Ketahuilah 5 Cara Mencegah Penyakit Hepatitis!

Hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus menyebabkan sel-sel hati mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pada umumnya, sel-sel hati dapat tumbuh kembali dengan sisa sedikit kerusakan, tetapi penyembuhannya memerlukan waktu berbulan-bulan dengan diet dan istirahat yang baik.

Hepatitis B akut umumnya sembuh, hanya 10% menjadi hepatitis B kronik (menahun) dan dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati. Saat ini, ada beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesempatan bagi seorang penderita penyakit ini.

Perawatannya tersedia dalam bentuk antiviral seperti lamivudine dan adefovir dan modulator sistem kebal seperti interferon alfa.

Selain itu, ada juga pengobatan tradisional yang dapat dilakukan. Tumbuhan obat atau herbal yang dapat digunakan untuk mencegah dan membantu pengobatan hepatitis diantaranya mempunyai efek sebagai hepatoprotektor, yaitu melindungi hati dari pengaruh racun yang dapat merusak sel hati, bersifat anti radang, kolagogum dan khloretik, yaitu meningkatkan produksi empedu oleh hati.

Beberapa jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk pengobatan hepatitis, antara lain temulawak, kunyit, sambiloto, meniran,daun serut/mirten, jamur kayu, akar alang-alang, rumput mutiara, pegagan, buah kaca piring, mengkudu dan jombang.

Untuk pencegahan dan pengobatan dapat dilakukan dengan mengupayakan pemberian vaksinasi atau imunisasi anti hepatitis dengan berbagai jenis atau tipe hepatitis. Vaksinasi hepatitis bertujuan untuk melindungi terhadap infeksi Hepatitis dan bisa didapatkan di klinik, rumah sakit, praktek dokter.

Agar anda tidak memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit hepatitis, berikut ada beberapa Cara Mencegah Penyakit Hepatitis yang bisa anda coba:

  1. Jauhi rokok dan alkohol

Pencegahan lain yang bisa anda lakukan agar anda terhindar dari penyakit hepatitis adalah dengan menjauhi rokok dan alkohol. Perlu anda ketahui juga bahwa rokok dan alkohol adalah salah satu penyebab yang bisa mengakibatkan terjadinya penyakit hepatitis.

Untuk itu agar anda tidak memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit hepatitis, salah satu langkah pencegahan yang bisa anda lakukan adalah dengan menjauhi rokok dan alkohol.

  1. Berhenti mengkonsumsi sembarang obat

Salah satu pencegahan yang bisa anda lakukan agar anda terhindar dari penyakit hepatitis adalah dengan tidak mengkonsumsi sembarangan obat.

Perlu untuk anda ketahui bahwa salah satu penyebab yang bisa memicu terjadinya penyakit hepatitis adalah karena mengkonsumsi sembarangan obat, sehingga akan meningkatkan resiko untuk terkena efek samping dari obat yang dikonsumsi.

  1. Menjaga kebersihan

Perlu anda ketahui bahwa penyebab utama dari penyakit hepatitis adalah karena infeksi virus, virus bisa berasal dari lingkungan atau tempat yang kotor. Untuk mencegah agar anda tidak terkena infeksi virus yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit hepatitis, salah satu pencegahan yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan.

Menjaga kebersihan lingkungan tentu harus anda lakukan, selain itu juga anda harus mencuci tangan secara rutin terutama sebelum/sesudah makan, dan masih banyak lagi hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit hepatitis.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat

Bagi yang tidak ingin memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit hepatitis, langkah pencegahan yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Perlu anda ketahui bahwa tubuh juga membutuhkan asupan makanan sehat untuk mendukung kesehatan tubuh dan juga untuk mencegah agar tidak mudah terserang penyakit, salah satunya penyakit hepatitis.

  1. Olahraga

Seperti yang sudah anda ketahui diatas kalau penyebab umum dari penyakit hepatitis adalah karena adanya infeksi virus. Perlu anda ketahui bahwa orang yang akan mudah untuk mengalami infeksi virus adalah orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Oleh karena itu upaya yang bisa anda lakukan untuk mencegah agar anda tidak terkena infeksi virus yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit hepatitis adalah dengan olahraga. Penting untuk anda ketahui bahwa olahraga adalah aktivitas positif yang memiliki banyak sekali mnafaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan.

Salah satu manfaat luar biasa yang dimiliki olahraga adalah bisa membantu untuk mencegah dan juga untuk mengobati penyakit hepatitis secara alami.

Leave a comment