Inilah Gejala Pada Penyakit Hepatitis A!

Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Masuknya virus hepatitis akan menyerang organ penting hati. Penyakit hepatitis juga dikenal dengan istilah Hepatitides, yang termasuk penyakit yang perlu diwaspadai sebab bisa mengakibatkan kerusakan hati apabila sudah terlalu parah.

Ada tingkat keparahan penyakit hepatitis dari mulai hepatitis A, B, C, yang paling parah ialah hepatitis D. Kondisi ini bisa mengakibatkan penderitanya akan mengalami penurunan fungsi hati.

Tetapi sebelum hepatitis terjadi di mulai tingkat awal yaitu hepatitis A. Karena penyebab penyakit hepatitis disebabkan oleh infeksi virus sehingga bisa menular pada orang lain. Karena itu lebih hati hati menjaga kesehatan tubuh agar tidak terinfeksi maupun tertular dengan penderita penyakit hepatitis.

Semua orang bisa mengalami penyakit hepatitis, sebab ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hepatitis. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Alkohol

Dengan alkohol juga bisa menjadi penyebab penyakit hepatitis, dan seseorang yang terkena penyakit hepatitis dikarenakan mengkonsumsi alkohol biasa nya bagian perut nya akan membesar, atau perut buncit.

  1. Obat obatan terlarang

Penggunaan obat obatan terlarang bisa menjadi penyebab penyakit hepatitis. Terlebih jika penggunaan obat obatan dengan media jarum suntik yang di gunakan secara bersama sama maka akan sangat mudah untuk terkena penyakit hepatitis.

  1. Virus

Penyebab penyakit hepatitis juga merupakan dari infeksi virus yang akan menyerang bagian hati, sehingga merusak hati dan mengakibatkan seseorang mengalami penyakit hepatitis. Dan mengganggu metabolisme.

Adapun gejala penyakit hepatitis A ini seperti berikut:

  1. Perut Nyeri

Orang yang terkena hepatitis A juga akan merasakan nyeri perut terutama jika perut itu ditekan. Rasa nyeri itu dihasilkan oleh organ limpa dan hati yang mengalami pembesaran sehingga menekan rongga perut.

  1. Demam

Demam bukanlah suatu penyakit namun demam adalah tanda adanya penyakit di dalam tubuh. Demam juga merupakan sinyal yang diberikan oleh tubuh bahwa sistem imun sedang mencoba memerangi virus, kuman dan bakteri yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Jika sistem imun bisa memeranginya maka demam bisa berangsur-angsur pulih serta penyakit hepatitis tidak akan muncul. Namun jika sistem imun sedang tidak bagus maka virus, kuman dan bakteri tersebut akan masuk ke dalam tubuh dan menyerang organ hati.

  1. Nafsu Makan Hilang

Nafsu makan menjadi hilang pada penderita hepatitis. Alasannya adalah rasa tidak nyaman pada perut dan perut yang terasa sakit jika ditekan tersebutlah yang bisa menyebabkan nafsu makan menjadi hilang.

Pembesaran limpa dan hati bisa berpengaruh terhadap perut seseorang, sehingga orang tersebut akan merasakan tidak nyaman pada perutnya. Rasa mual dan muntah juga menjadi penyebab mengapa orang yang terkena hepatitis A akan tidak nafsu makan.

  1. Urin Keruh

Warna urin yang keruh juga menjadi tanda bahwa orang tersebut terkena hepatitis A. Tidak hanya hepatitis A saja namun semua penyakit hepatitis pun akan ditandai dengan urin yang berwarna keruh. Mengapa urin berwarna keruh? Alasannya adalah virus hepatitis itu juga akan menempel pada organ ginjal, sehingga fungsi dari ginjal akan terganggu.

Fungsi ginjal yang terganggu akan berpengaruh terhadap kadar keratin urin. Kreatin urin akan tinggi, tidak hanya itu saja filter ginjal juga terganggu akibat keberadaan virus tersebut. Oleh sebab itulah jika anda menjumpai warna urin anda keruh, merah darah atau seperti soda sebaiknya anda segera menemui dokter.

  1. Mual dan Muntah

Virus yang masuk ke dalam tubuh akan membuat penderitanya mual dan muntah. Alasannya adalah hati yang terkena virus hepatitis akan mengalami pembesaran. Hati yang mengalami pembesaran tersebut akan menekan rongga perut sehingga, akan muncul mual dan juga muntah.

Tidak hanya hati saja yang mengalami pembesaran namun limpa yang lokasinya ada di perut kiri bagian atas juga ikut membesar sehingga pembesaran limpa juga menyebabkan seseorang akan mengalami mual dan muntah.

Leave a comment