Operasi Katarak

Katarak merupakan kondisi yang mempengaruhi mata dan banyak dialami oleh orang berusia 50 tahun ke atas. Katarak terjadi karena lensa mata menjadi keruh sehingga menyebabkan menurunnya fungsi penglihatan. Lensa yang berkabut mirip dengan kaca yang kotor sehingga akan mengganggu fungsi normal penglihatan. Untuk menangani masalah ini, operasi atau pembedahan katarak umumnya dianjurkan.

Setiap orang yang menjalani operasi katarak akan diberikan lensa buatan yang disebut dengan lensa intraokuler lensa yang dapat meningkatkan penglihatan Anda dengan cara memfokuskan cahaya pada bagian belakang mata Anda. Lensa tersebut terbuat dari plastik, akrilik, dan silikon.

Anda mungkin tidak akan merasakan lensa tersebut setelah operasi. Selain itu, kelebihan dari lensa ini adalah permanen dan tidak memerlukan perawatan. Beberapa lensa akan menghalangi sinar ultraviolet. Berikut ini adalah beberapa tipe lensa untuk yang tersedia:

– Fixed-focus monofocal

Lensa ini memiliki kekuatan fokus tunggal untuk penglihatan jarak jauh. Ketika Anda akan membaca, Anda akan tetap membutuhkan kacamata khusus untuk membaca.

– Accommodating-focus monofocal

Meskipun kekuatan fokusnya juga tunggal, namun lensa ini dapat merespon pergerakan otot mata, dan berganti-ganti fokus pada objek jauh pun objek dekat.

– Multifocal

Lensa jenis ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan bifocal atau lensa progressif. Titik yang berbeda pada lensa memiliki kekuatan fokus yang berbeda juga, ada yang untuk jarak dekat, jauh, dan sedang.

– Astigmatism correction (toric)

Lensa ini biasanya ditujukan bagi Anda yang memiliki silindris. Menggunakan lensa ini dapat membantu penglihatan Anda.

Setelah Anda dan dokter berdiskusi tentang lensa intraokuler mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lensa tersebut nantinya akan dilipat dan dimasukkan ke dalam kapsul kosong di mana lensa natural seharusnya berada. Ahli bedah mata akan menggunakan metode berikut ini untuk menghilangkan katarak:

  1. Prosedur yang dinamakan fakoemulsifikasi, dokter bedah mata akan membuat sayatan kecil di ke substansi lensa di mana katarak terbentuk. Dokter bedah akan menggunakan alat yang mentrasmisi gelombang ultrasound untuk memecah katarak, dan menarik pecahan itu keluar.

Lensa belakang (lensa kapsul) dibiarkan utuh agar bisa menampung lensa buatan. Anda mungkin juga akan mendapatkan jahitan, atau mungkin juga tidak akan mendapatkan jahitan untuk menutup sayatan kecil di kornea mata Anda

  1. Prosedur lainnya dinamakan ekstraksi katarak ekstrakapsular. Pada prosedur ini, sayatan yang dilakukan akan lebih besar daripada pada prosedur fakoemulsifikasi. Dokter akan menghapus bagian depan kapsul dan lensa yang berkabut. Namun, bagian belakang kapsul akan tetap ditinggalkan sebagai tempat lensa buatan ditempatkan

Sesudah proses penyingkiran akan lensa keruh pada mata pasien, dokter akan melakukan pergantian lensa dengan menggunakan lensa buatan intra okular. Jenis lensa intra okular sendiri ada beberapa macam dan di bawah ini dapat Anda kenali.

– Lensa monofokal – Lensa ini berfokus hanya di satu jarak, yakni untuk mata yang mengalami rabun jauh.

– Lensa torik – Jenis lensa ini merupakan lensa yang berfungsi untuk memperbaiki astigmatisme dan rabun jauh. Astigmatisme adalah sebutan lain untuk masalah mata silinder.

– Lensa multifokal – Jenis lensa ini berfokus pada beragam jarak, bisa untuk jarak jauh, menengah dan dekat.

Tepat sesudah pemberian anestesi, dokter ahli bedah bakal membuat celah kecil berupa lubang di sisi kornea mata memakai laser. Tujuan dari pembuatan lubang atau celah kecil tersebut adalah demi membuat proses pemulihan lebih cepat. Dengan bantuan lubang atau celah itu jugalah bentuk potongan yang dihasilkan lebih pas nantinya.

Leave a comment