Penyakit Flu Yang Tidak Sembuh Sembuh Apa Namanya?

Penyakit influenza memang memiliki tingkatan tersendiri, mulai dari tingkatan yang ringan higga tingkatan yang akut atau sulit sekali untuk disembuhkan. Untuk itulah, penting sekali menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kebersihan, sebab jika tidak maka kerugian akan dapat anda rasakan sendiri.

Meski sebagian besar orang menganggap penyakit ini sebaga gangguan penyakit yang ringan, akan tetapi dalam kondisi tertentu penyakit ini akan jauh lebih berbahaya karena akan dapat menimbulkan penyakit pernapasan lainnya seperti halnya radang paru-paru, bronkitis atau bahkan komplikasi lainnya.

Influenza (flu) adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan demam, hidung meler, sakit kepala, batuk, tidak enak badan (malaise) dan peradangan pada selaput lendir hidung dan saluran pernafasan. Influenza dapat menyebar melalui pernapasan ketika individu bersin atau batuk.

Virus influenza ini juga dapat tersimpan pada permukaan seperti pegangan pintu atau mainan anak. Ketika seseorang menyentuh permukaan atau menghirup pernapasan dari orang yang terinfeksi, virus ini akan ditularkan dan inkumbasi selama satu sampai dua hari.

Gejala Penyakit Influenza

Gejala influenza dapat dimulai dengan cepat, satu sampai dua hari setelah infeksi. Biasanya gejala pertama adalah menggigil atau perasaan dingin, namun demam juga sering terjadi pada awal infeksi, dengan temperatur tubuh berkisar 38-39 °C (kurang lebih 100-103 °F).

Banyak orang merasa begitu sakit sehingga mereka tidak dapat bangun dari tempati tidur selama beberapa hari, dengan rasa sakit dan nyeri sekujur tubuh, yang terasa lebih berat pada daerah punggung dan kaki.Gejala influenza dapat meliputi:

– Batuk.

– Kelelahan.

– Nyeri kepala.

– Ruam petechiae.

– Hidung tersumbat.

– Iritasi mata, mata berair.

– Nyeri tubuh, terutama sendi dan tenggorok.

– Demam dan perasaan dingin yang ekstrem (menggigil, gemetar).

– Mata merah, kulit merah (terutama wajah), serta kemerahan pada mulut, tenggorok, dan hidung.

– Pada anak, gejala gastrointestinal seperti diare dan nyeri abdomen, (dapat menjadi parah pada anak dengan influenza B).

Penyakit Flu Yang Tidak Sembuh Sembuh

Apabula anda merasa flu anda tidak kunjung sembuh, berikut hal yang dapat anda lakukan:

  1. Cobalah kompres hangat

Letakkan kain hangat pada dahi dan hidung, karena kain hangat merupakan alat yang ampuh untuk meredakan sakit kepala atau sinus.

  1. Lemon dan Madu

Kombinasi Lemon hangat dan Madu merupakan salah satu pengobatan ala rumahan yang mujarab. Kandungan vitamin dari lemon dan madu serta kehangatannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita, sekaligus memberi kelegaan pada daerah tenggorokan dan sinus kita.

  1. Melembabkan

Menghirup udara lembab membantu meringankan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Salah satu strategi yang efektif adalah dengan menikmati mandi uap beberapa kali sehari, atau sekedar menyalakan shower dan duduk di kamar mandi selama beberapa menit hanya untuk menghirup uap.

  1. Terapi

Untuk terapi hidung tersumbat, bawalah panci dengan air mendidih, gantungkan handuk di atas kepala Anda, tutup mata Anda, sambil duduk di bawah tenda. Kemudian bernapaslah dalam-dalam melalui hidung Anda selama 30 detik.

Menambahkan satu atau dua tetes minyak peppermint atau eucalyptus ke air untuk ekstra dahak juga dapat Anda coba. Ulangi sesering yang diperlukan untuk mengurangi penyumbatan.

  1. Sambilito

Tanaman ini digunakan untuk menyembuhkan flu dan semua penyakit gangguan pernafasan. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa sambiloto bisa menyembuhkan sakit batuk, flu, sakit tenggorokan dan demam. Untuk mendapatkan khasiat yang besar maka Anda bisa mencoba untuk minum teh dari tanaman sambiloto.

Leave a comment