Pengertian Penyakit Insomnia

Penyakit insomnia sering didefinisikan sebagai gangguan yang dialami oleh seseorang dalam hal kesulitan tidur.

Meski ada yang menyebutkan banwa insomnia bukan termasuk kategori penyakit namun kesulitan tidur merupakan gangguan yang perlu diatasi karena aktifitas tidur merupakan istirahat yang efektif untuk semua orang setelah menjalani berbagai rutinitas kesibukan yang cukup melelahkan.

Tubuh dan organ didalamnya memerlukan rileks dalam fase tidur sehingga akan terbangun dalam keadaan yang lebih fresh untuk menjalani aktifitas berikutnya. Jika seseorang terkena gangguan insomnia maka tubuhnya tidak mendapatkan istirahat yang cukup dan ini akan menyebabkan defresi kejiwaan yang cukup berbahaya.

Penyebab Penyakit Insomnia

Ada beberapa faktor penyebab insomnia yang pada akhirnya berujung kepada kondisi sulit tidur pada jangka waktu yang cukup lama. Mulai dari akibat gaya hidup dan masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga akibat gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan.

Jenis Penyakit Insomnia

Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit insomnia, yaitu:

  1. Insomnia idiopatik

Jenis insomia idiopatik ini bisa di sebabkan oleh ketidakseimbangan siklus tidur.Jenis penyakit ini biasanya merupakan jenis penyakit bawaan yang lumayan susah untuk di hilangkan.

  1. Insomnia kebiasaan

Jenis jenis penyakit insomnia yang perlu di ketahui di antarnya adalah jenis insomnia kebiasaan.Jenis insomnia kebiasaan ini dapat terjadi karena faktor kebiasaan tidur saat masih kecil.Faktor jam tidur saat masih kecil ini akan berpengaruh pada saat dewasa.

  1. Insomnia akut (short-term insomnia)

Insomnia akut ini merupakan saat satu kondisi penyakit insomnia yang dapat terjadi karena beberapa hal tertentu seperti stres.Stres yang satu ini biasanya menjadi dua bagian seperti stres negatif dan juga positif.Ke dua jenis setres tersebut dapat membuat adanya insomnia akut.

4, Insomnia biasa

Insomnia biasa merupakan jenis jenis penyakit insomnia yang perlu di ketahui.Hal ini perlu di ketahui karena beberapa hal yang dapat terjadi.Kondisi ini dapat di lihat dari gejala yang satu ini.Salah satu gejala yang dapat terjadi ketika insomnia biasa terjadi ini seperti terbangun di malam hari dan susuah untuk tidur kembali.Keadaan ini merupakan salah satu keadaan yang dapat mengakibatkan insomnia biasa terjadi.

Makanan Yang Perlu Di Hindari Penderita Penyakit Insomnia

Karena insomnia merupakan suatu penyakit yang bisa terjadi karena ada faktor penyebab nya, oleh sebab itu ada beberapa makanan yang bisa di hindari untuk menyembuhkan penyakit insomnia atau mencegah agar penyakit insomnia tidak kembali terjadi:

  1. Makanan pedas

Pada malam hari maka sebaik nya tidak mengkonsumsi jenis makan makanan pedas. Karena makanan pedas dapat menghilangkan rasa ngantuk dan juga bisa menyebabkan penyakit diare. Jika terlalu banyak makan makanan pedas yang menyebabkan diare pada malam hari dan mengharuskan ke toilet secara terus menerus maka rasa ngantuk anda akan hilang dan akhir nya tidak tidur dan insomnia.

  1. Kopi

Kopi merupakan minuman yang paling pertama untuk dijauhi jika ingin sembuh dari penyakit insomnia. Karena kopi mengandung kafein, dan bisa menyebabkan sulit tidur dan juga menyebabkan buang air kecil terus menerus setelah di minum. Oleh sebab itu minum kopi bisa di lakukan hanya pada siang hari saja.

  1. Coklat hitam

Coklat hitam merupakan jenis coklat yang mengandung kafein. Jika tidak ingin kelebihan berat badan dan tidak ingin memiliki kulit yang rusak akibat kurang tidur oleh sebab itu baik nya tidak berlebihan pada saat mengkonsumsi coklat hitam.

Leave a comment