Obat Alami Pencegahan Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal adalah salah satu silent killer, artinya banyak orang tak sadar tengah mengalaminya lantaran tidak mengetahui gejalanya, tahu-tahu sudah berakibat fatal, dan ginjal yang sudah rusak rata-rata akan sulit penanganannya.

Ada beberapa gejala penyakit ginjal yang bisa kita amati. Namun, dalam beberapa kasus, gejala sakit ginjal mungkin bahkan tidak muncul sampai kondisi menjadi kritis. Memiliki masalah pada ginjal akan menghambat aktivitas sehari-hari. Pada orang yang mengalami penyakit ginjal harus menjalani perawatan sehari-hari seperti cuci darah dan menghindari pekerjaan berat.

Belum lagi potensi efek samping akibat penyakit tersebut. Beberapa orang bahkan sampai pingsan ketika mengetahui kencingnya berubah warna seperti darah. Hal tersebut sering dialami oleh orang yang kurang konsumsi air.

Obat Alami Pencegahan Penyakit Ginjal

Berikut ini obat pencegahan penyakit ginjal yang efektif, antara lain:

  1. Bluberi

1/2 Cangkir (±110 gr) mengandung = 4 mg sodium, 65 mg potassium, 7 mg fosfor.

Bluberi memiliki kandungan fitnutrien yang merupakan antioksidan yang dinamakan anthocyanidins. Blueberi berwarna biru adalah salah satu efek dari antioksidan ini. Antioksidan yang ditemukan dalam bluberi serta berbagai jenis buah beri lainnya, telah membantu dalam mencegah kerusakan tulang (dalam penelitian tikus). Selain itu cukup ampuh menjaga kesehatan ginjal.

  1. Raspberry

1/2 Cangkir (±110 gr) rasberi= 0 mg natrium, 93 mg kalium, fosfor 7 mg.

Raspberry adalah salah satu jenis buah yang paling cocok untuk penderita penyakit ginjal. Kandungan phytonutrient yang dikenal dengan asam ellagic dapat membantu ginjal lebih rusak dengan menetralkan radikal bebas untuk mencegah kerusakan sel.

Raspberry mengandung banyak flavonoid yang merupakan anthocyanin yang menyebabkan buah ini menjadi warna merah. Selain itu buah ini juga sangat banyak buah mangan, vitamin C, serat, dan folat serta vitamin B. Bauh ini juga ampuh membunuh sel kanker.

  1. Stroberi

1/2 Cangkir (±110 gr) mengandung = 1 mg sodium, 120 mg potassium, 13 mg fosfor.

Buah ini sangat ampuh untuk mencegah kanker, namun ternyata stroberi sangat baik untuk untuk ginjal. Kandungan dua fenol, anthocyanin dan ellagitannins sangat penting untuk membentuk struktur tubuh.

Kedua fenol ini merupakan zat pembentuk warna merah pada stroberi dan menjadi hal yang sangat sangat penting untuk mencegah kerusakan oksidatif. Selain itu, buah ini baik untuk sumber serat dan vitamin C yang penting sebagai zat dan komponen anti-inflamasi.

  1. Keluarga Barries

Penderita penyakit ginjal dapat mengkonsumsi aneka buah dari keluarga barries seperti strawberry, blueberry, cranberrie, redberry, dan lain – lain. Buah dari keluarga barries mengandung anti-oksidan dan anti-inflamasi di mana sangat ramah bagi organ ginjal.

Penderita penyakit ginjal tidak bisa sembarangan mengkonsumsi buah jadi inilah salah satu buah yang aman dan bisa dikonsumsi. Selain itu buah dari keluarga barries juga dapat meningkatkan fungsi pada kandung kemih.

Pada umumnya penderita penyakit ginjal hanya boleh mengkonsumsi kalori sekitar 35kkal/kg/hari (dikalikan berat tubuh). Sedangkan untuk asupan mineral hanya boleh rata – rata 500 mililiter per-hari. Asupan sayur dan buah yang tinggi kalium sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi.

Begitu pun protein dan karbohidrat yang tinggi, jadi aturlah makanan untuk penderita penyakit ginjal agar tidak berdampak berbahaya.

  1. Ikan

85 Gram salmon mengandung = 50 mg sodium, 368 mg potassium, 274 mg fosfor.

Penderita penyakit ginjal juga tidak boleh mengkonsumsi banyak protein. Maka dari itu daging – dagingan seperti daging merah, atam, udang, dan lainnya dilarang untuk dikonsumsi. Namun daging ikan yang kaya akan omega-3 masih dapat dikonsumsi sebab dapat mengurangi peradagan. Daging ikan yang direkomendasikan adalah ikan salmon, ikan mackarel, dan ikan tuna.

Leave a comment