Apakah Ada Penyakit Flu Yang Tak Kunjung Sembuh?

Influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

Masa inkubasi virus flu termasuk singkat. Anda akan mengalami gejala hanya dalam waktu satu hingga tigahari setelah pertama kali terinfeksi. Masa di mana flu paling menular adalah di hari ketika gejala mulai muncul hingga tiga atau tujuh hari berikutnya.

Banyak yang mengira flu serupadengan pilek karena kemiripan gejalanya, namunanggapan ini tidak tepat. Jenis virus yang menyebabkan flu berbeda dengan pilek biasa. Selain itu, flu cenderung memiliki masa inkubasi yang lebih singkat dengan gejala yang lebih parah sehingga dapat menghambat rutinitas penderita.

Sedangkan pilek umumnya muncul secara bertahap dengan gejala yang lebih ringan sehingga tidak terlalu berdampak kepada rutinitas penderita.

Jenis Penyakit Influenza

Jenis penyakit influenza yaitu:

  1. Virus influenza jenis A

Virus ini dapat menginfeksi pada hewan dan manusia. Pada manusia virus ini memiliki sifat patogen atau merugikan karena dapat menyebabkan kematian.

  1. Virus influenza jenis B

Virus jenis ini lebih sering menginfeksi manusia. Meskipun lebih dominan menyerang pada manusia, hewan seperti musang dan anjing laut dapat juga terjangkit virus ini.

  1. Virus influenza jenis C

Virus jenis ini dapat menginfeksi pada manusia juga pada hewan seperti anjing dan babi. Virus ini juga terkadang menyebabkan penyakit yang lebih berat dan membuat epidemik pada suatu wilayah. Virus ini juga sangat jarang ditemui jika dibandingkan dengan virus lainnya.

Gejala Penyakit Influenza

Gejala influenza dapat terlihat satu sampai dua hari setelah infeksi. Biasanya gejala pertama adalah menggigil atau perasaan dingin, namun demam juga sering terjadi pada awal infeksi, dengan temperatur tubuh berkisar 38-39 °C (kurang lebih 100-103 °F).

Banyak orang merasa begitu sakit sehingga mereka tidak dapat bangun dari tempati tidur selama beberapa hari, dengan rasa sakit dan nyeri sekujur tubuh, yang terasa lebih berat pada daerah punggung dan kaki. Gejala influenza dapat meliputi:

– Demam dan perasaan dingin yang ekstrem (menggigil, gemetar)

– Batuk

– Hidung tersumbat

– Nyeri tubuh, terutama sendi dan tenggorok

– Kelelahan

– Nyeri kepala

– Iritasi mata, mata berair

– Mata merah, kulit merah (terutama wajah), serta kemerahan pada mulut, tenggorok, dan hidung

– Ruam petechiae

Pada anak, gejala gastrointestinal seperti diare dan nyeri abdomen, (dapat menjadi parah pada anak dengan influenza B).

Cara Mengatasi Flu yang Tidak Kunjung Sembuh

Flu yang tidak kunjung sembuh ini perlu ditindak lanjuti dengan jelas dan tegas. Selain memetriksakan diri ke dokter perihal flu yang tidak kunjung sembuh tersebut, kita juga bisa melakukan cara menghilangkan flu dengan hal- hal tertentu seperti:

– Menghirup uap panas.

– Menggunakan balsem atau obat tetes untuk hidung.

– Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan zinc.

– Berkumur dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam.

– Menggunakan vaporizer di dalam kamar.

– Minum obat flu yang sudah terdaftat.

– Menggunakan masker apabila bepergian ke luar rumah.

– Rajin menjaga kebersihan kamar.

Herbal Untuk Influenza

Berikut herbal yang dapat anda gunakan untuk menyembuhkan influenza:

  1. Elderberry

Elderberry adalah salah satu tanaman belukar yang berasal dari Amerika Serikat. Sudah sejak lama buah elderberry digunakan untuk menyembuhkan flu dan penyakit infeksi lain.

Kandungan yang ditemukan dalam buah elderberry adalah seperti senyawa asam viburanik yang bisa mendorong tubuh untuk mengeluarkan keringat sehingga mengurangi demam dan mengeluarkan sumber infeksi. Buah ini aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang tua.

  1. Jahe

Jahe menjadi salah satu obat yang paling sering digunakan untuk mengatasi influenza. Jahe bisa mengobati flu karena mengandung senyawa seperti fitokimia dan gingerol yang bisa menjadi bahan anti peradangan.

Bahkan konsumsi minuman jahe saat flu akan membantu mengurangi sakit kepala dan demam. Jahe juga membantu tubuh untuk mengeluarkan keringat lebih banyak sehingga sumber infeksi bisa keluar dari dalam tubuh. Cara tepat untuk membuat minuman jahe adalah dengan merebus jahe segar dan campuran perasan lemon.

Leave a comment