Ketahuilah 5 Obat Sakit Ginjal!

Penyakit ginjal atau penyakit gagal ginjal adalah suatu kondisi dimana organ ginjal sudah tidak dapat berfungsi seperti pada normalnya, atau bahkan sudah tidak berfungsi sama sekali. Penyakit gagal ginjal ini bisa menyerang siapa saja, namun kebanyakan penyakit ginjal ini menyerang orang-orang dengan usia lanjut atau dewasa.

Gejala Penyakit Ginjal

Berikut ini gejala penyakit ginjal yang harus diketahui, yaitu:

  1. Bengkak pada kaki dan tungkai

Kaki dan tungkai akan membesar karena adanya penumpukan cairan berlebih yang akan menumpuk di kaki Anda. Selain itu, pada sakit ginjal, kadar protein dalam darah akan berkurang sehingga dapat menyebabkan kaki menjadi bengkak.

  1. Sesak nafas

Meski biasanya gejala sesak nafas lebih dikaitkan dengan penyakit paru dan jantung, ternyata sesak nafas pun bisa disebabkan oleh sakit ginjal. Sesak nafas terutama terjadi mendadak dan pada orang yang biasanya tidak mempunyai riwayat sesak sebelumnya.

  1. Sedikit mengeluarkan air kemih

Ini merupakan ciri-ciri sakit ginjal akut yang utama. Jumlah air urin yang keluar saat berkemih dapat membantu dokter menegakkan diagnosis sakit ginjal akut.

Selain mengeluarkan urin yang sedikit, sakit ginjal akut dapat membuat air urin menjadi lebih gelap, keruh, bahkan kemerahan seperti warna darah. Bila ciri-ciri sakit ginjal ini terjadi apalagi dibarengi dengan kemungkinan dehidrasi, segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat.

  1. Perasaan mengantuk atau melamun

Hal ini merupakan ciri-ciri ginjal bermasalah yang umum terjadi. Biasanya penderita akan menjadi kurang responsif bila dipanggil atau diajak bicara, menjadi lebih sering melamun.

Kehilangan kesadaran ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, terutama penumpukan racun yang berlebih dan tidak dapat dibuang ke urin dan infeksi yang biasa menyebabkan penyakit ginjal.

Obat Sakit Ginjal

Berikut ini obat sakit ginjal yang bisa dicoba di rumah, yaitu:

  1. Cendana Merah

Ini telah di golongkan ke dalam tanaman herbal yang telah di gunakan selama bertahun-tahun untuk meringankan penyakit gagal ginjal. Dengan mengandung sifat diuretik alami yang bisa membantu tubuh dalam mengeluarkan air yang berlebih seperti urine dari dalam tubuh.

Selain itu, tanaman herbal ini mengandung senyawa antimikroba yang bisa menangkan saluran kemih dengan begitu anda bisa terhindar dari penyakit yang cukup serius dan berbahaya.

  1. Minyak Zaitun

Mengandung sumber nutrisi dan lemak tak jenuh. Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa minyak zaitun bisa memberikan peningkatkan yang signifikan terhadap penyembuhan penyakit ginjal, selain itu juga bisa merangsang sekresi empedu dan pankreas.

Minyak zaitu sendiri mengandung komponen aktif dengan berkualitas tinggi ini memiliki tingkat kesamaan yang rendah dan mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E dan karoten yang bisa mengurangi risiko penyakit saluran pencernaan asam lambung.

  1. Kacang Merah

Tanaman yang telah banyak di gunakan oleh orang zaman dahulu sebagai tonik untuk menyembuhkan penyakit yang serius salah satunya penyakit gagal ginjal. Selain itu, dipercaya bisa menurunkan kolesterol serta dengan adanya serta yang tinggi bisa mencegah kenaikan gula darah terlalu cepat setelah makan.

Yang mana ini bisa menjadi pilihan terbaik karena menyediakan protein dengan kualitas tinggi yang bebas lemak dan aman untuk di konsumsi bagi penderita gagal ginjal.

  1. Rujak Polo

Tanaman ini telah banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun lamaynya untuk pengobatan tradisional yang mampu mempertahankan fungsi efisiensi kandung kemih dan ginjal.

Dengan mengandung senyawa analgesik, kaya saponin, alkaloid dan carboline yang mana mampu meremajakan organ ginjal dan menyembuhkan sel-sel yang telah rusak, adanya efek diuretik dan tonik pada rujak polo ini bisa mengatasi permasalahan pada gagal ginjal.

  1. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini di dalamnya terdapat 99% air dan glikoprotein serta polisakarida dengan mengandung berbagai vitamin melimpah seperti vitamin A, C, B12, E, seng, kalsium, magnesium, asam lemak esensial, asam amino, lipid dan sterol yang bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh.

Ternyata, lidah buaya mampu membersihkan organ ginjal, mampu membuang racun dalam tubuh, kandung kemih, limpa dan usus. Ada studi laboratorium mengatakan bahwa lidah buaya bisa mencegah penyakit gagal ginjal.

Leave a comment