Obat Penyakit Diare Pada Lansia!

Pengertian atau Definisi Diare adalah buang air besar dengan tinja encer atau berair dengan frekuensi lebih sering dari biasanya (normalnya). Sehingga orang yang mengalami diare akan lebih sering ke toilet untuk buang air besar dengan volume feses yang lebih banyak dari biasanya. Diare dikenal juga dengan istilah mencet.

Penyakit Diare biasanya berlangsung beberapa hari dan sering sembuh atau hilang tanpa pengobatan. Akan tetapi adapula penyakit diare yang berlangsung selama berminggu-minggu atau lebih. Penyakit diare pada orang dewasa akan membuat penderitanya mengalami beberapa gejala, dan tentunya akan membuat orang merasa kesakitan pada bagian perutnya.

Menurut penyebabnya diare di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu diare spesifik dan diare non spesifik. Diare spesifik adalah Diare disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau parasit. Sedangkan Diare non spesifik dapat disebabkan oleh malabsorbsi makan, keracunan makanan. Diare spesifik cenderung disebabkan oleh virus dan bakteri, virus penyebab diare umumnya adalah rotavirus.

Banyak mikroba mampu menyebar dengan menggunakan lebih dari satu cara, sehingga kita tidak dapat selalu tahu apakah penyakit yang kita derita adalah penyakit yang disebabkan oleh makanan.

Pembedaan khas menjadi penting guna menemukan rekomendasi tepat guna untuk menghentikan penyebaran suatu penyakit, sarana kesehatan masyarakat perlu mengetahui cara penyakit itu menyebar.

Sebagai contohnya adalah Escherichia Coli, bakteri ini dapat menyebar melalui makanan, minuman maupun air di kolam renang yang terkontaminasi. Bakteri ini juga dapat menyebar antar anak-anak di penitipan anak jika higienis pribadi tidak dijaga dengan baik.

Tolok ukur penghentian penyebaran penyakit tersebut bergantung banyak dari penyebab yang disebutkan tadi, jadi penyebaran bakteri dapat dihentikan mulai dari membuang makanan dan minuman yang terkontaminasi, memberikan tambahan zat khlor pada air kolam renang maupun hingga menutup tempat penitipan anak yang tercemar.

Beberapa obat diare pada orang dewasa yang alami, antara lain:

  1. Bunga Knop

Tahukah anda? Bahwa bunga knop memiliki kandungan yang bisa menyembuhkan penyakit diare pada orang dewasa. Bunga knop sangat efektif untuk menyembuhkan diare.

Caranya cukup mudah dan praktis pertama-tama anda bisa siapkan bunga knop kemudian anda cuci bersih bahan alami tersebut lalu anda anda rebus dengan 1 sloki arak kuning, bairkan sampai mendidih kemudian anda angkat dan minum ramuan tersebut saat masih hangat, minum obat tersebut sampai diare anda bisa benar-benar sembuh.

  1. Rimpang Kunci Pepet

Bahan alami yang lainnya adalah rimpang kunci pepet, bahan tersebut bisa anda gunakan untuk mengobti penyakit diare pada orang dewasa yang tepat dan alami.

Caranya anda siapkan rimpang kunci pepet kemudian anda cuci bahan tersebut sampai bersih, setelah itu anda potong-potong rimpang kunci pepet dan anda rebus sampai mendidih. Angkat lalu anda saring airnya, kemudian anda bisa minum ramuan tersebut agar penyakit diare and bisa segera sembuh.

  1. Tanaman Jengger Ayam

Tanaman jengger ayam bisa anda jadikan obat untuk menyembuhkan penyakit diare yang alami dan aman untuk dikomsumsi.

Jika anda mengalami penykit diare anda bisa siapkan tanaman jengger ayam secukupnya kemudian anda cuci tanaman tersebut sampai bersih, rebus tanaman jengger ayam dengan menggunakan 4 gelas air dan diamkan sampai airnya tersisa menjadi 2 gelas.

Angkat dan saring airnya kemudian anda dinginkan setelah dingin anda minum ramuan tersebut secara rutin dan teratur sampai sakit diare anda bisa sembuh.

  1. Daun Ki Tajam

Daun ki tajam bisa anda jadikan obat diare, tetapi jangan digunakan untuk wanita yang sedang hamil ya.

Cara membuat obat diare dengan ki tajam sangatlah mudah anda bisa sipkan daun ki tajam secukupnya kemudian anda cuci bersih bahan tersebut. Rebus daun ki tajam yang sudah bersih dengan lima gelas air dan biarkan sampai airnya menjadi 3 gelas, angkat dan saring airnya lalu anda dinginkan.

Setelah itu airnya bisa anda minum secara teratur 3 kali sehari untuk mengobati penyakit diare pada orang dewasa.

Leave a comment