Macam Macam Penyakit Kanker Darah

Leukemia atau yang lebih dikenal dengan penyakit kanker darah ini umumnya menyerang sumsum tulang belakang yang banyak memiliki sel darah putih. Kanker darah merupakan penyakit kanker yang cukup kronis, mereka yang terserang kanker darah umumnya banyak tidak tertolong hingga nyawa menjadi taruhannya.

Kanker darah merupakan penyakit dalam kelompok kanker atau neoplasma pada darah atau sumsum tulang, umumnya ditandai oleh timbunan sel yang tidak normal atau hasil dari transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid yang banyak mengandung sel darah putih (leukosit) secara tidak normal.

Secara garis besar, kanker darah atau leukemia dibedakan menjadi 2 tipe, sebagai berikut :

  1. Leukemia akut

Leukemia jenis ini ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, mematikan dan memburuk. Apabila tidak diobati dengan segera, maka penderitannya dapat meninggal dalam hitungan minggu atau hari.

  1. Leukemia kronis

Merupakan kanker darah yang memiliki perjalanan penyakit yang tidak begitu cepat sehingga memiliki harapan hidup yang lebih lama.

Leukemia juga dapat diklasifikasikan berdasarakan jenis sel darah putih yang terinvasi yaitu limfosit atau myeloid. Setidaknya terdapat 4 jenis leukemia umum, sebagai berikut:

  1. Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL)

ALL dapat menghambat fungsi limfosit sehingga pengidapnya berpotensi mengalami infeksi serius. Kanker darah ini umumnya diidap oleh anak-anak, tapi bisa juga menyerang dewasa.

  1. Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)

Ini adalah jenis kanker darah yang umumnya menyerang dewasa. Tetapi AML juga dapat diidap oleh anak-anak serta remaja. Kanker ini akan membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat menyumbat pembuluh darah.

  1. Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)

Jenis kanker darah ini hanya dialami oleh orang dewasa. CLL umumnya baru terdeteksi pada stadium lanjut karena pasien cenderung tidak merasakan gejala-gejalanya untuk waktu yang lama.

  1. Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML)

Jenis kanker darah ini kebanyakan diderita oleh orang-orang dengan usia di atas 20 tahun. CML memiliki dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan-lahan. Ketika memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga akan menurun secara drastis.

Secara umum, kanker darah atau leukemia menyangkut sumsum tulang yang menjadi tempat pembuatan sel darah putih. Sel yang umumnya efektif membasmi infeksi ini tumbuh secara tidak normal sehingga akhirnya membuat kekebalan tubuh tidak berfungsi secara maksimal.

Gejala-gejala Penyakit Kanker Darah

  • Hilangnya berat badan tanpa alasan
  • Berkurangnya selera makan
  • Keletihan
  • Berkeringat saat malam hari
  • Infeksi yang terjadi beberapa kali
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Demam
  • Kekurangan sel darah merah atau Anemia
  • Memar
  • Nyeri tulang atau sendi
  • Pembengkakan hati atau limpa
  • Merah atau ungu pada kulit

Penyebab Penyakit Kanker Darah

  1. Faktor keturunan

Faktor keturunan ini menjadi faktor pertama yang menyebabkan seseorang beresiko terjangkit penyakit kanker darah. Ya, kanker darah merupakan salah satu penyakit yang sifatnya dapat diturunkan.

Sehingga jika seorang orang tua mempunyai penyakit kanker darah, maka anaknya mempuntau resiko lebih besar terkena penyakit kanker darah juga.

  1. Adanya kelainan genetik

Adanya kelainan genetik juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan terjadinya kanker darah ini. Contoh dari kelainan genetik ini misalnya sindrom Down

  1. Adanya kelainan darah yang diderita

Seseorang yang mempunyai kelainan darah juga beresiko terkena kanker darah yang lebih tinggi daripada orang yang tidak mempunyai kelainan pada darahnya. Contoh dari kelainan pada darah ini misalnya myelodysplastic syndrome.

  1. Merokok

Bagi Anda yang gemar merokok, Anda akan lebih beresiko terkena kanker lebih tinggi daripada orang- orang yang tidak merokok. Bahkan, merokok tidak hanya menyebabkan resiko terjadinya kanker, namun juga berbagai penyakit lain yang berbahaya.

  1. Pernah menjalani pengobatan kanker sebelumnya

Beberapa prosedur pengobatan kanker ialah kemoterapi arau radioterapi. Hal- hal seperti ini jusrtu merupakan contoh hal yang dapat memicu timbulnya kanker darah di dalam tubuh kita.

  1. Mengalami pajanan terhadap radiasu tingkat tinggi atau zat kimia tertentu

Kanker darah juga beresiko menyerang orang- orang yang terlibat dalam radiasi atau zat kimia tertentu. Sebagai contoh adalah seseorang yang mempunyai riwayat terlibat dalam kecelakaan yang berhubungan dengan reaksi nuklir, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa hal yag dapat meningkatkan terjadinya kanker darah pada seseorang. Namun hal ini tidak otomatis terjadi pada orang- orang yang mempunyai kondisi seperti di atas. Salah satu cara terbaik intuk menghindari kanker darah ini adalah dengan menjauhi beberapa hal yang dapat menyebabkan kanker darah tersebut.

Leave a comment