Penyakit Asma Terjadi Karena Apa Dan Apa Penyebabnya?

Penyakit ini mungkin tidak asing lagi di telinga masyarakat, penyakit yang dapat mengganggu pada sistem pernapasan manusia. Banyak sekali faktor yang dapat di derita oleh pasien yang menderita penyakit tersebut, diantaranya sulit untuk bernapas. Hati-hati dengan penyakit ini, karena dapat membahayakan sistem kesehatan tubuh manusia.

Penyakit asma merupakan penyakit yang mengganggu saluran pernapasan manusia serta paru-paru atau bisa disebut juga dengan sesak napas. Penyakit asma tergolong penyakit kronis apabila secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama sehingga seseorang atau penderita mengalami kesulitan untuk bernapas.

Ketika penderita mengalami serangan asma, hal ini pertanda bahwa telah terjadi pembengkakan pada saluran pernapasan yang menyebabkan dinding pada bagian dalam dari saluran pernapasan membengkak.

Penyakit Asma Terjadi Karena Apa?

Penyakit asma ini terjadi karena adanya peradangan di dalam saluran pernafasan dan bronkus. Bronkus ini merupakan organ kecil didalam tubuh yang berbentuk tabung dan fungsinya adalah sebagai tempat gelembung udara masuk dan keluar dari dalam tubuh. organ bronkus yang dimiliki oleh para penderita asma biasanya lebih sensitive serta mudah terjadi peradangan di dalamnya.

Adapun beberapa faktor penyebab penyakit asma yaitu:

  1. Faktor Lingkungan

Lingkungan yang kotor yang dipenuhi dengan debu dan asap merupakan awal dari timbulnya penyakit asma. Debu yang terdapat dirumah maupun ditempat umum lainnya adalah penyebab terjadinya penyakit asma, begitu halnya dengan asap rokok asap kendaraan dan asap-asap lainnya, semua itu merupakan faktor pemicu penyakit asma.

  1. Faktor Makanan

Makanan juga menyebabkan timbulnya penyakit asma. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan penyakit asma dan perlu untuk dihindari diantaranya adalah makanan junk food yang memiliki kadar MSG dan pengawet yang tinggi, minuman es atau dingin, kacang dan coklat yang mengandung allergen.

  1. Bawaan atau Turunan

Penyakit asma merupakan penyakit turunan. Jika riwayat keluarga kita pernah memiliki penyakit asma, maka tidak menutup kemungkinan anda atau anak anda juga akan mengidap penyakit tersebut. Jadi perlu diketahui kalau penyakit asma itu tidak menular melainkan penyakit keturunan.

Mencegah Penyakit Asma

Berikut ini adalah cara pencegahan penyakit asma:

  1. Hindari rokok

Asap rokok merupakan musuh bagi penderita asma, karena bahaya asap rokok yang berasal dari sulutan api dapat menjadi penyebab gangguan asma. Untuk itu hindari kebiasaan merokok maupun menghirup asap rokok dari orang disekitar.

  1. Melakukan olahraga ringan di dalam ruangan

Melakukan kegiatan fisik yang ringan sangatlah penting untuk orang-orang yang menderita gangguan asma. Untuk menghindari resiko gangguan asma, sebaiknya melakukan kegiatan atau olahraga ringan di dalam ruangan yang hangat.

  1. Menghindari stress

Emosi dan rasa khawatir yang intens dapat memperburuk gejala asma. Untuk menghindari stress karena masalah pekerjaan, dapat dilakukan dengan menyalurkan hobi, maupun refresing untuk relaksasi. Hal ini akan menenangkan pikiran seperti sedia kala.

  1. Menghindari udara yang terlalu dingin

Udara yang terlalu dingin diyakini mampu memicu timbulnya gangguan asma misalnya jika sudah terjadi masuk angin. Untuk itu, sebelum terjadi perubahan cuaca dingin persiapkan diri dan lingkungan agar tetap hangat.

  1. Menghindari sumber yang dapat memicu alergi

Pada saat-saat tertentu beberapa jenis tanaman akan mengalami proses penyerbukan. Hal ini yang mana akan terjadi penebaran serbuk sari yang dipercaya sebagai salah satu alergen penyebab asma. Untuk itu, sebaiknya tetap tinggal di dalam rumah selama proses penyerbukan berlangsung

Leave a comment