Larangan Bagi Penderita Penyakit Ginjal

Ginjal adalah dua buah organ yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia.

Ketika organ ginjal mengalami gangguan (sehingga fungsinya tidak bekerja dengan baik), sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan pembengkakan di pergelangan kaki, tubuh merasa mual bahkan muntah-muntah, tubuh merasa lemas, hingga sesak napas.

Ginjal umumnya sebesar kepalan tangan orang dewasa, fungsi ginjal yaitu:

  • Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral di dalam tubuh
  • Menyaring ampas metabolisme tubuh dan cairan berlebih dari darah
  • Menghasilkan renin, yaitu enzim yang berfungsi untuk membantu mengatur tekanan darah
  • Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D, berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang
  • Menghasilkan senyawa eritropoetin, yang berfungsi untuk menstimulasi produksi sel darah merah
  • Mengatur kadar senyawa kimia yang fungsinya untuk menjaga fungsi jantung dan otot-otot tubuh.

Penyakit ginjal akut merupakan sebuah kondisi ogan ginjal secara tiba-tiba berhenti berfungsi. Hal ini beresiko membuat organ lain terpengaruh dan juga tidak bisa bekerja dengan baik.

Gejala yang umum dari penyakit ginjal akut, seperti mual, muntah, dehidrasi, sakit perut, nyeri pinggang belakang, hiperpensi, sering kebingungan, dll.

Mendeteksi secara dini penyakit ginjal sangat penting, hal ini nantinya agar penyakit lebih mudah diatasi. Saat sudah kronis, penyakit ginjal sulit disembuhkan.

Larangan Bagi Penderita Penyakit Ginjal

Berikut ini makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita penyakit ginjal, yaitu:

  1. Keju

Olahan susu salah satunya keju juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Sebab keju mengandung kalium juga fosfor dan kaya akan potasium.

Bagi penderita penyakit ginjal, kalium memang harus dihindari. Sedangkan makanan yang mengandung banyak fosfor akan menumpuk dalam aliran darah dan menyedot kalsium dalam tubuh.

  1. Cokelat

Sama seperti keju, cokelat juga mengandung kandungan fosfor dan potasium yang tinggi. Kandungan potasium dalam makanan dan dikonsumsi oleh penderita akan menyebabkan gagal jantung karena tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal.

Kandungan potasium akan melemahkan denyut jantung, membuat detak jantuk tidak stabil, hingga kematian mendadak akibat serangan jantung.

  1. Kentang

Sama dengan nasi, kentang juga merupakan karbohidrat yang harus dihindari karena mengandung protein dan kalori yang besar.

Memakan kentang menyebabkan rasa haus timbul dan membuat ingin meminum banyak air agar makanan dapat dicerna dengan baik. Sayangnya mineral yang boleh dikonsumsi seorang penderita penyakit ginjal sangat dibatasi.

  1. Gandum

Gandum dalam bentuk roti ataupun sereal juga patut dihindari. Gandum bukanlah karbohidrat yang cocok untuk penderita penyakit ginjal karena tidak mudah dan tidak dapat cepat dicerna oleh tubuh.

Meski gandum merupakan bahan makanan yang sangat sehat, tetapi penderita penyakit ginjal dilarang mengkonsumsi makanan olahan bahan tersebut.

  1. Umbi – umbian

Umbi – umbian seperti singkong dan ubi juga dilarang untuk dionsumsi. Selain mengandung gula, umbi – umbian juga mengandung protein. Selain itu umbi – umbian juga menimbulkan rasa haus yang lumayan.

  1. Telur

Telur yang mengandung protein tinggi disarankan untuk dihindari. Sebab makanan yang mengandung protein tinggi akan sulit disaring oleh ginjal. Berhubung ginjal para penderita penyakit ginjal tidak berfungsi maksimal, maka makanan ber[rotein yang tidak dapat disaring akan menumpuk menjadi racun bagi ginjal itu sendiri.

  1. Daging

Aneka macam daging seperti daging sapi dan ayam juga mengandung protein hewani yang tinggi yang juga sama – sama sulit disaring oleh tubuh penderita penyakit ginjal. Yang disarankan adalah memakan daging ikan saja yang mengandung omega-3.

Leave a comment