Penyakit Bronchitis Pneumonia Adalah …

Bronkhitis adalah suatu penyakit yang ditandai dengan inflamasi pada pembuluuh bronkus, trakea dan bronchial. Inflamasi yang menyebakan bengkak pada permukaan, mempersempit ruang pembuluh dan menimbulkan sekresi dari cairan inflamasi.

Bronkitis juga ditandai dengan adanya dilatasi (pelebaran) pada bronkus local yang bersifat patologis, dilatasi bronkus yang disebabkan oleh perubahan dalam dinding bronkus yang berupa destruksi elemen elastic dan otot polos bronkus. Pada umumnya bronkus berukuran kecil yang diserang. Hal ini yang dapat menghalangi aliran udara udara ke paru paru dan dapat merusaknya.

Secara klinis para ahli yang mengartikan bronkitis sebagai suatu penyakit atau gangguan respiratorik dengan batuk yang merupakan gejala utama dan dominan, hal ini bakwa bronkitis buka merupakan penyakit berdiri sendiri melainkan dari berbagai penyakit lainnya.

Gejala Penyakit Bronchitis

  • Sesak napas ketika melakukan olah raga atau aktivitas ringan
  • Sering menderita infeksi pernapasan (misalnya flu)
  • Batuk berdahak (dahaknya bisa berwarna kemerahan)
  • Bengek
  • Lelah
  • Pembengkakan pergelangan kaki, kaki dan tungkai kiri dan kanan
  • Wajah, telapak tangan atau selaput lendir yang berwarna kemerahan
  • Pipi tampak kemerahan
  • Sakit kepala
  • gangguan penglihatan.

Bronkitis infeksiosa seringkali dimulai dengan gejala seperti pilek, yaitu hidung meler, lelah, menggigil, sakit punggung, sakit otot, demam ringan dan nyeri tenggorokan.

Batuk biasanya merupakan tanda dimulainya bronkitis. Pada awalnya batuk tidak berdahak, tetapi 1-2 hari kemudian akan mengeluarkan dahak berwarna putih atau kuning. Selanjutnya dahak akan bertambah banyak, berwarna kuning atau hijau.

Pada bronkitis berat, setelah sebagian besar gejala lainnya membaik, kadang terjadi demam tinggi selama 3-5 hari dan batuk bisa menetap selama beberapa minggu.

Sesak napas terjadi jika saluran udara tersumbat. Sering ditemukan bunyi napas mengi, terutama setelah batuk. Bisa terjadi pneumonia.

Penyebab Penyakit Bronchitis

  1. Polusi Udara

Polusi udara yang kotor tidak hanya saja tidak baik untuk dihirup tetapi polusi udara juga merupakan penyebab yang bisa meningkatkan resiko untuk menderita penyakit bronkitis.

  1. Sulfur dioksida dan polutan lainnya

Nah, apabila seseorang yang sudah menderita penyakit bronkitis terkena penyebab yang satu ini maka biasanya kondisi bronkitis mereka akan tambah parah.

  1. Virus

Seperti yang sudah anda ketahui kalau salah satu penyebab terjadinya penyakit bronkitis adalah disebabkan karena virus dan biasanya penyakit yang disebabkan karena virus perlu waktu yang lumayan lama untuk menyembuhkannya.

  1. Merokok

Selain karena virus, penyakit bronkitis juga bisa disebabkan karena merokok, kandungan nikotin yang ada di rokok terdapat efek samping yang bisa meningkatkan resiko seseorang yang pecandu rokok untuk menderita penyakit bronkitis.

Komplikasi Penyakit Bronchitis

Pneumonia adalah komplikasi yang paling umum terjadi sekitar 1 dari 20 kasus. Hal ini terjadi ketika infeksi menyebar lebih jauh ke dalam paru-paru, menyebabkan kantung udara di dalam paru-paru menjadi terisi cairan.

Penderita akan memiliki peningkatan risiko mengembangkan pneumonia pada kondisi di bawah ini:

  • Orang tua
  • orang yang merokok
  • orang dengan kondisi kesehatan lainnya, seperti jantung, penyakit ginjal atau hati.
  • orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Pneumonia ringan biasanya dapat diobati dengan antibiotik di rumah. Kasus yang lebih parah mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit.

Leave a comment