Obat Sakit Maag Yaitu …

Penyakit maag adalah penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung, dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan.

Selain dari kelebihan asam lambung sakit maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut selain akibat dari radang lambung.

Penyebab Penyakit Maag

  1. Makanan yang menstimulasi peningkatan asam lambung

Makanan pedas dan asam dapat menstimulasi meningkatnya asam lambung. Peningkatan asam lambung tanpa disertai dengan asupan makanan yang cukup dan tepat dapat membuat asam lambung mengerosi mukosa lambung dan menyebabkan peradangan lambung.

  1. Maag karena obat

Obat-obatan penghilang rasa nyeri seperti aspirin, ibuprofen, dan naproksen biasanya menimbulkan sakit maag karena dapat mengikis mukosa lambung.

Obat-obat tersebut menurunkan kadar prostaglandin yang bertanggung jawab untuk mempertahankan dan melindungi mukosa lambung dari erosi akibat asam lambung. Hal ini akan mengakibatkan lambung mudah teriritasi dan mengalami peradangan.

  1. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri yang paling sering menyebabkan sakit maag akut atau gastritis akut adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Penularan bakteri ini dapat terjadi melalui makanan yang tidak bersih yang dikonsumsi atau dari air minum yang tidak bersih. Infeksi bakteri H.pylori dapat menimbulkan maag akut dan dapat terus berlanjut menjadi maag kronis bila tidak segera ditangani.

Bakteri ini memiliki kemampuan untuk bertahan lama di dalam lambung dengan mekanisme perlindungannya mempertahankan diri dari asam lambung. Kaki-kaki dari bakteri H.pylori akan melekat kuat di dinding lambung ,mengeluarkan racun, dan menimbulkan reaksi peradangan yang merusak dinding lambung.

  1. Infeksi virus

Infeksi virus yang paling sering menimbulkan sakit maag adalah infeksi Cytomegalovirus (CMV). Virus ini sangat mudah masuk dan menyerang lambung terutama pada orang-orang dengan sistem imun yang lemah seperti pada penderita kanker, HIV, atau setelah melakukan operasi transplantasi organ.

Gejala Penyakit Maag

Demi tetap menjaga kesehatan lambung, wajib anda ketahui beberapa ciri ciri/gejala penyakit maag akut dan kronis seperti:

  • Perut sakit, atau di ulu hati
  • Perasaan mual – Mual serasa ingin muntah
  • Lidah seperti terlapisi lendir tebal dan napas berbau busuk.
  • Sendawa hampir tanpa henti.
  • Perasaan kenyang, padahal perut masih kosong
  • Rasa sakit yang ringan sampai nyeri yang hebat. Anda merasakan nyeri antara ujung bawah tulang dada dan pusar yang disebut daerah epigastrium.
  • Rasa seperti terbakar atau rasa panas yang tidak nyaman. Anda merasakan sensasi panas di daerah epigastrium.

Obat Sakit Maag

Pada kasus sakit maag persisten, penggunaan obat-obatan adalah pilihan utama untuk mengatasi kondisi ini. Beberapa contoh obat yang biasanya diresepkan dokter adalah:

  • Obat ini mampu menetralkan asam lambung berlebih agar tidak mengiritasi dinding saluran pencernaan. Antasida dapat dibeli tanpa resep untuk mengatasi gejala sakit maag yang masih tergolong ringan atau menengah
  • Obat antagonis reseptor H2 (H2RA). Obat ini mampu mengurangi jumlah asam lambung
  • Obat penghambat pompa proton (PPI). Sama seperti H2RA, obat-obatan PPI bertujuan mengurangi kadar asam lambung. Selain itu, obat ini juga bisa diresepkan untuk penderita sakit maag yang mengalami gejala panas dan nyeri di tengah dada
  • Obat ini biasanya diresepkan pada kasus sakit maag yang disebabkan oleh refluks asam lambung
  • Obat ini akan diresepkan dokter jika sakit maag yang terdeteksi disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori
  • Obat ini mampu meredakan gejala sakit maag dengan cara mempercepat pencernaan makanan
  • Obat antidepresan. Obat ini bisa saja diresepkan dokter guna mengurangi gejala nyeri saat sakit maag.

Leave a comment