Pengobatan Penyakit Gejala Tifus

Pengertian penyakit tipes (tifus) mungkin masih sedikit orang yang mengetahuinya. Penyakit tipes (tifus) merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah kita temui dan bisa menyerang siapa saja. Dari anak-anak sampai orang dewasa.

Penyakit tipes (tifus) disebabkan oleh virus dan menyerang bagian pencernaan tubuh kita. Oleh karena itu terkadang orang yang mengalami penyakit maag akut atau tidak mengatur pola makan dengan baik, lebih mudah terkena penyakit tipes (tifus) ini. Mungkin tak perlu panjang lebar lagi, mari langsung saja kita bahas lebih lanjut mengenai semua tentang penyakit tipes (tifus).

Kenali Gejala Sakit Tipes Sebelum Mengobati

Selain perlu mengetahui apa saja obat sakit tipes tradisional yang bisa menjadi pertolongan pertama penderita tipes ketika masih di rumah, sebelumnya Anda juga perlu mengenali apa saja gejala-gejalanya.

Anda juga harus bisa membedakan antara gejala tipes dan demam berdarah, karena gejala dua penyakit ini sering dikait-kaitkan karena mirip. Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah Anda atau orang di sekitar Anda terkena tipes atau tidak, biasanya penderita akan mulai kehilangan napsu makannya sehingga badannya lemas.

Selain itu ciri yang paling khas adalah demam tinggi yang bisanya sampai 39 atau 40 derajat celcius di malam hari. Namun ketika mulai pagi dan siang, demamnya menurun dan akan kembali lagi saat malam hari. Gejala ini bisa berlangsung selama tiga minggu, jadi sebaiknya Anda waspada dengan gejala yang satu ini.

Hilangnya napsu makan juga bisa membuat penderita sakit tipes berat badannya menurun. Bau mulutnya pun tidak sedap, bibir pecah-pecah dan tenggorokan mengalami peradangan. Coba lihat bagian lidahnya, gejala sakit tipes biasanya akan ditunjukkan dengan lidah yang bagian tengahnya berwarna putih, sedangkan bagian tepi tetap berwarna merah.

Obat Sakit Tipes Tradisional yang Bisa Anda gunakan apabila anda merasa terkena gejala tifus:

Apakah Anda tahu apa penyebab penyakit tipes? Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, tipes disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri yang bernama Salmonella Typhi ini bisa masuk ke dalam tubuh lewat mulut dan menuju ke seluran pencernaan.

Bakteri tersebut kemudian berkembang biak dan melakukan aktivitas yang menimbulkan beberapa gejala sakit tipes yang khas, mulai dari demam tinggi hingga diare. Jadi kalau suatu saat Anda atau orang di sekitar Anda terkena tipes, cobalah beberapa obat alami penyakit tipes berikut ini.

  1. Kunyit

Selain bisa dijadikan bumbu dapur, kunyit ternyata bisa juga menjadi obat sakit tipes yang cukup manjur. Bahkan kunyit juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Cara pembuatan ramuan tradisional dari bumbu dapur kunyit ini juga tidak sulit.

Adapun yang sebelumnya harus Anda siapkan adalah dua ruas jari kunyit, 20 lembar daun pegagan dan 11 lembar daun sambiloto.

Pertama cuci kunyitnya sampai bersih, lalu iris tipis-tipis. Begitu pula dengan daun pegagan dan daun sambilotonya, cuci sampai bersih. Rebus semua bahan-bahan tersebut dengan empat gelas air sampai mendidih menjadi tiga gelas air. Minum ramuan ini sebanyak tiga kali sehari sampai sembuh.

  1. Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung serat tinggi dan sangat baik untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan. Selain rasanya yang manis, ternyata buah yang dagingnya berwarna oranye ini juga bisa dijadikan obat sakit tipes. Bahan yang Anda perlukan adalah pepaya muda atau yang masih setengah matang. Parut daging buahnya sampai halus, lalu peras dan ambil airnya.

Konsumsi ramuan tradisional ini setiap hari sampai gejala sakit tipes yang Anda rasakan mulai menghilang. Tapi jangan lupa juga untuk tetap mengontrol kondisi Anda ke dokter untuk mengetahui apakah kondisi Anda sudah membaik atau belum.

  1. Buah Sawo Muda

Obat sakit tipes tradisional yang pertama bisa dibuat menggunakan bahan alami buah sawo muda. Jika biasanya Anda lebih suka menikmati sawo yang matang, buah sawo yang masih muda ternyata bisa digunakan untuk mengobati sakit tipes.

Sebelum mulai membuat obat tradisionalnya, Anda siapkan dulu lima buah sawo muda yang sudah dicuci sampai bersih. Setelah itu Anda parut buah sawonya sampai benar-benar halus. Kemudian peras parutan sawonya dengan campuran air matang.

Bagaimana? Mudah sekali, bukan? Untuk penggunaannya, anak-anak bisa minum satu kali sehari selama dua hari. Sedangkan untuk orang dewasa, takarannya satu kali sehari selama empat hari.

  1. Mentimun Segar

Selama ini mentimun mungkin lebih dikenal sebagai obat tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun siapa sangka, kalau makanan sehat yang biasa dijadikan menu lalapan ini juga bisa menjadi obat sakit tipes. Dengan bahan alami ini Anda bisa membuat ramuan tradisional yang bisa dikonsumsi selama beberapa hari.

Sebelumnya persiapkan dulu dua buah timun segar yang sudah diparut sampai lembut. Kemudian Anda peras parutan timunnya, dan saring airnya. Untuk obat alami penyakit tipes yang satu ini bisa diminum tiga kali dalam sehari oleh orang dewasa dan anak-anak. Minum obat tradisional ini secara rutin sampai demam turun.

Leave a comment