Penjelasan Penyakit Bronkitis Dan Gejalanya Apa?

Penyakit Bronkitis sebenarnya merupakan penyakit yang disebabkan karena terjadi peradangan pada selaput lendir yang ada di saluran bronkial paru-paru. Peradangan tersebut dapat menebal atau membengkak sehingga mengakibatkan pengidap penyakit ini mengalami batuk yang disertai dengan dahak dan desahan dan bahkan juga dapat mengalami sesak nafas karena nya.

Penyakit Bronkitis sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu penyakit bronkitis akut dan penyakit bronkitis kronis. Penyakit Bronkitis akut biasanya terjadi selama kurang lebih 3 minggu sedangkan penyakit bronitis kronis bisa terjadi selama minimal 3 bulan hingga 1 tahun dan bahkan 2 tahun

Seseorang yang memiliki penyakit asma akan memiliki resiko penyakit bronkitis asma yang lebih besar dibanding orang sehat pada umumnya, Penyakit bronkitis merupakan penyakit jangka panjang yang sangat memerluka tindakan medis.

Penderita Penyakit Bronkitis ini terkadang akan banyak memproduksi lendir di dalam sauran pernafasan nya sehingga akan mengakibatkan sesak nafas, bahkan produksi lendir yang berlebihan tersebut dapat juga mengakibatkan infeksi saluran pernafasan akibat virus maupun bakteri.

Seorang perokok yang mengidap penyakit bronkitis akut akan lebih lama sembuh dibandingkan penderita yang tidak merokok karena rokok dapat merusak sel-sel yang ada pada selaput lendir di saluran pernafasan.

Bahkan seorang perkok yang mengidap penyakit bronkitis akut bisa berubah menjadi penyakit bronkitis kronis apabila tidak segera mungkin berhenti merokok dan dilakukan penanganan medis dengan teratur.

Ketika produksi lendir dalam saluran pernafasan berlebih, ini memungkinkan akan menyumbat paru-paru pengidap penyakit ini.

Paru-paru yang terganggu oleh banyak nya lendir yang ada akan sangat mudah terinfeksi virus maupun bakteri yang bisa saja masuk ke paru-paru dan berakibat terganggunya fungsi paru-paru atau bahkan dapat merusak secara permanen saluran udara pada paru-paru yang dalam istilah medis disebut COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease).

Penyakit Bronkitis pada dasarnya merupakan penyakit yang umum dan banyak dirasakan oleh manusia, pengobatannya pun tergolong mudah dan tanpa dilakukan oleh tim medis professional (Dokter) pun bisa. Kita juga bisa menggunakan obat tradisional untuk mengurangi atau mengobati penyakit bronkitis akut.

Namun jika penyakit bronkitis yang diderita semakin parah dan tidak kunjung membaik atau bahkan mengakibatkan badan meriang, batuk berdarah dan dahak yang sanga mengganggu pernafasan, seharusnya peanganan oleh tim medis professional.

Gejala Penyakit Bronkitis

Gejala bronkitis yang umum terjadi diantaranya:

– Sakit kepala

– Batuk

– Lelah

– Napas sesak

– Demam ringan dan menggigil

– Rasa tidak nyaman pada dada

– Napas pendek, yang memburuk bahkan saat mengerahkan sedikit tenaga

– Adanya lendir, baik yang tidak berwarna, putih atau berwarna kuning kehijauan.

Cara Mengatasi Bronkitis

Cara mengatasi bronkitis dapat dengan hal-hal berikut ini, yaitu:

  1. Vaksin, mencegah penyakit bronkitis yang baik dengan melakukan suntik vaksin. Ada banyak jenis vaksin, dan salah satunya untuk penyakit bronkitis. Suntik vaksin bronkitis sangat di sarankan pada anak anak yang lebih rentan untuk terkena penyakit ini. Suntik vaksin di rumah sakit sehingga saluran bronkus akan aman.
  2. Makan makanan sehat, tidak hanya dengan vaksin, mencegah penyakit bronkitis pun bisa dengan makan makanan sehat.

Mengkonsumsi makanan yang sehat akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan daya tahan tubuh yang kuat bisa mencegah masuknya virus atau pun hal apa pun yang bisa menginfeksi tubuh. Makan banyak sayuran dan juga buah untuk memberikan nutrisi baik pada tubuh.

  1. Tidak merokok, mencegah penyakit bronkitis yang perlu dilakukan ialah dengan tidak merokok. berhenti merokok agar tidak ada bagian paru paru dan saluran pernapasan lainnya rusak.
  2. Melindungi saluran pernapasan, mencegah penyakit bronkitis pun bisa dengan melindungi saluran pernapasan. Penyebab bronkitis dari virus influenza yang sangat mudah masuk ke dalam tubuh. karena itu upaya untuk mencegah masuk ke dalam tubuh bisa dengan menggunakan masker penutup hidung dan mulut terutama saat ditempat umum.

Leave a comment