Apa Itu Penyakit Darah Rendah Dan Cara Mengatasinya Bagaimana?

Hipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal dan biasa disebut dengan tekanan darah rendah. Saat darah mengalir melalui arteri, darah memberikan tekanan pada dinding arteri, tekanan itulah yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah atau disebut dengan tekanan darah.

Terhambat atau terbatasnya jumlah darah yang mengalir ke otak dan organ vital lainnya seperti ginjal dapat terjadi jika tekanan darah terlalu rendah, sehingga dapat menyebabkan kepala terasa ringan dan pusing. Tubuh juga akan terasa tidak stabil atau goyah, bahkan kehilangan kesadaran.

Ada dua ukuran yang digunakan dalam tekanan darah, yaitu tekanan sistolik (bilangan atas) dan tekanan diastolik (bilangan bawah). Tekanan darah yang normal adalah antara 90/60 dan 140/90. Penderita hipotensi memiliki tekanan darah di bawah 90/60 dan disertai dengan gejala hipotensi. Sedangkan jika tekanan darah di atas 140/90, maka orang tersebut menderita tekanan darah tinggi/hipertensi.

Penyakit Darah Rendah Dan Cara Mengatasinya

Beberapa cara berikut ini dapat anda lakukan untuk mengatsi penyakit darah rendah, yaitu:

  1. Minum kopi

Bedarasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa asosiasi dokter internasional, salah satunya PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia), kopi adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu anda mengatasi darah rendah. Konsumsilah satu hingga dua gelas kopi per hari untuk membantu anda mengatasi rasa lemah dan berkunang-kunang karena tensi darah yang sangat minim.

Selain itu, kafein yang ada pada kopi juga bisa membuat anda lebih segar. Walaupun hanya bersifat temporer, kafein sangat berguna untuk membangkitkan energi anda yang sebenarnya ada, namun belum bangkit karena terhalang-halangi oleh rasa lemah yang diakibatkan oleh darah rendah.

  1. Konsumsi banyak lemak nabati

Lemak nabati adalah salah satu sumber utama yang bisa membantu anda mengatasi darah tinggi. Mengonsumsi lemak nabati lebih direkomendasikan daripada lemak hewani karena lebih mudah dicerna dan risiko untuk mengakibatkan kolesterol juga lebih kecil. Sangat disarankan untuk mengonsumsi lemak nabati dari kacang-kacangan dan gandum.

Sangat disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam adalah salah satu zat alami yang bisa menambah laju produksi sel darah merah dan sangat membantu untuk menaikkan tekanan darah.

  1. Kurangi gula dan alkohol

Mengonsumsi terlalu banyak gula dan alkohol bisa secara drastis meningkatkan tekanan darah anda. Bagi yang memiliki darah rendah, peningkatan tensi yang terlalu mendadak bisa mengakibatkan efek samping yang cukup berbahaya, seperti pusing akut, berkunang-kunang, bahkan pingsan. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan gula dalam waktu singkat.

Selain itu, gula dan alkohol juga memiliki banyak efek negatif bagi tubuh anda. Gula bisa menyebabkan diabetes yang bisa berakibat berbagai komplikasi. Alkohol juga memiliki dampak negatif bagi sistem syaraf apabila dikonsumsi terlalu banyak secara terus menerus.

  1. Bangunlah dari tidur atau duduk secara perlahan

Hal ini harus diingat, terutama bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah akut. Selalu bangun atau berdiri secara perlahan-lahan. Jika anda bangun dengan terlalu mendadak, efek samping yang dirasakan antara lain adalah pusing, berkunang-kungan, atau bahkan terjatuh. Jika kebetulan anda merasakan hal ini, langsung bersandarlah di kursi atau tembok terdekat untuk membantu menormalkan aliran darah.

Saat bangun tidur, ketika anda pertama kali membuka mata, jangan langsung duduk atau berdiri. Berdiam dirilah selama sesaat. Ambil nafas dalam-dalam, hembuskan, dan ulangi proses ini selama kurang lebih satu menit. Setelah anda sepenuhnya memperoleh kesadaran, barulah anda mencoba duduk atau bangun.

  1. Olahraga secara teratur

Siapa pun pasti sadar bahwa olahraga teratur adalah salah satu kunci dalam pola hidup sehat. Ada sangat banyak penyakit yang bisa dihindari dengan melakukan olah raga secara teratur, salah satunya adalah tekanan darah rendah. Berolahraga bisa membantu memperlancar aliran darah anda, dan aliran darah yang teratur sangat diperlukan untuk mengatasi darah rendah.

Walaupun terdengar mudah, melakukan olahraga secara teratur terasa sulit bagi sebagian besar masyarakat modern. Ini karena terbatasnya waktu yang dimiliki oleh kebanyakan masyarakat modern, di mana jam kerja yang padat membuat kita tak sempat berolahraga. Namun setidaknya, temukanlah waktu luang di akhir pekan atau saat liburan.

  1. Banyak minum air putih

Selain murah dan mudah didapatkan, air putih dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit, termasuk darah rendah. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air putih setiap harinya, setidaknya sebanyak 8 gelas perhari. Jangan khawatir, tak ada efek negatif karena terlalu banyak minum air putih.

Salah satu fungsi dari air putih adalah untuk detoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh anda. Air putih juga membantu memperlancar peredaran darah, sehingga tensi anda secara perlahan-lahan akan lebih mudah meningkat.

Leave a comment