Jenis Jenis Penyakit Ginjal

Gagal Ginjal (renal failure) merupakan istilah non-spesifik yang menggambarkan penurunan fungsi ginjal seperti di atas. Jika pada setiap tahap proses penyaringan ginjal diblokir baik karena kerusakan ginjal langsung (misalnya karena diabetes) atau oleh penyumbatan tidak langsung (seperti oleh batu ginjal), maka itu dapat menyebabkan gagal ginjal.

Ada dua jenis utama gagal ginjal, yaitu gagal ginjal akut dan kronik. Gagal ginjal akut (GGA) atau Acute Renal Failure (ARF) terjadi ketika ginjal tiba-tiba berhenti menyaring produk limbah dari darah. Sedangkan, Gagal ginjal kronik (GGK) atau Chronic Renal Failure (CRF) berkembang perlahan-lahan dan berangsur memberat dengan sedikit gejala pada tahap awal.

Jenis Jenis Penyakit Ginjal

Ginjal menjadi organ yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tanpa ginjal maka tubuh kita akan mengalami penumpukan cairan, racun dan kotoran.

Ginjal akan menyaring semua cairan yang masuk ke dalam tubuh kemudian disalurkan ke kandung kemih. Hasil akhirnya adalah air seni yang bisa membantu mengeluarkan semua racun dalam tubuh.

Jadi ketika ada masalah yang menyebabkan fungsi ginjal menurun atau berkurang maka tubuh akan mengalami gangguan. Dibawah ini akan kami ulas mengenai jenis penyakit ginjal, gejala, cara mengatasi dan pencegahan yang tepat.

Ada banyak jenis penyakit ginjal yang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dibawah ini adalah macam penyakit ginjal yang perlu anda ketahui:

  1. Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi ketika ada penumpukan mineral keras di dalam bagian ginjal. Batu ini biasanya terdiri dari mineral dan asam yang sangat tinggi.

Mineral kecil dalam ginjal kemudian akan menjadi lebih besar dan menyebabkan buang air kecil tidak bisa berjalan dengan lancar. Batu ginjal bisa diobati hingga tuntas pada tahap awal namun biasanya membutuhkan operasi jika sudah tidak bisa diobati lagi.

  1. Kista Ginjal

Kista ginjal adalah sebuah kondisi penyakit yang menyebabkan adanya perkembangan kista di bagian ginjal. Kista bisa memiliki ukuran yang berbeda, berisi air dan bukan termasuk kanker.

Namun kista bisa tumbuh dengan ukuran yang besar sehingga mengganggu fungsi ginjal. Ini termasuk penyakit yang bisa menyebabkan komplikasi terutama untuk hati.

  1. Gagal Ginjal

Gagal ginjal terjadi ketika ginjal sama sekali tidak bisa melakukan fungisnya atau sebagian fungsinya sudah tidak bekerja.

Akibatnya maka terjadi penumpukan cairan, racun dan kotoran dalam ginjal yang menyebabkan darah kehilangan keseimbangan kimia. Gagal ginjal bisa terjadi karena kondisi penyakit ginjal lain yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat atau kegagalan perawatan.

  1. Sindrom Alport

Sindrom Alport adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang melibatkan genetik karena terjadi perubahan gen dalam tubuh.

Sindrom ini menyebabkan bagian glomerulus yang menyaring semua racun dan limbah tidak bisa bekerja. Ahli pertama kali yang menemukan penyakit sindrom Alport adalah A. Cecil Alport.

  1. Hematuria

Hematuria adalah sebuah kondisi yang menyebabkan terjadinya darah dalam urin. Meskipun ini adalah kondisi yang tidak serius namun juga bisa berkembang ke komplikasi yang lebih serius. Penyebab pendarahan harus diketahui karena terkadang tidak menimbulkan gejala.

Bahkan pendarahan ini terkadang juga tidak terlihat dan harus dilakukan dengan pemeriksaan menggunakan mikroskop. Urin yang bercampur dengan darah biasanya akan terlihat berwarna merah kekuningan atau coklat. Pendarahan pada tingkat awal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.

  1. Kanker Ginjal

Kanker ginjal merupakan jenis kanker yang muncul pada ginjal dan mempengaruhi fungsi ginjal secara umum. Jenis kanker yang paling sering ditemukan pada ginjal adalah sel karsinoma. Ini termasuk jenis kanker yang bisa menyerang orang dewasa maupun anak-anak.

Leave a comment