Melakukan Pengobatan Penyakit Hemoroid!

Penyakit yang satu ini sepertinya telah mendunia atau banyak yang mengalaminya, terlihat dari banyaknya istilah yang menisbatkannya, di Indonesia sendiri lebih familiar dengan istilah penyakit wasir. Dalam istilah medis penyakit wasir dikenal dengan istilah hemorrhoid.

Hemoroid adalah pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena (varises) yang terletak di sekitar anus atau pada rektum bagian bawah.

Secara normal vena – vena pada anus dan rektum akan menyalurkan darah kembali ke jantung, karena pembuluh darah melebar maka darah akan terkumpul disana sehingga membentuk tonjolan atau benjolan abnormal yang teraba lunak yang tak lain merupakan pelebaran vena yang berisi darah. Besarnya ambeien (benjolan) tergantung pada derajat keparahannya.

Penyebab Terjadinya Hemeroid

Penyebab hemoroid sebenarnya masih tidak jelas. Tapi, penyakit ini dihubungkan dengan adanya peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang berada di anus dan sekitarnya.

Peningkatan tekanan darah di area anus dan rektum bisa disebabkan karena terlalu lama mengejan saat buang air besar. Konstipasi jadi penyebab utama dari orang mengejan. Konstipasi yang terjadi biasanya akibat dari kekurangan nutrisi serat di dalam makanan.

Diare menahun yang tak kunjung sembuh, Ada beberapa orang yang karena suatu hal tertentu mengalami diare menahun yang walaupun sudah diobati dengan obat apapun namun masih belum sembuh juga.

Diare yang berkepanjangan ini menyebabkan anus seseorang menjadi elastis. Dan hal itulah yang menyebabkan ia terkena ambeien. Maka dari itu penyebab ambeien dan pengobatannya harus diketahui secara dini agar orang yang mengalami bisa segera diobati. Apalagi jika penyebabnya dari penyakit lainnya yang terlihat ringan seperti diare tersebut.

Faktor keturunan, Ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa salah satu faktor penyebab ambeien adalah faktor keturunan. Walaupun hal itu belum diketahui secara pasti. Namun memang penyebab ambeien dan pengobatannya masih menjadi satu paket yang lengkap dalam penyakit ambien. Sehingga selain diketahui penyebabnya, pengobatannya pun harus ada.

Cara berhubungan seks yang tidak lazim, Salah satu penyebab ambeien adalah cara berhubungan seks dengan cara yang tidak wajar merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. Misalnya saja berhubungan seks melalui anus. Hal tersebut sangat dilarang dilakukan karena dianggap berbahaya.

Beberapa hal yang meningkatkan risiko Anda terkena hemoroid:

– Usia semakin tua, yang membuat penopang jaringan tubuh menjadi semakin lemah.

– Batuk terus menerus atau sering muntah.

– Kelebihan berat badan.

– Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid.

– Sering duduk dalam waktu lama.

– Sedang hamil.

– Pola makan yang sembarangan (merokok, sering makan makanan yang pedas dan bersantan, sering minum alkohol dan soda) dan gaya hidup yang tidak teratur

– Kurang berolahraga

– Sering mengangkat beban yang berat-berat

– Terjadinya penekanan kembali aliran darah vena.

Pengobatan Penyakit Hemoroid

Sejumlah metode bedah dapat digunakan untuk menghilangkan atau mengurangi ukuran hemoroid:

  1. Rubber band ligation

Terbuat dari karet dan ditempatkan di sekitar dasar wasir dalam dubur.

  1. Cryotherapy

Teknik ini menggunakan suhu dingin untuk menghilangkan vena dan menyebabkan inflamasi dan jaringan parut. Hal ini memakan waktu lebih lama, terkait dengan rasa sakit setelah terapi, dan kurang efektif dibanding perawatan lainnya. Oleh karena itu, prosedur ini tidak umum digunakan.

  1. Sclerotherapy

Sclerotherapy adalah salah satu bentuk pengobatan tertua. Suatu larutan kimia disuntikkan langsung ke dalam wasir atau daerah di sekitarnya. Larutan ini menyebabkan reaksi lokal yang merusak aliran darah dalam wasir.

  1. Teknik laser atau teknik elektro-koagulasi

Kedua teknik ini menggunakan perangkat khusus untuk membakar jaringan hemoroid.

  1. Hemorrhoidectomy

Kadang-kadang, wasir meluas atau parah, entah itu hemoroid internal atau hemoroid eksternal, yang mungkin memerlukan operasi untuk menghilangkannya, operasi ini disebut sebagai hemoroidektomi. Metode ini adalah yang terbaik untuk menghilangkan hemoroid secara permanen. Hemorrhoidectomy adalah pengobatan untuk hemoroid derajat tingkat tiga dan empat.

Leave a comment