Obat Alami Untuk Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan organ vital yang berperan sangat penting sangat penting dalam mempertahankan kestabilan lingkungan dalam tubuh. Ginjal mengatur keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit dan asam basa dengan cara menyaring darah yang melalui ginjal, reabsorbsi selektif air, elektrolit dan non-elektrolit, serta mengekskresi kelebihannya sebagai kemih.

Fungsi primer ginjal adalah mempertahankan volume dan komposisi cairan ekstra sel dalam batas-batas normal. Komposisi dan volume cairan ekstrasel ini dikontrol oleh filtrasi glomerulus, reabsorbsi dan sekresi tubulus.

Ginjal dilalui oleh sekitar 1.200 ml darah per menit, suatu volume yang sama dengan 20 sampai 25 persen curah jantung (5.000 ml per menit). Lebih 90% darah yang masuk ke ginjal berada pada korteks, sedangkan sisanya dialirkan ke medull.

Penyakit ginjal adalah keadaan dimana ginjal kehilangan kemampuan fungsionalnya untuk mempertahankan volume dan komposisi cairan tubuh dalam keadaan asupan makanan normal. Gejala penyakit ginjal berkembang dari waktu ke waktu jika kerusakan ginjal berlangsung lambat. Tanda dan gejala penyakit ginjal dapat mencakup:

  • Mual
  • Muntah
  • Penurunan ketajaman mental
  • Nyeri dada, jika cairan menumpuk di sekitar selaput jantung
  • Sesak napas, jika cairan menumpuk di paru-paru
  • Otot berkedut dan kram
  • Kehilangan selera makan
  • Gatal yang tak kunjung hilang
  • Kelelahan dan kelemahan
  • Masalah tidur
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang sulit dikendalikan
  • Perubahan dalam urin
  • Cegukan
  • Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki.

Gejala penyakit ginjal sering tidak spesifik, berarti mereka juga dapat disebabkan oleh penyakit lain. Dan karena ginjal sangat mudah beradaptasi dan mampu mengimbangi fungsi yang hilang, tanda-tanda dan gejala mungkin tidak muncul sampai kerusakan parah telah terjadi.

Obat Alami Untuk Mencegah Penyakit Ginjal

Adapun beberapa bahan alami berikut ini dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit ginjal, antara lain:

  1. Mentimun

Mentimun yang biasnaya dijadikan sebagai lalapan ini ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi gagal ginjal. Mentimun bermanfaat untuk mempercepat proses pelarutan batu. Tanaman ini juga diduga bisa mengurangi pembentukan batu bila digunakan sebagai pengobatan pencegahan.

Adapun cara kerja mentimun untuk mengobati batu ginjal adalah kandungan mineral dan vitamin pada mentimun bisa membuat batu ginjal larut dan hancur dengan cepat. Mengkonsumsi mentimun ini tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah, hal itu dikarenakan efek samping dari mengkonsumsi mentimun ini adalah membuat tekanan darah menjadi rendah.

  1. Acai Berry

Mengkonsumsi buah berry ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh serta menjaga kesehatan ginjal. Buah acai berry kaya akan antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas itu bisa membuat sakit ginjal bertambah parah.

Peran antioksidan ini sebagai pelindung ginjal dari hal hal yang bisa membuatnya rusak. Untuk pengobatan ginjal, penderita ginjal harus mengkonsumsi 100 gram acai berry setiap harinya, sedangkan untuk menjaga kesehatan ginjal cukup setangahnya saja yaitu 50 gram per hari.

  1. Apel

1 buah apel ukuran sedang beserta kulitnya bisa dikonsumsi setiap hari karena apel tak hanya melindungi anda dari penyakit kanker, jantung, mencegah konstipasi maupun menurunkan kolesterol tinggi, tapi juga berguna untuk merawat kondisi ginjal yang tidak sehat.

Apel menjadi buah wajib yang ada di menu diet anda sehari-hari dan akan semakin berkhasiat ketika anda memakannya mentah. Tapi mengonsumsi apel rebus, apel panggang atau membuat jus apel juga sangat diperbolehkan karena apapun pengolahannya, anda akan tetap bisa merasakan manfaat besar dari buah ini sebagai cara mencegah penyakit ginjal.

Leave a comment