Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Ginjal

Ginjal adalah dua buah organ berbentuk menyerupai kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia.

Ketika ginjal mengalami gangguan atau rusak, sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh hingga akhirnya menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, merasa lemas, sesak napas, dan kurang tidur.

Penyakit ginjal merupakan kondisi yang berbahaya yang mana jika tidak ditangani, ginjal bisa berhenti berfungsi. Jika ginjal berhenti berfungsi, akibatnya bisa mematikan.

Gejala sakit ginjal yang dialami terkadang sering diabaikan karena gejala yang muncul terlihat sangat tidak serius bahkan mungkin mirip dengan gejala penyakit yang lainnya. Meski begitu, hal ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit yang lebih serius, mengingat betapa pentingnya organ ginjal bagi kehidupan. Beberapa gejala yang pada umumnya dialami pada penyakit ginjal adalah:

  • Pada kulit akan mengalami ruam, gatal, dan kering
  • Perasaan nyeri dan sakit di punggung bagian bawah
  • Bau mulut
  • Kelelahan fisik yang sering dialami dan lemas
  • Perubahan warna pada urin
  • Pembengkakan yang terjadi pada kaki dan tangan
  • Berkurangnya nafsu makan
  • Mengalami sesak nafas.

Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Ginjal

Mengobati penyakit ginjal, dapat dengan bahan alami, seperti:

  1. Akasia

Tanaman akasia ternyata juga merupakan herbal untuk mengobati sakit ginjal yang cukup ampuh. Serat akasia bermanfaat untuk untuk memperbaiki organ manusia yang mengalami kerusakan, serat akasia juga dipercaya bisa digunakan untuk menormalkan pencernaan yang terganggu.

Bagaimana kira-kira caranya? Ternyata tidak terlalu sulit. Silahkan rebus serat akasia yang telah dikeringkan. Rebus serat akasia itu menggunakan empat gelas air dan sisakan menjadi setengahnya. Setelah itu minum air rebusan itu dua kali dalam sehari.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah sangat terkenal akan manfaatnya yang segudang untuk kesehatan, bahkan juga rupanya sangat berguna menyehatkan ginjal. Minyak zaitun yang benar-benar murni dan asli adalah yang terbaik karena di dalamnya kaya akan antioksidan yang bisa anda gunakan juga untuk memasak sehari-hari.

Dalam proses pengobatan penyakit ginjal, diet adalah salah satu cara alami yang disarankan dan minyak zaitun termasuk sumber makanan tepat supaya diet berhasil dan ginjal dapat pulih kembali.

1 sendok makan minyak zaitun adalah takaran yang pas di mana dengan takaran tersebut, anda akan mendapatkan berbagai kandungan terbaik untuk tubuh, seperti lemak tak jenuh tunggal, asam lemak anti-inflamasi serta asam oleat yang akan memberikan perlindungan tubuh dari oksidasi.

Peradangan dan segala yang membuat ginjal tak sehat akan dicegah dengan baik oleh kandungan polifenol di dalam minyak ini. Selain memperbaiki ginjal, risiko penyakit jantung dan kanker juga dapat dikurangi.

  1. Kubis

Bahan makanan yang juga ramah terhadap ginjal, apalagi yang tengah melakukan pengobatan penyakit ginjal adalah kubis dengan kandungan fitokimianya yang tinggi. Senyawa ini ada juga di sayuran serta buah lainnya di mana tugasnya adalah untuk melindungi tubuh dari segala bentuk radikal bebas sehingga akan membantu mencegah adanya kerusakan organ.

Tak hanya baik untuk merawat ginjal, kesehatan jantung pun akan terjaga dengan baik, bahkan kanker pun akan dilawan juga oleh zat fitokimia.

Kubis adalah salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan beragam nutrisi, termasuk asam folat, vitamin B6, serat, vitamin C serta vitamin K.

Walau kubis bisa dibeli dengan harga murah yang juga diketahui memiliki kadar kalium rendah, kubis bisa diandalkan oleh para penderita penyakit ginjal, sakit jantung dan kanker untuk mendukung proses penyembuhan menjadi lebih sempurna melalui diet.

Leave a comment