Inilah Jenis Penyakit Maag Kronis Yang Bisa Masuk Pada Tubuh!

Pengertian penyakit maag adalah kata lain dari penyakit luka pada lambung. Ini disebabkan karena produksi asam lambung yang meningkat. P

ada saat saat tertentu lambung menghasilkan zat asam yang secara khusus diperlukan untuk membantu proses pencernaan pada lambung tersebut,namun bila asupan zat makanan yang masuk ke lambung tidak sesuai atau tidak teratur maka zat asam ini akan mengendap pada dinding lambung hingga menyebabkan radang dan itulah yang menyebabkan proses terjadinya penyakit maag.

Produksi asam lambung yang terus menerus tanpa adanya zat yang dicerna akan membuat proses peradangan kian akut. Adakalanya seorang penderita maag akan merasakan mual bahkan muntah. Ini sebagai reaksi dari peningkatan zat asam pada lambung

Jenis – Jenis Penyakit Maag

Berdasarkan Garis Besarnya

  • Maag Akut: Disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang menyebabkan panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh atau bahasa kedokterannya adalah inflamasi
  • Maag Kronis: Disebabkan oleh Inflamasi seperti maag akut tetapi lebih kronis yang menyebabkan adanya gastritis yang berbeda (Gastritis Kronisa).

Berdasarkan Tingkatannya

  • Maag Ringan: Pada tahap ini mulai adanya asam lambung berlebih di bagian dinding lambung (Sebagian Orang Sudah Pernah Mengalaminya)
  • Maag Sedang: Pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan (Pada Tahap Ini Dianjurkan Untuk Konsultasi dengan Dokter)
  • Maag Kronis: Pada tahap ini maag yang dialami sudah sangat parah terjadi inflmasi yang menyakitkan. Pada tahap ini saya yakin kebanyakan penderitanya sudah berkonsultasi dengan dokter karena tidak tahan dengan sakitnya maag tersebut.

Kanker Lambung: Pada tahap ini muncul mikroorgnasime yang emrugikasn yaitu Helycobacter pylori yang menyebabkan kanker pada lambung.

Ciri Penyakit Maag

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri maag, yakni:

  • Sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar
  • Sulit tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut sebelah atas (ulu hati)
  • Mual dan sering muntah agak asam. Pada kondisi berat lambung mungkin dapat mengelupas sehingga mengakibatkan muntah darah
  • Perut terasa nyeri, pedih, kembung dan sesak (sebah) pada bagian atas perut
  • Napsu makan menurun drastis, wajah pucat, keringat dingin, pusing.

Pada radang lambung kronis gejala yang ditunjukan lebih ringan, seringkali gejala menjadi samar, seperti tidak toleran terhadap makanan pedas atau berlemak atau nyeri ringan yang akan hilang setelah makan.

Penyebab Penyakit Maag

Adapun Penyebab dari Penyakit Maag adalah sebagai berikut:

  1. Makan Tidak Teratur

Jika anda selama ini makan selalu siang dan tanpa sarapan, atau juga sering makan 1 kali sehari atau menunggu waktunya lapar dapat menyebabkan penyakit ini datang.

  1. Makanan Goreng

Sebagian besar makanan yang mengandung minyak sangat tinggi sekali lemak yang terkandung. Untuk itu, penyakit maag bisa saja muncul bagi seseorang yang sering mengkosumsi gorengan.

  1. Kafein

Kafein seperti kita ketahui bisa menenangkan, tapi jika terlalu sering mengkosumsi tanpa makan nasi, maka perut biasanya akan berbunyi seperti kelaparan.

Selain dari makanan di atas, ada beberapa lagi salah satunya penyebab maag.

  • Merokok
  • Stres
  • Kelelehan
  • Kurang tidur.

Pencegahan Penyakit Maag

  1. Hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung

Ada beberapa makanan dan minuman yang dilarang untuk penyakit seperti kopi, keju, dan coklat. selain dapat membuat sakit maag kambuh kembali, makanan tersebut juga dapat meningkatkan asam lambung.

  1. Istirahat yang cukup

Selain dapat menyehatkan tubuh, istirahat yang cukup juga dapat mencegah sakit maag kambuh kembali. Dianjurkan 8 jam waktu istirahat. Dengan cara ini tentunya kondisi kesehatan akan semakin membaik

  1. Makan teratur dengan porsi yang cukup

Salah satu yang menjadi penyebab utama maag kambuh adalah karena penderita tidak makan secara teratur. Dengan pola makan teratur sakit maag tidak mudah untuk kambuh lagi. Hindari menunda jam makan dan sebaiknya makanlah dengan porsi yang cukup yang artinya makan tidak terlalu banyak tapi tidak sedikit. dengan hal ini sakit maag dapat dicegah.

Leave a comment