Komplikasi Penyakit Gastritis Yang Sering Menyerang Tubuh!

Gastritis merupakan penyakit yang menyerang lambung, biasanya lambung penderita penyakit gastritis akan mengalami kerusakan dan kerusakan tersebut bisa semakin parah apabila gastritis sudah dalam kondisi yang harus mendapatkan pengobatan.

Perlu untuk anda ketahui bahwa komplikasi gastritis akan terjadi apabila penderitanya tidak cepat dalam melakukan penanganan, oleh karena itu penting untuk anda melakukan pengobatan gastritis sejak dini agar anda tidak memiliki resiko yang tinggi untuk terkena dampak buruk dari penyakit gastritis.

Apabila anda sampai terlambat melakukan pengobatan, anda akan memiliki resiko untuk terkena beberapa komplikasi penyakit gastritis berikut ini:

  1. Radang selaput perut

Bagi anda yang tidak cepat dalam melakukan pengobatan penyakit gastritis, maka anda akan memiliki resiko yang tinggi untuk mengalami radang selaput pada perut anda. Perlu untuk anda ketahui bahwa radang selaput pada perut merupakan salah satu kondisi yang harus anda waspadai.

Biasanya peradangan yang terjadi pada selaput perut bisa berpotensi menjadi kondisi yang sangat menyiksa apabila sampai kondisinya sudah parah. Agar anda bisa mengetahui tandanya anda terkena radang selaput pada perut, berikut ada beberapa gejala yang harus anda ketahui yang menandakan anda terkena radang selaput perut:

– Kelelahan.

– Haus.

– Diare.

– Mual dan muntah.

– Sakit perut.

– Merasa tidak nyaman ketika membuang gas atau BAB.

– Output urine rendah.

– Hilangnya nafsu makan.

– Demam.

– Perut terasa kembung atau penuh.

  1. Syok

komplikasi lain yang akan menyerang orang yang tidak cepat dalam melakukan pengobatan penyakit gastritis adalah syok. Syok biasanya disebabkan karena penyakit gastritis sudah parah dan sampai mengakibatkan rasa sakit yang sangat menyiksa, sehingga mengakibatkan penderitanya mengalami syok.

Namun apabila anda tidak ingin mengalami syok, salah satu upaya pencegahan yang bisa anda lakukan adalah dengan segera melakukan pengobatan secepatnya agar anda tidak memiliki resiko yang tinggi untuk terkena dampak yang lebih buruk lagi.

  1. Pendarahan

Kondisi lainnya yang bisa diakibatkan apabila anda tidak cepat dalam melakukan pengobatan penyakit gastritis adalah akan mengakaibatkan terjadinya pendarahan. Kondisi luka gastritis yang sudah parah kemungkinan besar menjadi penyebab terjadinya pendarahan.

  1. Kanker lambung

Komplikasi paling mengerikan yang bisa menyerang penderita paenyakit gastritis apabila tidak cepat dalam melakukan pengobatan penyakit gastritis adalah akan meningkatkan resiko untuk mengalami penyakit kanker lambung.

Perlu untuk anda ketahui bahwa penyakit kanker lambung merupakan salah satu penyakit yang masuk dalam kategori berbahaya. Penyakit kanker lambung masuk dalam salah satu penyakit yang berbahaya karena penyakit kanker lambung ini bisa sampai mengakibatkan terjadinya kematian.

Oleh karena itu bagi anda yang tidak ingin memiliki resiko yang tinggi untuk terkena dampak buruk seperti akan memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit kanker lambung, sebaiknya anda harus segera melakukan pengobatan secepatnya.

Pengobatan Penyakit Gastritis

Untuk mengobati gastritis secara alami ada beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan:

– Hindari makanan yang dapat memicu timbulnya gastritis. Makan porsi kecil tapi sering untuk menghindari gangguan pencernaan.

– Berhenti merokok dan membatasi minum alkohol.

– Kendalikan stres.

– Batasi penggunaan penghilang nyeri dan obat anti peradangan.

– Makan licorice sebelum makan. Licorice dikenal mengatasi masalah pencernaan, tetapi dapat meningkatkan tekanan darah sehingga harus mendapat persetujuan dari dokter.

– Jahe terbukti berkhasiat untuk lambung, sehingga bermanfaat untuk meredakan gastritis.

– Minum banyak air (minimal delapan gelas sehari).

– Marshmallow dapat meredakan mual dan muntah.

Ini hanya beberapa pengobatan alami yang dapat Anda coba untuk meredakan gejala gastritis. Selain menjalani perubahan gaya hidup guna meredakan gastritis, makanan alami dapat mempercepat waktu pemulihan.

Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari untuk mencegah gastritis, karena makanan ini dapat mengiritasi dan memperburuk lambung, sehingga mengakibatkan seseorang lebih rentan menderita gastritis:

– Susu murni (termasuk cokelat).

– Buah dan jus jeruk, (lemon, limau, jeruk bali).

– Paprika.

– Bubuk bawang putih.

– Daging, sosis, bacon, salami yang diberi bumbu pedas.

– Tomat dan produk yang mengandung tomat.

– Alkohol.

– Kopi dan teh.

Leave a comment