Pengobatan Alternatif Penyakit Lupus Yang Alami!

Penyakit lupus adalah penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia. Pada tubuh manusia, sistem kekebalan tubuh akan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai macam penyakit dengan cara membentuk antibodi. Penderita lupus akan membentuk antibodi secara berlebih namun justru menyerang sel-sel tubuh yang sehat sehingga mengakibatkan autoimunitas.

Autoimunitas ini merupakan kekebalan tubuh secara berlebihan, tubuh menerima rangsangan secara berlebih dari sesuatu yang masuk dan dianggapnya asing kemudian membentuk semacam protein yang justru melawan sel-sel tubuh itu sendiri.

Penyakit ini bertolak belakang dengan penyakit hiv aids, dimana pada hiv aids justru menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang secara signifikan sehingga menyebabkan tubuh rentan terserang berbagai macam penyakit, baik disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun virus.

Ciri-ciri Penderita Penyakit Lupus

  1. Tak tahan matahari

Odapus juga bisa mengalami sensitif terhadap sinar matahari, seperti merasa silau yang berlebihan dan tidak nyaman terkena sinar.

  1. Kelainan neurologik

Terjadi kelainan neurologik atau pada sistem saraf sehingga odapus sering mengalami kejang, jadi pelupa, hingga stroke.

  1. Trombositopenia

Terjadi penurunan trombosit dalam darah.

  1. Keluhan Kulit

Keluhan pada kulit sering terjadi, seperti ruam kemerahan dan muncul bercak merah mirip bentuk kupu-kupu di wajah.

  1. Sakit sendi

Persendian atau tulang di seluruh tubuh terasa nyeri.

  1. Leukopenia

Terjadi juga penurunan sel darah putih.

  1. Anemia hemolitik

Mengalami anemia karena meningkatnya penghancuran sel darah merah. Odapus sering merasa lelah.

  1. Kelainan ginjal

Lupus bisa menyerang organ-organ penting dalam tubuh, termasuk ginjal.

  1. Protein dalam urine

Jika menjalani pemeriksaan lebih lanjut, banyak protein yang keluar melalui urine.

Pengobatan Alternatif Penyakit Lupus

  1. Green Tea

Obat Lupus ini mengandung polyphenol yang akan sangat berguna untuk mengobati ruam-ruam kemerahan yang timbul akibat lupus. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa green tea merupakan salah satu obat lupus herbal yang dapat digunakan sebagai anti inflammatory (penghilang ruam-ruam kemerahan) pada kulit.

Penderita lupus dapat menggunakan green tea sebagai salah satu alternative pengobatan selain obat-obatan medis biasa. Green tea ini bisa dicampur dalam makanan lainnya atau diseduh dan disajikan dalam teh hangat saja.

  1. Kunyit

Kunyit ternyata tidak hanya efektif untuk menyembuhkan penyakit seperti batuk atau panas, tetapi juga sangat bermanfaat untuk lupus. Hasil pnelitian menunjukkanbahwa obat lupus herbal ini memiliki kandungan anti-inflamatory yang dapat menyembuhkan ruam-ruam pada kulit serta anti-cancer.

  1. ketela rambat

Obat Lupus alami ini banyak mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan), dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa). Ketela rambat bermanfaat untuk Kekebalan tubuh karena obat lupus herbal ini sangat kaya akan beta karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor.

Hal ini menjadikan ubi jalar sebagai penguat imun yang hebat. Ketela ramabat juga bermanfaat untuk Peradangan, karena obat lupus herbal ini mengandung antiperadangan, didukung dengan adanya betakaroten, vitamin C dan magnesium, maka ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan baik internal maupun eksternal.

  1. Daun cocor bebek

Obat Lupus alami ini sering diabaikan sebagai tanaman obat, kebanyakan orang lebih memanfaatkan tanaman cocor bebek sebagai tanaman hias, padahal daun cocor bebek bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit.

Khasiat daun cocor bebek pernah diteliti oleh para peneliti dari Universitas Osaka, Jepang dan hasilnya daun obat lupus herbal ini mengandung senyawa yang sangat efektif untuk memusnahkan sel mutan penyebab kanker (Bryopgikkian A).

Selain itu daun cocor bebek juga mengandung Vit. A, tannin, asam lemon dan asam apel. Pada dasarnya seluruh bagian tanaman cocor bebek bisa digunakan sebagai obat, akan tetapi kebanyakan yang sering dipakai adalah daun cocor bebek, bagian dari tanaman cocor bebek yang paling banyak mengandung air dan berlendir.

Daun cocor bebek banyak mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat dan tanin.

  1. Daun songgolangit

Obat Lupus alami ini berkhasiat sebagai analgesik dan juga sebagai obat anti inflamasi. Bagian tanaman ini yang dimanfaatkan sebagai obat adalah daunnya, dengan cara direbus dan air rebusannya itu diminum pada yang sakit.

Rasanya seperti teh tawar, untuk yang kurang suka bisa ditambahkan gula atau madu agar rasanya lebih enak.

  1. Daun belimbing waluh

Obat lupus alami ini terkadang dianggap sebagai tanaman pekarang saja, padahal tanaman teropis ini memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Bagiyan yang bisa digunakan, yaitu buwah, batang, daun, dan bunganya.

Keempat bagian tersebut banyak mengandung senyawa yang berkhasiat, di antaranya saponin, tannin, glukosida, hingga kalsium. Konon, rasanya yang masam mengandung vitamin C yang tinggi.

Leave a comment