Pengertian Penyakit Thypoid Adalah …

Penyakit thypoid banyak diderita oleh masyarakat dari beberapa negara berkembang dan sering menyerang kalangan anak-anak, penyakit typus ini sangat berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dengan baik dan cepat.

Penyebab thypoid disebabkan oleh karena masuknya bakteri Salmonella ke dalam saluran usus melalui konsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dan kemudian berkembang pada saluran pencernaan. Ketika bakteri penyebab thypoid telah berkembang biak, maka seseorang yang mengalaminya akan merasakan gejala typus seperti demam tinggi, sakit perut, diare dan sembelit.

Sanitasi yang buruk adalah penyebab utama dari penularan penyakit thypoid, tinja mengandung bakteri Salmonella typhi adalah sumber utama dari wabah penyakit thypoid, tinja tersebut diproduksi oleh orang yang telah terinfeksi. Di Indonesia sendiri, penyebaran bakteri ini biasanya dapat terjadi melalui sumber air yang telah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri tersebut.

Penularan juga dapat terjadi melalui makanan yang dicuci menggunakan air yang telah terkontaminjasi, kondisi seperti ini disebabkan oleh karena buruknya sanitasi dan juga akses untuk mendapatkan sumber air bersih.

Bakteri ini juga bisa menyebar dengan cepat ketika seseorang yang telah terinfeksi bekteri menyentuh makanan atau mengolah makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, begitu pun dengan orang yang menyantap olahan makanan dari orang yang terinfeksi.

Selain itu, seseorang juga akan terinfeksi ketika memakai toilet yang telah terinfeksi dengan bakteri atau sebelumnya telah dipakai oleh orang yang telah terinfeksi thypoid.

Jika penyakit ini tidak segera di obati, maka bakteri Salmonella typhi akan cepat menyebar ke seluruh tubuh melalui saluran pembuluh darah. Kondisi kesehatan akan semakin memburuk jika bakteri tersebut telah menyebar ke bagian luar dari sistem pencernaan.

Parahnya lagi, bakteri yang telah menyebar ke luar pencernaan bisa menyebabkan kerusakan organ dan juga jaringan serta menyebabkan terjadinya komplikasi yang serius. Kasus yang sering terjadi pada pengidap thypoid yaitu terjadinya pendarahan internal dan usus bocor.

Gejala Penyakit Thypoid

Seseorang yang terserang penyakit thypoid akan mengalami gejala seperti berikut:

– Konstipasi.

– Sakit perut.

– Demam tinggi dari 39°°C sampai 40°C.

– Tubuh menggigil.

– Denyut jantung lemah (bradycardia).

– Badan lemah.

– Sakit kepala.

– Nyeri otot myalgia.

– Kehilangan nafsu makan.

Cara mengobati gejala penyakit thypoid yaitu:

– Periksakan ke dokter sebelum penyakit thypoid ini semakin parah agar bisa dilakukan pencegahan dan pengobatan dan banyak beristirahat.

– Pengobatan alami bisa menggunakan rebusan labu atau ceme tanpa kulit kemudian di blender, lalu minumlah secara rutin setiap hari.

– Pengobatan dengan rebusan cacing tanah yang sudah dibersihkan dan dibuang isinya, jika anda merasa geli atau jijik bisa membeli yang udah dikemas dalam kapsul yang bisa anda dapatkan di apotik atau toko obat cina.

– Obat-obatan yang biasa digunakan untuk penderita thypoid diantaranya antibiotik, analgesic dan jika diperlukan akan menggunakan cairan infus.

– Mengkonsumsi makanan yang lunak dan mudah dicerna seperti bubur dan pantang makanan pedas ataupun asam.

Cara mencegah timbulnya penyakit thypoid seperti berikut ini:

– Perhatikan kondisi makanan yang anda konsumsi.

– Hindarkan makanan dari lalat atau potensi kemasukan kotoran lain.

– Lakukan pola hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi nutrisi.

– Cuci buah yang hendak dimakan.

– Hindari makanan yang telah lama disimpan di mesin pendingin atau pada ruangan yang terbuka.

– Cuci tangan saat hendak makan sehingga tidak ada bakteri yang masuk melalui mulut akibat tangan yang tidak bersih.

– Membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat yang diolah dari bahan-bahan yang sehat. Makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran dan buah harus dikonsumsi setiap hari.

– Perhatikan sumber air minum anda. Cari air minum sehat yang disanitasi dengan baik. Cukupi juga kebutuhan akan cairan di dalam tubuh.

Leave a comment