Penyakit Asma Tidak Boleh Makan Apa Saja?

Penyakit asma merupakan penyakit yang mengganggu saluran pernapasan manusia serta paru-paru atau bisa disebut juga dengan sesak napas. Penyakit asma tergolong penyakit kronis apabila secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama sehingga seseorang atau penderita mengalami kesulitan untuk bernapas.

Ketika penderita mengalami serangan asma, hal ini pertanda bahwa telah terjadi pembengkakan pada saluran pernapasan yang menyebabkan dinding pada bagian dalam dari saluran pernapasan membengkak.

Dengan terjadinya pembengkakan tersebut menyebabkan ukuran saluran udara mengecil sehingga si penderita Asma mengalami kesulitan pada saat bernapas. Biasanya ketika seseorang terserang penyakit asma akan muncul gejala-gejala lain yang mengiringi, seperti batuk, mengeluarkan bunyi khas penyakit asma yang mencuit-cuit (wheezing) serta yang pasti adalah penderita mengalami sesak napas.

Tenggorokan itu merupakan bagian dari organ tubuh yang memiliki peran penting untuk tubuh. mengalami iritasi pada tenggorokan akan memicu terjadi sakit atau radang. Dan Ciri Ciri Penyakit Asma akan terjadi seperti ini.

Maka dari itu, kalian harus bisa mengobatinya dengan secepat mungkin. Tenggorokan yang sedang bermasalah pasti ada penyebabnya. Terlalu banyak memakan makanan yang di goreng dan sering meminum air yang bersifat dingin. Semua orang bisa terjadi hal seperti ini, jika tidak bisa menjaga kesehatan dengan baik.

Penyakit Asma Tidak Boleh Makan Apa?

Seseorang yang menderita penyakit asma dilarang untuk mengkonsumsi hal berikut:

  1. Udang beku

Apakah Anda suka membeli udah beku di supermarket? Udang beku mungkin dianggap sebagai makanan yang sangat praktis dan mudah diolah. Namun udang beku bisa menghasilkan sulfit dalam proses pengawetan maupun saat dalam pengemasan.

Udang beku yang sudah mengandung sulfit memiliki beberapa tanda seperti bintik hitam, perubahan warna dan perubahan aroma udang. Udang yang mengandung sulfit bisa menyebabkan alergi yang sangat cepat sehingga penderita asma akan langsung sesak nafas. Jadi jika penderita asma ingin makan udang sebaiknya dipilih jenis udang yang segar atau baru saja diangkat dari laut.

  1. Buah ceri

Buah ceri memang sering disukai karena memiliki penampilan dan warna yang sangat indah. Terkadang karena pesona warna ini maka buah ceri dijadikan hiasan untuk kue dan berbagai jenis masakan. Namun untuk penderita asma sebaiknya memang tidak mengkonsumsi buah ceri karena buah ceri yang sudah diawetkan juga mengandung sulfit.

Termasuk jenis buah ceri yang dikemas dalam botol kaca atau kaleng. Semua jenis buah yang diawetkan bisa menyebabkan sesak nafas dan juga tubuh yang mudah terkena infeksi virus. Jadi ini sangat rentan untuk penderita asma.

  1. Semua jenis acar

Apakah Anda suka makan acar? Acar adalah jenis makanan yang dibuat dari sayuran atau buah tertentu dengan cara fermentasi. Acar dibuat dengan menggunakan beberapa jenis bumbu seperti cuka, garam, dan kecap. Sementara acar kemasan yang dibuat dipabrik mengandung bahan pengawet, pewarna dan juga gula pemanis.

Pada dasarnya acar yang telah melewati proses fermentasi bisa menyebabkan pembentukan zat sulfit. Zat ini bisa memicu serangan asma dengan cepat termasuk sesak nafas setelah makan. Zat sulfit juga bisa menyebabkan reaksi alergi sehingga memicu mual, muntah dan perut yang tidak nyaman. Jadi perhatikan untuk tidak makan acar untuk penderita asma.

  1. Telur

Sebenarnya beberapa penderita asma masih bisa mengkonsumsi telur tanpa pernah mengalami reaksi alergi. Namun beberapa ahli nutrisi dan ahli medis mengatakan jika telur bisa menyebabkan kondisi alergi yang sangat buruk untuk penderita asma. Reaksi cepat mengkonsumsi telur bisa menyebabkan kulit gatal dan panas, kulit keriput, sakit kepala, mual, muntah dan sesak nafas.

Kemudian jika menderita asma maka reaksi alergi ini bisa menyebabkan serangan asma dan terkadang bisa menyebabkan kematian karena reaksi sesak nafas yang diabaikan. Jadi perhatikan untuk memilih makanan yang mengandung telur karena ini juga bisa memicu alergi.

  1. Semua jenis makanan asin

Semua jenis makanan asin bisa menyebabkan serangan asma yang sangat cepat untuk penderita asma. Ketika penderita asma mengkonsumsi makanan yang asin maka bisa membuat saluran udara atas mengalami penyempitan.

Garam bisa menyebabkan lendir dan cairan yang dihasilkan oleh saluran pernafasan menjadi lebih banyak. Kemudian garam juga bisa menyebabkan peradangan yang sangat cepat sehingga seketika penderita asma akan sulit untuk bernafas. Karena itu lebih baik jika penderita asma mengkonsumsi masakan sendiri yang dibuat dengan sedikit garam.

Anjuran Penderita Asma

Bagi anda yang sedang mengidap penyakit asma sebaiknya lakukanlah hal berikut:

  1. Pernapasan diafragma

Selain bernafas dengan perut latihan lain yang bisa anda coba adalah bernafas dengan diafragma. Gunanya adalah untuk memaksimalkan distribusi udara dalam paru. Lakukan latihan ini dengan duduk ataupun berbaring.

Mulailah dengan mengambil nafas pelan dan dalam lewat hidung. Hembuskan juga perlahan lewat mulut. Demikian seterusnya sampai anda lancar melakukannya. Lakukan semua latihan ini dengan berkonsentrasi pada pernafasan anda.

  1. Bernafas dengan perut

Banyak orang salah kaprah, nafas yang baik itu dengan pernafasan dada. Padahal jika anda menggunakan pernafasan perut, kemungkinan anda menghirup lebih banyak udara menjadi lebih besar. Dengan pernafasan ini membuat anda berlatih untuk bernafas lebih dalam. Bagaimana melakukannya. Simpel.

Tarik nafas dalam,saat menarik nafas perut anda mengembung, dan saat mengeluarkannya peut anda mengempis. Lakukan latihan ini rutin setiap hari. Secara bawah sadar pernafasan anda akan bergeser dari pernafasan dada yang dangkal menuju pernafasan perut yang dalam.

Leave a comment