibatkan klinis oleh tiga jenis tanda-tanda yang sudah komplikasi seperti:

  • Perdarahan rektum
  • Persepsi benjolan di anus
  • Nyeri dubur
  • Gatal-gatal

Pencegahan Penyakit Hemoroid

Untuk mencegah penyakit hemoroid berikut hal yang dapat anda lakukan:

  • Menjalankan pola hidup sehat.
  • Mengkonsumsi makanan yang kaya serat.
  • Minum air dalam jumlah yang cukup, minimal 1,5 liter per hari.
  • Olahraga secara teratur.
  • Hindari minum-minuman beralkohol, rokok, dan obat-obat narkotika.
  • Hindari berlama-lama nongkrong di toilet saat BAB.
  • Jangan melakukan aktivitas seks yang tidak wajar.
  • Jangan biasakan menahan kencing dan BAB.

Pengobatan hemoroid

Langkah pertama dalam mengobati hemoroid adalah dengan meminimalisasi kemungkinan penyebab dari hemoroid tersebut. Bila disebabkan oleh faktor makanan maka dianjurkan untuk mulai mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti buah buahan, sayur sayuran, padi padian dan sereal. Konsumsi obat pelunak kotoran dan minum yang banyak juga direkomendasikan.

Bila dengan pengaturan diet gagal, maka dilanjutkan dengan menggunakan obat obatan antihemoroid. Ada beberapa sediaan obat diantaranya, salep, krim dan tablet anus. Untuk mendapatkan obat ini lebih baik anda berkonsultasi dengan dokter anda sebab ada beberapa obat yang harus didapatkan dengan resep dokter.

Leave a comment